Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Sejumlah Tokoh Terkenal Ini Meninggal karena Serangan Jantung

by Ariesta on 1 Agustus, 2016

cegah penyakit - CekAja.com

Dunia seni dan hiburan Indonesia kembali kehilangan sosok penyanyi berbakat. Tidak disangka-sangka, Mike Mohede yang baru berusia 32 tahun mengembuskan napas pada Minggu (31/7) lalu.

Jebolan Indonesia Idol II ini berpulang saat sedang tidur lelap. Diduga kuat, penyebab kematian Mike adalah serangan jantung. Asal kamu tahu, serangan jantung merupakan salah satu penyebab kematian paling utama di dunia. Tercatat pada tahun 2005 saja, 17,5 juta (30%) dari 58 juta kematian di dunia disebabkan oleh penyakit jantung dan pembuluh darah. Angka tersebut diperkirakan semakin meningkat hingga tahun 2030.

Rupanya, banyak pesohor dalam negeri yang meninggal dunia setelah terkena serangan jantung. Siapa saja tokoh-tokoh tersebut? Berikut ulasannya:

Benyamin Sueb

Seniman Betawi legendaris Benyamin Sueb lahir di Jakarta, 5 Maret 1939. Ia wafat pada 5 September 1995 pada usia 56 tahun. Aktor, pelawak , sutradara, dan penyanyi ini  meninggal dunia setelah koma selama beberapa hari. Bang Ben, begitu dia akrab disapa, mengalami serangan jantung seusai bermain sepak bola.

Benyamin dimakamkan di TPU Karet Bivak Jakarta. Lokasi pemakaman ini sesuai wasiat yang ditulis Benyamin agar dia dimakamkan bersebelahan dengan makam Bing Slamet yang dianggap sebagai guru, teman, dan sosok yang sangat memengaruhi hidupnya. (Baca juga: 5 Tips Pertolongan Pertama Saat Keluarga Atau Teman Terkena Serangan Jantung)

Basuki

Pemilik nama Agus Basuki Bin Suwito Hadiwiryono alias Basuki lahir di Surakarta, Jawa Tengah, 5 Maret 1956. Semasa hidup dia dikenal sebagai pelawak, bintang iklan, aktor film dan sinetron. Basuki pernah berkecimpung dalam persatuan seni Wayang Orang Sri Wanito. Dia kemudian mencoba ikut tampil di Srimulat mulai 1981-1986. Bersama (Alm) Gepeng, Timbul, dan Tarzan, namanya mulai dikenal khalayak luas.

Namun perannya sebagai Mas Karyo di sinema Si Doel anak sekolahan lah yang membekas di hati masyarakat Indonesia. Basuki wafat  pada 12 Desember 2007 setelah terkena serangan jantung usai bermain futsal bersama teman-temannya. Jenazahnya dimakamkan di pemakaman umum Kampung Kandang kawasan Cinere, Depok, Jawa Barat.

Ricky Jo

Presenter olahraga Ricky Jo berpulang karena indikasi serangan jantung. Sebelumnya, Ricky Jo tidak mempunyai catatan sebagai seorang penderita penyakit mematikan tersebut. Ricky wafat di usianya yang ke 45 tahun pada hari Jumat 22 maret 2013.

Bapak dua orang anak ini meninggal lantaran serangan jantung yang dialaminya tak lama setelah melakukan rapat kerja di kawasan Epicentrum, Jakarta. Sebelumnya ia mengeluh sesak dan sakit di bagian dada atas. Ricky sempat kejang-kejang di dalam taksi saat perjalanan ke rumah sakit. Setibanya di rumah sakit, dokter mengupayakan tindakan penyelamatan selama 45 menit namun nyawa Ricky tidak tertolong.

Adjie Masaid

Raden Pandji Chandra Pratomo Samiadji Massaid atau lebih dikenal dengan Adjie Massaid adalah aktor, model, dan politikus keturunan Jawa-Madura-Belanda. Adjie lahir di Jakarta, 7 Agustus 1967 dan wafat  5 Februari 2011 di usia 43 tahun.

Politikus partai Demokrat ini meninggal dunia akibat serangan jantung sesusai bermain futsal di lapangan Lebak Bulus Jakarta. Adjie sempat pulang ke rumah dan merasa sesak napas sebelum dilarikan ke RS Fatmawati. Sosoknya memang dikenal mencintai sepakbola. Adjie mejabat sebagai Manajer Timnas U-23 pra-olimpiade dan sewaktu remaja pernah memperkuat klub sepakbola papan atas Belanda, Ajax Amsterdam junior.

Mao Ze Dong

Dilahirkan pada 26 Desember 1893, Mao Ze Dong memimpin negara China dari tahun 1949-1959. Ia memimpin partai komunis dari tahun 1935 sampai kematiannya. Langkah revolusi budaya yang digaungkannya membuatnya menjadi pemimpin kontroversial.

Dia dianggap sebagai monster genosida sekaligus politikus jenius. Di China sendiri, ia sangat dihormati karena strategi politik dan militernya dianggap menyelamatkan bangsa. Mao meninggal akibat komplikasi Parkinson dan serangan jantung pada 9 September 1976. Dia meninggal pada usia 82 tahun. (Baca juga: 7 Cara Cepat Naik Gaji)

Elvis Presley

Legenda musik rock n roll Elvis Presley sangat dipuja di era 1950-an. Ia merupakam bintang radio, televisi, dan layar perak. Pada masanya, dia dianggap sebagai simbol pria tampan sehingga amat digilai wanita. Tak hanya music rock, kontribusinya di genre musik lain seperti country dan musik gereja juga diakui.

Di suatu pagi tak terduga, tepatnya 16 Augustus 1977, Presley menderita gagal jantung. Sang bintang mengembuskan napas terakhirnya di usia 42 tahun. Kematiannya dikaitkan dengan penyalahgunaan resep obat-obatan.

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami