Selain Islandia, Lihat Aurora Borealis Juga Bisa di 7 Negara Ini

4 min. membaca Oleh CekAja on

Siapa yang tak terpukau dengan keindahan aurora? Pasti semua orang ingin menyaksikannya langsung. Eits tunggu dulu, aurora yang dimaksud bukan perempuan ya. Melainkan suatu fenomena alam berwujud cahaya nan memukau. Selain Islandia, kepoin 7 negara terbaik melihat aurora lainnya di sini!

negara terbaik untuk melihat aurora

Aurora Borealis muncul karena adanya interaksi antara medan magnetik bumi dengan partikel yang dipancarkan oleh matahari. Gesekan itu menyebabkan perpindahan energi sehingga belahan bumi utara pun bersinar.

Oleh karena itu, tak heran kalau aurora menghasilkan cahaya indah di langit. Cahaya aurora ini biasanya tak hanya berwana hijau. Terkadang meliputi kombinasi berbagai warna mulai dari kuning, pink, merah, biru, hingga ungu.

Mengenal Si Cantik Aurora

Sebagaimana proses ilmiah yang tadi dijelaskan, aurora hanya muncul di lagit bagian utara dan selatan bumi. Aurora yang ada di langit bagian selatan bumi disebut Aurora Australis. Sedangkan aurora yang ada di langit bagian utara bumi disebut Aurora Borealis.

Di antara keduanya, Aurora Borealis adalah yang paling terkenal. Aurora Borealis cenderung lebih mudah ditempuh. Aurora Australis yang berada di kutub selatan, memiliki medan yang cukup sulit untuk dijangkau.

Waktu Terbaik Melihat Aurora

Berburu aurora tak semudah melihat gambarnya di mesin pencarian Google. Kemunculan fenomena ini dipengaruhi oleh berbagai hal, seperti waktu, cuaca dan polusi cahaya. Maka dari itu, waktu terbaik untuk melihat keindahan cahaya ini adalah ketika langit mulai gelap dengan cuaca cerah.

Melansir Kompas.com, Vice Presiden Commercial Dwidayatour, Hendri Yapto mengatakan bulan paling tepat untuk berburu aurora di negara-negara bagian utara bumi, yakni mulai Desember hingga Maret.

Luangkan waktu berburu selama 4 hari hanya untuk memburunya. Hal ini supaya kalau hari pertama tak dapat, masih ada cadangan di hari lain. Sebisa mungkin bangu dari tengah malam, karena rata-rata orang berhasil menangkap momen aurora pada waktu tersebut.

(Baca Juga: 6 Negara Terbersih di Dunia yang Wajib Masuk Bucketlist Liburan)

7 Negara Terbaik untuk Melihat Aurora

Di Indonesia, aurora memang tidak mungkin tampak. Hal ini karena letak negara kita yang melintang tepat pada garis khatulistiwa, sangat jauh dari selatan apalagi utara bumi. Untuk itu, biasanya orang-orang yang ingin melihat fenomena alam tersebut akan datang ke Islandia. Islandia pun kini semakin terkenal pariwisatanya karena Aurora Borealis.

Selain Islandia, sebenarnya masih banyak negara lain yang bisa dikunjungi untuk menyaksikan ‘The Northen Lights’. Berikut negara-negara yang dimaksud:

1. Ontario, Kanada

Ontario Kanada - Selain Islandia Lihat Aurora Borealis Juga Bisa di 7 Negara Ini

Kanada termasuk salah satu negara dengan pemandangan aurora terbaik. Negara ini memliki desa wisata sendiri untuk menikmati pemandangan langit tersebut. Tepatnya di Ontario, kamu bisa menyewa kabin kayu yang terletak di dekat danau dan menikmati pemandangan aurora tanpa batas.

Selain berburu Aurora Borealis, kamu juga bisa melakukan banyak aktivitas mengasyikan lainnya serperti memancing, bermain ski, menaiki kereta salju, naik mobil salju, dan berperahu di sana. Agustus hingga April adalah waktu yang tepat untuk mengunjungi tempat ini.

2. Tromso, Norwegia

Tromso Norwegia - Selain Islandia Lihat Aurora Borealis Juga Bisa di 7 Negara Ini

Ada banyak spot untuk melihat aurora jika ke Norwegia. Namun, konon yang terbaik katanya adalah di Tromso. Kota ini juga menyajikan festival untuk menghormati dewa fajar. Festival tersebut dirayakan dengan musik, makanan dan cemilan. Jadi, dijamin perburuan Aurora Borealismu semakin berkesan!

