Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

8 menit waktu bacaan

Sehat Itu Mahal? Coba Cek Tips Sehat ala dr Zaidul Akbar

by Gesti Weningtyas on 14 Februari, 2020

Nama dr Zaidul Akbar tak lagi asing di masyarakat. Banyak yang mengenal pria lulusan fakultas kedokteran Undip ini karena rutin memberikan tips dan cara hidup sehat ala Rasulullah. Tips sehat ala dokter zaidul Akbar sebetulnya bukan hal yang sulit sebab ia memanfaatkan bahan-bahan herbal alami yang tersedia di sekitar kita namun jarang dikenal dan dimanfaatkan.

Sehat Itu Mahal? Coba Cek Tips Sehat ala dr Zaidul Akbar

Menurutnya sehat tidak harus mahal jika kita sudah menjaga kesehatan sejak awal. Cara menjaga kesehatan yang paling utama adalah pola makan. Makan seperlunya mungkin sepele bagi beberapa orang, namun hal ini Jika diterapkan memiliki banyak manfaat. Tidak hanya itu, dr Zaidul Akbar juga menyarankan agar kita makan sebelum lapar. Selain itu puasa juga baik untuk kesehatan tubuh. Karena puasa bisa menghindarkan kita dari penyakit kritis seperti penyakit jantung, hipertensi dan diabetes.

Pola Makan Sehat ala dr Zaidul Akbar

Sedangkan untuk pola makan sehat ala dr Zaidul Akbar, kamu mungkin bisa mencontohnya dengan melakukan sarapan pagi tanpa karbohidrat atau makan berat. Dr Zaidul Akbar biasanya makan pagi hanya dengan kismis atau air madu maupun aneka kacang saja jadi ia tidak makan nasi untuk sarapan.

Sedangkan untuk makan siang, didominasi oleh buah dan sayur serta makanan dengan porsi yang cukup atau tidak berlebihan. Biasanya setiap orang memiliki porsi makan masing-masing, kamu tidak perlu menyamakan porsi isi piring mu dengan yang lain. Kembalikan lagi pada hatimu jika sudah dirasa berlebihan, maka jangan diteruskan.

Untuk makan malam dr Zaidul Akbar mengaku jarang melakukan makan malam kecuali memang beraktivitas berat dan lapar, tubuh sebaiknya diberikan ruang sepertiga untuk makan sepertiga minum dan sepertiga untuk udara. Sehingga pencernaan pun tidak melakukan kerja berat jika kita makan secukupnya.

(Baca Juga: Cara Mengontrol Diri dan Meningkatkan Kecerdasan Emosional)

Selain itu jurus sehat ala Rasulullah adalah menghindari langsung tidur setelah makan, ini adalah kebiasaan Rasulullah yang juga patut ditiru. Ketimbang langsung tidur lebih baik melakukan beberapa aktivitas terlebih dahulu. Jika kamu sudah mencoba menerapkan pola hidup sehat seperti ini, dijamin perut buncit pun mulai menghilang.

Selain menerapkan kebiasaan yang sehat, jurus sehat ala dr Zaidul Akbar juga menyarankan agar kita mengkonsumsi herbal yang bermanfaat seperti jahe, kunyit, jeruk nipis dan madu. Kamu juga bisa membuat air nabeez untuk menjaga stamina tubuh. Air nabeez mirip dengan infused water, namun menggunakan buah kurma yang direndam. Minuman ini memiliki banyak khasiat, diantaranya menstabilkan tekanan darah, melawan kolesterol jahat, hingga meningkatkan fungsi otak. Minuman ini juga sangat baik jika dikonsumsi oleh ibu hamil.

Tips selanjutnya adalah beberapa resep herbal sehat dari dr Zaidul Akbar yang bisa kamu buat di rumah. Bahan yang digunakan sangat mudah didapatkan, cara membuatnya pun sederhana.

1. Jahe

Jahe - Sehat Itu Mahal Coba Cek Tips Sehat ala dr Zaidul Akbar

Jahe adalah jenis rimpang yang paling mudah ditemukan di Indonesia. Ternyata selain memberikan manfaat anti peradangan dan mengobati lambung, jahe juga baik buat kamu yang ingin diet.

Jika ingin mengkonsumsi jahe untuk sehari-hari, siapkan saja satu ruas jari, bersihkan dan geprek. Kemudian kamu bisa merebusnya sebentar atau seduh dengan air mendidih. Tambahkan madu, lalu jahe pun siap diminum.

Jika kamu ingin diet dan mengusir lemak jahat dalam tubuh, kamu bisa menambahkan irisan lemon pada jahe yang telah diberi madu. Minum saat perut dalam kondisi kosong di pagi hari. Jika dilakukan dengan rutin, dr Zaidul Akbar menyebutkan usus dan pencernaan kita akan lebih bersih dan sehat. Selain itu, jahe juga memberikan rasa kenyang, sehingga sangat cocok buat kamu yang ingin diet.

Sedangkan buat kamu yang punya penyakit maag, bisa mencoba campuran jahe, daun pandan dan madu. Siapkan jahe yang telah digeprek dan disiram air mendidih, masukkan dua hingga tiga helai daun pandan. Ketika air sudah mulai hangat dan tidak terlalu panas, kamu bisa mencampurkan madu dan meminumnya.  Mudah bukan?

Minuman ini dipercaya bisa menyembuhkan penyakit maag, dan membersihkan saluran pencernaan. Selain itu, minuman ini juga cocok untuk penderita gangguan tidur seperti insomnia. Dengan meminumnya, tidur jadi lebih mudah, perut lebih nyaman, jantung juga jadi lebih sehat.

2. Cengkeh

Cengkeh - Sehat Itu Mahal Coba Cek Tips Sehat ala dr Zaidul Akbar

Jangan sepelekan herbal yang kadang nangkring di atas kue nastar ini. Sebab cengkeh bisa mencegah kanker dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta mengendalikan diabetes.

Jangan menunggu sakit, baru mencoba tips sehat ala dr Zaidul Akbar ini. Sebab caranya sangatlah mudah yaitu cengkeh diseduh air panas hingga air menjadi hangat dan bisa diminum, baru masukkan madu. Rasa cengkeh yang khas berpadu dengan manisnya madu akan memberikan aroma khas yang menenangkan.

3. Kayu Manis

Kayu Manis - Sehat Itu Mahal Coba Cek Tips Sehat ala dr Zaidul Akbar

Sering memasak menggunakan kayu manis? Nah ada kabar gembira nih! Minuman yang bisa dibuat dari kayu manis batangan maupun kayu manis bubuk. Untuk membuatnya sangat mudah, kamu cukup menyiapkan air panas yang mendidih dan tuangkan pada gelas yang berisi kayu manis batangan. Tak perlu memberikan terlalu banyak air dan biarkan larutan itu sedikit mengental lalu setelah suhu air hangat beri madu dan dan kayu manis siap diminum.

Begitu pula, jika kamu menggunakan kayu manis bubuk. Tambahkan air mendidih pada kayu manis bubuk aduk dan tunggu hingga suhunya menurun lalu beri madu. Minuman ini bisa memberikan manfaat untuk menurunkan risiko kanker mencegah diabetes hingga mengurangi resiko peradangan atau infeksi. Kayu manis juga dapat menyegarkan nafas dengan alami.

4. Daun Kemangi

Daun Kemangi - Sehat Itu Mahal Coba Cek Tips Sehat ala dr Zaidul Akbar

Daun kemangi seringkali dikonsumsi sebagai lalap untuk makanan sehari-hari. Ternyata daun kemangi juga bisa memberikan manfaat untuk melemaskan otot yang tegang. Selain dimakan seperti biasa dalam kondisi mentah, kamu juga bisa merebusnya dengan segelas air setelah itu minum dengan madu otot mu akan terasa lebih rileks dan minuman ini bisa mengurangi rasa pusing yang disebabkan oleh otot yang tegang.

Nah, demikian adalah beberapa tips hidup sehat ala dokter Zaidul Akbar yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatanmu. Pilih beberapa resep herbal yang bahannya mudah untuk didapatkan sehingga kamu pun bisa mempraktekkan resep tersebut bersama keluarga. Kesehatan memang menjadi hal yang sangat penting dan paling vital dalam kehidupan kita namun selain menjaga kesehatan sebaiknya kamu juga mulai memikirkan untuk memproteksi diri dari resiko kesehatan atau penyakit lainnya.

Selain beberapa resep herbal alami seperti yang di atas, dr Zaidul Akbar juga menyarankan agar kita selalu aktif untuk berolahraga. Ia sendiri mengaku memilih olahraga memanah, berenang, dan berkuda untuk mengisi kegiatannya sehari-hari. Sehingga kunci utama untuk hidup sehat adalah kegiatan yang aktif sehari-hari. Menjaga pola makan juga merupakan bagian dari gaya hidup sehat yang tak boleh dilewatkan.

Pentingnya Asuransi Kesehatan

Jika kamu sudah menjaga kesehatan mulai dari sekarang tentu sehat bukan hal yang mahal lagi. Siapapun berhak sehat dan menjaga kesehatannya mulai sejak dini dengan mengaplikasikan gaya hidup sehat.  Selain itu akan lebih baik jika kamu memiliki asuransi kesehatan untuk memproteksi diri dari berbagai macam risiko kesehatan yang mungkin bisa mengintai setiap saat.

Sebab, menjaga kesehatan sejak dini juga harus diiringi dengan persiapan yang matang melindungi diri dan keluarga dari resiko penyakit yang bisa saja datang sewaktu-waktu. Asuransi kesehatan ini akan membantumu jika suatu ketika kamu mengalami sakit yang cukup parah sehingga memerlukan biaya perawatan di rumah sakit. Tentu saja, sehat adalah hak setiap orang namun tak ada yang bisa mengelak jika musibah berupa penyakit datang.

Asuransi kesehatan merupakan upaya dari setiap warga atau masyarakat untuk mendapatkan layanan medis yang sesuai dengan kebutuhan. Benarkah harga asuransi kesehatan mahal? Belum tentu, jika dibandingkan dengan manfaat yang didapatkan. Tak hanya itu, kamu juga bisa bebas memilih premi asuransi kesehatan yang sesuai dengan kemampuanmu untuk membayar.

Pemanfaatan Asuransi Kesehatan

Di Indonesia, ada beberapa perusahaan asuransi yang menawarkan asuransi kesehatan dengan premi yang terjangkau. Setiap perusahaan asuransi biasanya menawarkan produk asuransi kesehatan yang memiliki manfaat berbeda. Tentu saja kamu bisa memilih produk asuransi kesehatan sesuai dengan kebutuhanmu agar lebih bermanfaat di masa yang akan datang.

Karena kita tidak tahu di masa yang akan datang akan ada resiko finansial apa yang akan di tanggung titik apabila kamu memiliki asuransi kesehatan, maka setidaknya kamu terbebas dari biaya pengobatan yang akan kamu tanggung jika mengalami penyakit atau membutuhkan biaya rumah sakit.

(Baca Juga: Manfaat Susu Kambing Etawa yang Belum Banyak Diketahui)

Setiap produk asuransi kesehatan biasanya memiliki aturan yang berbeda. Kamu bisa memilih jenis produk asuransi kesehatan ini sesuai dengan kebutuhanmu. Meskipun kamu sudah memiliki asuransi kesehatan yang resmi dari pemerintah, kamu bisa memanfaatkan asuransi kesehatan dari perusahaan swasta untuk mendapatkan berbagai manfaat dan proteksi diri.

Misalnya, kamu bisa memanfaatkan fasilitas double klaim yang ditawarkan produk asuransi terkait. Meskipun biaya mu sudah ditanggung oleh asuransi lainnya, jika kamu bisa mendapatkan double claim, maka biaya ini bisa kamu manfaatkan untuk mengganti dana yang dikeluarkan selama kamu tidak bekerja dan selama kamu di rawat rumah sakit. Tentunya, ini akan membantu resiko finansial yang kamu derita selama sakit.

Fasilitas yang ditawarkan oleh produk asuransi kesehatan juga biasanya berbeda sesuai dengan jenis asuransi kesehatan tersebut. Hal yang membedakan adalah klaim yang bisa dibayarkan cashless atau reimbursement maupun cash plan. Jika kamu tidak memiliki uang tunai maka kamu bisa menggunakan fasilitas cashless di rumah sakit dan menggesek kartu asuransi kesehatan yang kamu gunakan untuk membayar biaya perawatan di rumah sakit tersebut.

Sedangkan fitur cash plan adalah manfaat yang bisa kamu terima berupa biaya per hari perawatan rawat kamar inap. Biaya yang diberikan ini tergantung dari premi yang kamu bayarkan di awal. Sehingga kamu bisa memutuskan jenis iklim apa yang akan kamu ambil saat membeli produk asuransi kesehatan. Pastikan proses klaim tersebut tidak membuatmu ribet dan memberikan kamu banyak kemudahan.

Untuk mendapatkan pilihan produk asuransi kesehatan terbaik dengan harga premi yang terjangkau kamu bisa mencarinya  di Cek Aja. Ajukan produk asuransi kesehatan sesuai kebutuhanmu sekarang, agar kamu bisa membandingkan mana premi yang paling sesuai dengan kemampuanmu.

Tentang Penulis