Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

Selain Jakarta, Ini Daerah Lain yang Menggunakan Samsat Online

by lhmdi on 8 April, 2016

beda pria wanita saat membeli mobil_kredit kendaraan - CekAja.com

Pengurusan administrasi kendaraan bermotor merupakan sebuah kewajiban bagi masyarakat yang memilikinya.

Oleh Karena itu, mengurus berbagai dokumen yang terkait kendaraan tidak bisa dianggap sepele. Beruntunglah Indonesia saat ini karena memiliki layanan samsat online yang secara bertahap dikembangkan di setiap provinsi.

Awal mulanya, Jakarta merupakan salah satu kota yang mendapat perhatian saat melakukan pelayanan terpadu tentang kendaraan. Namun, pada faktanya, provinsi dan kota-kota lainnya di luar Jakarta ternyata sudah menggunakan sistem ini.

Sebagai contoh, seseorang yang ingin memperpanjang Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor atau STNK motor bekas kini tidak perlu lagi kembali ke daerah masing-masing untuk mengurus perpanjangan surat-suratnya, jika sudah berpindah domisili.

Selain itu tidak perlu pula mengantri panjang hingga bisa bebas dari biaya-biaya yang tidak diperlukan ketika berhubungan dengan calo. Lalu, seperti apa gambaran samsat online Jakarta yang saat ini secara bertahap sudah tersebar di provinsi atau kota-kota di luar Jakarta?

  1. Samsat terpadu Jawa Barat

Jawa Barat bergerak cepat mengadopsi teknologi dalam mengembangkan layanan yang ditujukan kepada Samsat. Polda Jawa Barat pihak-pihak yang terlibat membuat layanan yang kini terintegrasi dengan layanan internet atau online.

Sebagai contoh, jika seseorang yang tinggal di Bogor, namun STNK yang dimilikinya berasal dari Bandung, kini bisa mengurusnya langsung di Bogor, tanpa harus bepergian ke Bandung.

  1. E-Samsat Jawa Timur

Provinsi Jawa Timur pun kini menjadi salah satu tempat di luar Jakarta yang menggunakan layanan online untuk mengurus surat-surat kendaraan bermotor, baik roda dua maupun roda empat.

Melalui sistem yang diciptakan sendiri, layanan e-samsat ini dibuat untuk semakin memudahkan masyarakat Jawa Timur dan sekitarnya dalam melakukan pembayaran.

Selain menggunakan mesin ATM, pembayaran pajak pun bisa dilakukan dengan datang langsung ke bank yang sudah bekerjasama yaitu Bank Jawa Timur. Tahapan pembayarannya pun dapat diakses dengan mudah., bahkan bisa dilakukan menggunakan layanan internet atau mobile banking yang sudah disediakan oleh Bank Jatim.

  1. Samsat online Provinsi Jawa Tengah

Jawa Tengah pun melakukan terobosan dengan bekerjasama dengan bank lokal yaitu Bank Jateng untuk menerapkan layanan online ini. Pembayaran pajak pun bisa dilakukan dengan menggunakan mesin ATM langsung.

Namun, layanan ini tidak sama dengan yang terdapat melalui e-samsat yang ada di Jawa Timur. Hingga saat ini pembayaran belum bisa dilakukan menggunakan internet dan juga mobile banking.

  1. Samsat Jambi

Beralih ke Provinsi yang berada di luar pulau Jawa, kali ini kita akan menuju ke Jambi. Meskipun kurang dikenal, namun Jambi ternyata sudah menerapkan sistem online untuk pembayaran pajak kendaraan, data kendaraan, hingga nilai jual kendaraan yang kamu miliki.

Bahkan dengan mengunduh aplikasi SIKO yang dapat digunakan bagi pemilik ponsel pintar dengan sistem operasi Android, kamu pun bisa melihat dan membayar pajaknya secara langsung.

Cek dulu sebelum bayar

Sebelum membayar CekAja.com mengajak kamu untuk melihat kembali secara rinci dan detil atau melakukan pengecekan tentang apa saja yang menjadi kebutuhan kamu di masing-masing Samsat online.

Caranya sangat mudah, hanya dengan mengetikkan nomor polisi kendaraan di kolom yang ada, kemudian akan muncul informasi detil yang kamu butuhkan. Misalnya informasi jumlah pajak kendaraan, jadwal jatuh tempo pembayaran pajak STNK dan lain-lainnya.

Ketik nomor polisi kendaraan dengan pelat mobil yang sesuai. Secara umum nomor polisi biasanya akan memiliki empat angka. Namun, jangan khawatir, jika kendaraan kamu memiliki tiga angka pada nomor polisi kendaraan tambahkan angka 0 sebelumnya, dan baru lanjutkan dengan mengetikkan nomor polisi kendaraan yang kamu miliki.

Tentang Penulis

Penulis yang hobi traveling ke daerah pelosok yang belum terjamah.