Aurora Borealis bisa dilihat sekitar pukul 6 sore sampai pukul 1 malam setiap dua kali sehari. Januari adalah bulan terbaik untuk berkunjung. Tromso terletak  571 km dari lingkaran Artik, sudah pasti udaranya sangat dingin. Maka pastikan kamu membawa persediaan baju dingin yang cukup.

3. Murmansk, Rusia

Murmansk - Selain Islandia Lihat Aurora Borealis Juga Bisa di 7 Negara Ini

Daerah yang terletak di Semenanjung Kola ini, sudah terkenal dengan keindahan cahaya auroranya. Untuk bisa menyaksikan Aurora Borealis, kamu dianjurkan ke desa kecil bernama Teriberka dulu. Jaraknya sekitar 120 kilometer dari Murmansk.

Kalau mau enak sih, pesan paket tur dengan harga USD150 per orang termasuk transportasi dan hotel. Dari Indonesia, kamu tinggal cari penerbangan menuju Moskow atau St. Petersburg, lalu beli tiket PP lagi seharga USD100 untuk ke Murmansk.

4. Saariselkae, Finlandia

Saariselkae - Selain Islandia Lihat Aurora Borealis Juga Bisa di 7 Negara Ini

Saariselkae yang terletak di Lapland, bagian utara Finlandia boleh dibilang paing indah untuk menikmati aurora. Pasalnya, negara ini memiliki angka polusi yang amat rendah. Bahkan karena anugerah kebersihan udara tersebut, aurora dapat tersaji selama sekitar 200 malam dalam setahun.

Selain menikmati aurora, kamu juga bisa menaiki kereta salju yang ditarik rusa, mengemudikan mobil salju atau menonton kawanan anjing husky. Bulan-bulan terbaik mengunjungi Saariselkae adalah sekitar November sampai Maret.

 5. Abisko, Swedia

Abisko - Selain Islandia Lihat Aurora Borealis Juga Bisa di 7 Negara Ini

Mau lihat keindahan aurora di tempat yang anti mainstream? Swedia juga bisa. Tapi, kamu harus berjalan ke utara negara tersebut dulu, tepatnya di Abisko. Sementara untuk menyaksikan keindahan cahaya tersebut di Jukkasjärvi, kamu wajib menginap di Ice Hotel, hotel es pertama di dunia.

Waktu terbaik untuk melihat Aurora Borealis di sana adalah saat musim dingin, biasanya antara bulan Desember hingga Maret. Hal ini karena pada musim dan bulan tersebut, langit gelap lebih banyak dibandingkan terang. Sehingga memungkinkan aurora muncul dengan jelas.

6. Alaska, Amerika Serikat

Alaska - Selain Islandia Lihat Aurora Borealis Juga Bisa di 7 Negara Ini

Berkunjung ke Amerika Serikat, ternyata juga bisa sembari melihat Aurora Borealis. Fairbanks adalah wilayah terbaik untuk melihat langit aurora di Negeri Paman Sam. Menariknya di sini, mereka punya sistem perkiraan cuaca dan paket  perjalanan melihat aurora.

Ada banyak hal lain yang dapat dilakukan selain menunggu keindahan langit, misalnya bersantai di Aurora Ice Museum  atau berendam di Chena Hot Springs. Usahakan ke sana pada bulan Agustus hingga pertengahan April untuk bisa melihat aurora secara maksimal.

7. Gunung Wellington, Tasmania

Gunung Wellington - Selain Islandia Lihat Aurora Borealis Juga Bisa di 7 Negara Ini

Khusus Aurora Australis, negara terbaik untuk menyaksikannya adalah di Tasmania. Lokasi yang paling direkomendasikan untuk melihat tarian cahaya tersebut adalah Gunung Wellington. Semakin tinggi kamu mendakinya, aurora akan semakin tampak jelas.

Aurora Australis terkenal lebih sulit dijangkau karena hanya ada beberapa spot, dan medannya pun kurang bersahabat. Namun, menurut Australian Antarctic Division of the Department of the Environment and Energy, aurora di Tasmania akan sangat mungkin terlihat dengan jelas pada bulan Maret sampai September.

Jadi, negara mana yang bakal kamu pilih untuk menyaksikan Aurora Borealis? Semoga bisa terwujud secepatnya ya.

Bagi kamu yang hobi traveling, jangan lupa untuk selalu menyertakan asuransi perjalanan di setiap momen jalan-jalanmu. Perlindungan dari risiko seperti pesawat delay hingga bagasi hilang, bisa kamu dapatkan dari jaminan ini. CekAja.com siap memberi asuransi pejalanan terbaik untukmu!

(Baca Juga: Mau ke Eropa? Simak Cara Mengajukan Visa Schengen Terlengkap)

Tentang kami

CekAja

CekAja