Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Sejak Ada Social Distancing, 5 Hal Unik Ini Terjadi di Indonesia

by Sindhi Aderianti on 18 Maret, 2020

Penyebaran virus corona terjadi begitu cepat. Berdasarkan data terbaru World Health Organization (WHO), virus yang tadinya bersarang di Wuhan, China, kini sudah tersebar ke 141 negara dalam waktu dua bulan. Menyikapi wabah yang kian merajalela ini, pemerintah pun memberlakukan aturan social distancing di Indonesia selama kurang lebih 14 hari, terhitung dari Senin (16/3).

Hal Unik yang Terjadi di Indonesia Sejak Ada Social Distancing

Social distancing merupakan istilah yang digunakan oleh para ahli epidemiologi sebagai upaya mengurangi kontak erat dengan orang lain, guna memperlambat penyebaran virus. Bentuk social distancing oleh individu adalah tidak mendatangi tempat keramaian seperti pusat perbelanjaan, food court, event besar, ruang publik, tempat pariwisata, dan lainnya.

Pemprov DKI sendiri telah menutup banyak objek wisata meliputi Ragunan, Monumen Nasional (Monas), Taman Impian Jaya Ancol, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), beserta sejumlah museum. Sekolah dan perguruan tinggi diliburkan, begitu pula kantor-kantor yang mulai menerapkan sistem bekerja dari rumah atau work from home.

Himbauan #DiRumahAja disambut dengan baik oleh sebagian besar masyarakat Tanah Air. Beberapa hal unik yang sebelumnya tak pernah terjadi, hadir merespon upaya pencegahan COVID-19. Meskipun ada juga yang ngeyel tetap keluar rumah tanpa kepentingan mendesak. Simak cerita selengkapnya berikut ini:

1. Sekolah online

Sekolah online - Sejak Ada Social Distancing 5 Hal Unik Ini Terjadi di Indonesia

Guna mencegah penyebaran virus corona, sekolah dan perguruan tinggi mulai menghentikan kegiatan belajar mengajar dalam kelas. Selama kurang lebih dua minggu, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim menghimbau agar lembaga pendidikan tersebut melakukan proses belajar secara online via konferensi video, dukumen digital, atau sarana daring lainnya dari rumah. Dalam edaran tersebut, Nadiem juga melampirkan beberapa aplikasi online yang dapat diakses oleh guru dan siswa untuk melakukan pembelajaran dari rumah. Mulai dari Kelas Pintar, Microsoft, Quipper, RuangGuru, Sekolahmu, hingga Zenius.

 2. Work from home

Work from home - Sejak Ada Social Distancing 5 Hal Unik Ini Terjadi di Indonesia

Virus corona yang kian merebak juga mempegaruhi kebijakan perusahaan terhadap karyawannya. Aparatur sipil negara ( ASN) diperbolehkan untuk bekerja di rumah atau work from home (WFH). Ketentuan ini tertuang di dalam Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 19 Tahun 2020 tentang Penyesuaian Sistem Kerja Aparatur Sipil Negara dalam Upaya Pencegahan Penyebaran COVID-19 di Lingkungan Instansi Pemerintah. Perusahaan swasta pun memberlakukan sistem work from home, sehingga bisnis tetap berjalan dengan produktif.

(Baca Juga: Selain Corona, Ini Daftar Peristiwa yang Goyahkan Ekonomi Dunia)

3. Siaran dari rumah

Siaran dari rumah - Sejak Ada Social Distancing 5 Hal Unik Ini Terjadi di Indonesia

Ternyata bukan karyawan biasa dan ASN saja yang work from home, siaran pun bisa dari rumah. Radio-radio di bawah perusahaan Mahaka Group seperti Jak FM misalnya, selasa lalu memulai #SiaranDariRumah. Mengintip postingan Instagram @jak101fm, para announcer program ‘Sarapan Seru’ Jak FM yang terdiri dari Tieke, Ronal, dan Melissa, menjalani siaran dengan merekam suara mereka lewat fitur voice recorder di satu smartphone. Kemudian, rekaman tersebut diekspor ke laptop untuk proses editing termasuk input lagu-lagu, lalu disiarkan secara delay (tidak live on air).

4.  Ibadah shalat Jumat ditiadakan

Ibadah shalat Jumat ditiadakan - Sejak Ada Social Distancing 5 Hal Unik Ini Terjadi di Indonesia

Selain kegiatan sekolah dan bekerja, ibadah juga disarankan untuk dilakukan di rumah masing-masing. Majelis Ulama Indonesia (MUI) bahkan mengeluarkan fatwa terkait dengan penyelenggaraan ibadah di tengah merebaknya virus corona. Secara garis besar, MUI meminta kepada masyarakat untuk beribadah di rumah masing-masing dan menghindari kerumunan. Untuk ibadah shalat Jumat sendiri, dihimbau agar menggantinya dengan shalat zuhur.Fatwa itu dibuat dengan nomor 14 Tahun 2020 diteken oleh Ketua Komisi Fatwa MUI Hasanuddin AF pada 16 Maret 2020.

5. Berlibur ke puncak dan pantai

Berlibur ke puncak dan pantai - Sejak Ada Social Distancing 5 Hal Unik Ini Terjadi di Indonesia

Nah, untuk hal yang satu ini jangan ditiru ya! Himbauan social distancing untuk #DiRumahAja dari pemerintah, nampaknya tak dihiraukan oleh beberapa oknum tak bertanggung jawab. Momentum ini justru disalahgunakan mereka dengan berlibur ke tempat ramai. Ruas tol menuju Puncak, Jawa Barat pun dipadati ratusan mobil. Begitu juga kawasan wisata Pantai Carita, Banten yang ramai dikunjungi wisatawan dari Jakarta dan Tangerang. Entah apa yang ada dipikirannya!

Begitulah kira-kira hal yang terjadi di Tanah Air, setelah kebijakan social distancing diberlakukan. Semoga masyarakat bisa lebih disiplin menerapkannya hingga 14 hari ke depan. Demi mengurangi tingkat penularan COVID-19 yang sudah ditetapkan Presiden Jokowi sebagai bencana nasional non-alam ini, mengapa tidak? Indonesia hingga kini (18/3), telah mengantongi sebanyak 227 kasus positif virus corona. Adapun 19 orang di antaranya meninggal dunia, sementara 11 pasien berhasil sembuh.

Tanggal tua dan belum gajian, no worries. Penuhi kebutuhan harianmu selama #DiRumahAja dengan pinjaman online terpercaya dari UangTeman. Tak perlu keluar rumah, kamu bisa langsung mengajukannya secara online.

(Baca Juga: Tak Ada Lockdown di RI, Apa Social Distancing Saja Cukup?)

Tentang Penulis

Sindhi Aderianti

Penulis yang kadang kala jadi pedagang.