Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

Selain Kotak Kado, Jajanan Anak yang Murah Ini Juga Ramai Kontroversi

by Surtan Siahaan on 5 Februari, 2016

Belum lama ini, masyarakat dihebohkan oleh penemuan jajanan anak sekolah yang mirip dengan alat kontrasepsi. Jajanan bermerek kotak kado ini pun akhirnya dilarang karena dianggap berbahaya bagi kesehatan karena menggunakan bahan yang tidak direkomendasikan untuk makanan.

Temuan akan jajanan yang berbahaya dan tidak dianjurkan bagi anak-anak sebenarnya bukan barang baru. Beberapa di antaranya bahkan masih bisa ditemukan dengan mudah di lingkungan sekolah. Nah, bagi para orang tua, sebaiknya waspada dan berikan perhatian lebih pada apa yang dikonsumsi oleh sang buah hati. Agar pengetahuan lebih bertambah soal jajanan anak, berikut ini daftar sejumlah jajanan kontroversial selain kotak kado:

Permen rokok

permen_rokok_110911110941_ll

Jika dilihat dari jauh, jajanan satu ini benar-benar menyerupai sebatang rokok. Permen rokok sebenarnya adalah permen yang dibungkus dengan kertas menyerupai rokok. Meski permennya sendiri tidak berbahaya, jajanan satu ini dianggap tidak mendidik.

Pasalnya, anak-anak yang menjadi konsumen permen tersebut dikhawatirkan makin akrab dengan rokok.

(Baca juga: Ini Dia Penyakit yang Tidak Ditanggung Oleh BPJS Kesehatan)

Permen telur cicak

553038370423bde64c8b4567

Jajanan yang satu ini memang tidak berbahaya dari segi kesehatan. Namun, terdapat unsur judi dalam permen satu ini. Biasanya, permen cicak dibungkus dalam plastik kecil bersama secaris kertas.

Di kertas tersebut, terdapat nomor-nomor tertentu yang bisa ditukarkan dengan sejumlah hadiah (termausk uang) apabila nomor tersebut cocok tebakan. Lantaran harganya yang murah, anak-anak sangat menggemari jajanan satu ini.

Agar-agar

abang2 mainan

Selain diragukan dari segi kesehatan karena diduga mengandung bahan pewarna berbahaya, jajanan satu ini menjadi kontroversi karena mengandung unsur judi. Sama seperti permen telur cicak, anak-anak yang membeli agar-agar ini akan diberi kesempatan untuk menebak gambar.

Jika tebakan benar, penjualnya akan memberikan uang dan jika tebakan salah si anak hanya akan mendapatkan agar untuk dimakan.

(Baca juga: Ini Biaya Kesehatan yang Harus Kamu Tanggung Bila Pensiun Tanpa Asuransi)

Cilok

cilok-vemale

Meski jadi salah satu favorit bagi anak-anak sekolah, cilok adalah jajanan yang cukup kontroversial. Sejumlah kasus kematian anak karena tersedak cilok menjadi buktinya.

Sebenarnya cilok atau bakso kojek tidak berbahaya dari segi bahan, namun, jajanan yang dijajakan secara berkeliling menggunakan sepeda ini diduga tidak bersih karena bisa terpapar debu.

Akibatnya, makan menjadi tidak higienis. Selain itu, cilok juga dilengkapi dengan saus yang diduga menggunakan bahan pengenyal dan pewarna yang tak dianjurkan untuk makanan.

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami