Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

15 Marga Korea Terpopuler Beserta Sejarah dan Artinya

by Vera Khairifah on 18 December, 2019

Kamu tentu tahu bahwa setiap orang Korea memiliki marga Korea pada namanya. Kepemilikan marga yang serupa sering ditemui. Sehingga enggak heran jika sebagian nama para artis atau penyanyi Korea memiliki kemiripan.

17 Marga Korea Terpopuler Beserta Sejarah dan Artinya

Jadi, sebenarnya apa sih arti dan makna di balik marga Korea tersebut? Berikut penjelasannya.

Sejarah Marga Korea

Marga Korea enggak serta merta muncul begitu saja. Rupanya, hal ini berkaitan dengan sistem kasta pada masyarakat Korea zaman dulu.

Mulanya, di era sebelum ahun 1000 masehi, Raja Wang Geon yang berkuasa pada zaman dinasti Goryeo membuat peraturan yakni pemberian nama marga pada para bangsawan. Hal ini dimaksudkan agar mudah mengetahui mana yang merupakan keturunan raja ataupun yang bukan. Marga Korea seperti Kim, Lee, dan Park menjadi marga khusus kerajaan.

Saat itu, rakyat biasa yang tak memiliki hubungan dengan kerajaan juga boleh menggunakan marga (di luar ketiga marga kerajaan di atas). Namun dengan syarat harus mengikuti seleksi dan ujian pegawai negeri sipil untuk meningkatkan derajat keluarga.

Singkatnya, sistem kasta kemudian dihapuskan pada abad ke-19 di Dinasti Joseon. Di abad ke-20, semua penduduk Korea memiliki marga sebagai identitas nama keluarga.

Pada saat dikeluarkannya kebebasan memilih nama marga, banyak orang yang menggunakan marga Kim, Lee, dan Park sebagai pilihannya. Kini, marga tersebut dipakai sebagian besar warga Korea, khususnya Korea Selatan.

Fakta Unik Marga Korea
  • Marga berada di bagian depan nama

Fakta ini mungkin belum banyak diketahui, khususnya bagi mereka yang asing dengan kebudayaan Korea. Ya, peletakan marga Korea berada di bagian depan sebelum nama panggilan. Sehingga penyebutan nama lengkap warga Korea adalah nama marga dulu, baru diikuti dengan nama panggilan.

Misalnya, personil girlband Blackpink bernama Jennie memiliki marga Kim. Maka penyebutan namanya adalah Kim Jennie.

Namun, posisi marga tetap akan berubah ke belakang untuk pengisian formulir catatan sipil internasional. Misalnya untuk formulir imigrasi, dan sebagainya.

  • Korea Utara juga punya marga

Dari ratusan marga Korea yang ada, sebagiannya juga dimiliki oleh warga Korea Utara. jadi, enggak hanya warga Korea Selatan, Korea Utara juga memiliki marga pada nama warganya. Namun, nama marga di Korut memang akan terdengar lebih asing. Misalnya seperti Rim, Ri, Ryuk, ryeom, dan masih banyak lagi.

  • Wanita tidak ganti marga suami

Di Korea, marga diberikan pada seorang anak dengan mengikuti kepemilikan marga sang ayah. Sedangkan untuk sang istri, tetap menggunakan marga bawaan keluarga asalnya sesuai nama sang ayah.

Sehingga wanita tidak mengganti marga saat sudah menikah. Hal ini cukup unik jika dibandingkan dengan kebudayaan Indonesia dan negara-negara barat yang terkadang menyebut nama seorang istri dengan nama belakang suaminya.

  • Marga yang sama pernah dilarang menikah

Banyaknya marga sejenis pada mayoritas warga Korea membuat pemerintah setempat mengeluarkan larangan pernikahan dengan marga yang sama pada tahun 1997.

Namun, pada tahun 2005, pemerintah menghapuskan aturan itu dan pasangan dengan marga yang sama boleh menikah asalkan berasal dari daerah yang berbeda dan tak memiliki hubungan kekerabatan yang dekat.

  • Marga untuk nama panggung artis

Pekerja di industri hiburan seperti para aktor, aktris, penyanyi, pelawak dan lainnya memang sudah umum memiliki nama panggung. Nama panggung ini bukan nama asli, bahkan mereka juga mengubah nama marganya.

Misalnya akris yang dikenal dengan nama panggung Min Hyo Rin, memiliki nama asli Jung Eun Ran (marga Jung).

(Baca Juga: Sulli Idol Korea Bunuh Diri dan Mahalnya Ketenaran di Industri Kpop)
Marga Korea Terpopuler
1. Kim

Kim adalah marga yang paling banyak dimiliki warga Korea. Diperkirakan sekitar 10 juta orang memakai marga ini di Korea. Arti dari kata Kim sendiri adalah “emas”. Tokoh-tokoh dengan marga Kim antara lain Kim So Hyun, Kim Ji Won, Kim Go Eun, dan masih banyak lagi.

2. Lee

Marga Lee yang dibaca sebagai “i” juga banyak dipilih menjadi nama depan. Ada sekitar 7 juta orang yang memakai nama yang berarti “pohon plum” atau bisa juga diartikan sebagai “keuntungan” ini.

3. Park

Nama depan Park memiliki arti “labu botol” atau “bersinar”. Dengan arti yang penuh makna itu, wajar saja jika 4 juta warga Korea memakainya sebagai marga.

4. Choi

Marga Choi dilafalkan sebagai “Chwe” yang berarti “gunung”. Personil boyband terkenal Super Junior Siwon juga memiliki nama depan yang satu ini.

5. Jeong

Karta Jeong memiliki arti “paku besar” atau “mengandalkan”. Sebanyak 2,4 juta orang memiliki marga ini, salah satu nya komedian terkenal Jeong Jun Ha.

6. Kang

Marga Kang kini semakin dikenal berkat kepopuleran personil boyband Wanna One Kang Daniel. Tapi, nama Kang memiliki arti yang agak aneh, yakni “jahe” dan “sungai”. Ada 1,2 juta orang yang memakai nama ini.

7. Go

Selanjutnya, ada marga Go yang berarti “tinggi”. Nama bisa menjadi doa, mungkin saja marga Go diharapkan berada dalam posisi keberuntungan yang tinggi, ya?

8. Cho

Marga Cho berarti “grup” atau “teman”. Public figure seperti Cho Yong Pil, Cho Jae Hyun, dan Cho Kyuhyun juga memiliki marga asli ini. Ada sekitar 1,4 juta orang yang menggunakannya.

9. Yoon

Banyak pula orang Korea yang memiliki marga Yoon, termasuk para pekerja di industri hiburan. Seperti Yoon Eun Hye, Yoon Hyun Min, Yoon Mi Rae, dan masih banyak lagi. Arti dari marga ini adalah “menguasai”.

10. Im

Marga populer lainnya adalah Im yang berarti “mengizinkan” atau “menunjuk”. Im dimiliki oleh sekitar 1 juta warga Korea.

11. Ahn

Ahn bermakna “kedamaian”. Nama Ahn memang tak terlalu banyak dimiliki oleh kalangan artis, namun cukup banyak dipakai masyarakat umum.

12. Bae

Marga Bae mungkin akan langsung mengingatkanmu pada artis cantik Bae Suzy. Ternyata, arti nama marga ini adalah “inspirasi”.

13. Hwang

Hampir mirip seperti arti nama Kim, marga Hwang berarti “emas” atau “warna kuning”.

14. Ji

“Kebijakan” dan “telaga” adalah arti dari marga Ji. Marga ini makin dikenal terutama pada aktor film aksi Ji Chang Wook.

15. Nam

Terakhir, ada nama marga Nam yang memiliki arti “selatan”.

Jika harus merubah nama, kamu kira-kira bakal memilih marga apa nih? Jalan-jalan ke Korea Selatan juga bisa kamu wujudkan dengan pinjaman dana tunai sebagai biaya tambahan traveling. Ajukan saja KTA proses cepat melalui CekAja.com.

Tentang Penulis

Vera Khairifah

A content writer and socmed enthusiast