Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Selain Hasilkan Duit, 5 Skill Ini Bisa Dipelajari Secara Gratis

by Miftahul Khoer on 7 November, 2018

Cari duit sebetulnya gampang. Asalkan punya skill atau kemampuan di bidang tertentu, duit bisa dicari. Begitu kira-kira kata orangtua kepada anak-anak muda, memang benar adanya.

Selain Hasilkan Duit, 5 Skill Ini Bisa Dipelajari Secara Gratis

Setiap orang yang memiliki kemampuan di bidang tertentu pasti tidak susah untuk menghasilkan uang. Kemampuan seorang pilot menerbangkan pesawat, arsitektur dalam merancang dan menggambar bangunan atau kemampuan lain pasti banyak dicari.

Namun, apakah ada kemampuan yang bisa dipelajari tanpa harus melalui sekolah formal? Ya, tentu banyak kemampuan yang bisa dipelajari setiap orang secara otodidak tanpa harus mengeluarkan biaya sekolah. Beberapa di antaranya seperti berikut ini. Yuk simak.

(Baca juga: Mengenal Yusril Ihza Mahendra, dari Pejabat, Advokat hingga Pecinta Seni)
1. Memasak

Tidak perlu mengeluarkan biaya besar hanya untuk kursus atau sekolah masak. Di zaman sekarang ini, ilmu memasak sudah sangat mudah didapat. Salah satunya melalui Youtube. Dengan hanya mengetik kata kunci tentang memasak, Anda akan banyak mendapatkan tutorial memasak menu apapun.

Anda bisa belajar memasak melalui Youtube atau medium lain. Anda juga bisa membaca-baca artikel tentang masak yang bisa Anda praktikkan. Cara ini dinilai lebih murah tanpa harus kursus atau sekolah memasak.

Selain untuk diri sendiri, kemampuan memasal bisa Anda manfaatkan untuk membuka bisnis kuliner. Katakanlah, ilmu-ilmu memasak yang dipelajari di internet bisa dipraktikkan untuk berjualan.

Ada banyak menu kuliner kekinian yang bisa dicoba untuk membuka bisnis. Syaratnya, Anda harus membuat menu yang beda, unik, dan menciptakan inovasi baru. Jika tidak, bisnis Anda akan sama seperti kebanyakan orang. Mendapatkan skill gratis dengan mempelajari cara memasak tentunya akan menambah pundi-pundi penghasilan kamu jika diterapkan dalam bisnis, contohnya adalah bisnis nasi goreng.

Banner KTA CekAja

2. Menulis

Apakah ada sekolah khusus tentang menulis? Ada. Anda bisa masuk kuliah jurusan jurnalistik. Apakah bisa seseorang pandai menulis tanpa harus sekolah atau kursus menulis? Bisa, Anda bisa memulainya dengan menulis apapun.

Kemampuan menulis seseorang zaman sekarang sangat dibutuhkan oleh banyak pihak. Anda bisa menjadi wartawan, blogger, copy writer, freelancer hingga admin media sosial. Namun, menulis bukan persoalan mudah. Anda harus banyak mengasah kemampuan penulisan Anda secara konsisten dan dibarengi komitmen tinggi.

Mulailah belajar mengasah kemampuan menulis Anda dengan cara menulis di blog, membuat artikel, menulis caption menarik di Instagram hingga menulis buku. Jika semuanya sudah dipelajari dan hal ini bisa dipelajari secara gratis, Anda akan menjadi seorang penulis profesional meski tidak pernah merasakan bangku kuliah.

(Baca juga: Ini 5 Jenis Pekerjaan Berisiko Tinggi dan Penghasilannya)
3. Menjahit

Anda boleh menyimpan bujet besar Anda untuk membeli mesin jahit. Namun Anda cukup belajar secara otodidak kepada orangtua, tetangga, sahabat atau belajar melalui internet bagaimana cara menjahit yang baik. Skill ini bisa didapatkan gratis melalui tutorial video dengan bermodalkan sambungan internet dan juga perangkat komputer.

Belajarlah dengan tekun sampai Anda bisa membuat sebuah pola desain pakaian yang dinilai sudah layak pakai. Bukan hanya bisa menjahit baju sendiri, Anda bahkan bisa menjadi desainer ternama macam Dian Pelangi, Iwan Tirta, Itang Yunasz, Didit Prabowo dan banyak lagi.

Jangan sepelekan profesi penjahit. Jika Anda pandai menyiasati dan membaca pasar, maka hasil desain Anda akan banyak laku di pasaran.

(Baca juga: Ini Alasan Tepat untuk Segera Keluar dari Pekerjaan!)
4. Belajar bahasa asing

Hari gini tidak bisa bicara bahasa asing? Wah ketinggalan zaman sekali. Pintar berbahasa asing bukan hanya bermanfaat untuk diri sendiri ketika ngobrol dengan orang asing. Lebih jauh dari itu, Anda bisa mendapatkan uang dengan pandai berbicara bahasa asing. Dan berita baiknya adalah skill ini juga bisa kamu dapatkan secara gratis tanpa harus les.

Sebagai contoh, Anda bisa menjadi guru les bahasa asing, menjadi guide atau menjadi penerjemah. Belajar bahasa asing saat ini tidak perlu mengeluarkan bujet besar, ada banyak cara belajar yang bisa dimanfaatkan di internet di antaranya melalui Youtube dan Duolingo.

Tak percaya? Anda bisa mellihat bagaimana saat ini Brian Imanuel, seorang rapper asal Indonesia yang belajar bahasa Inggris melalui Youtube saat ini terkenal di dalam dan di luar negeri. Ada juga Andika Wira Skinny Fabs yang berhasil meraup puluhan juta dengan menjadi tutor bahasa Inggris di Youtube.

(Baca juga: Mengenal Lebih Dekat Bos Grup Lippo, James Riady)
5. Desain grafis

Sekolah desain grafis itu mahal biayanya. Ya, memang demikian. Tapi bisa kok Anda belajar desain grafis secara gratis melalui internet. Ada banyak sekali bahan ajar yang disajikan di internet tentang desain grafis.

Jika Anda sabar belajar hingga bisa, maka tidak sulit bagi Anda untuk menjadi seorang ahli desain grafis. Dan jangan salah, saat ini banyak perusahaan membutuhkan desainer grafis untuk kebutuhan kerja mereka.

So, tidak ada kata terlambat dan mahal dalam belajar apapun di zaman serba internet seperti sekarang ini. Tinggal ada kemauan, maka Anda akan bisa memliki kemampuan dalam bidang tertentu secara profesional tanpa harus mengeluarkan bujet tinggi. Yuk belajar apapun secara otodidak. Dan semua skill diatas bisa didapatkan dan dipelajari secara gratis.

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami