Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Selain Lipstik 500 ribu, Benda yang Dibeli Wanita Ini Juga Tidak Akan Dimengerti Pria

by Arfan Wiraguna on 6 Agustus, 2015

tipis belanja bebas cukai _ kartu kredit - CekAja.com

Melihat rangkaian koleksi mode teranyar terpampang manis pada online shop atrau butik di mal, bisa membuat wanita tidak segan melayangkan sejumlah uang tanpa pikir panjang. Alasannya, waktu shopping atau belanja merupakan saat yang paling ditunggu-tunggu oleh sebagian besar wanita.

Mengapa wanita sangat gemar shopping atau belanja? Jawaban pertanyaan itu mungkin akan menjadi klise. Misalnya, wanita ingin penampilannya selalu tetap terlihat memikat. Namun, selain lipstik yang menjadi aksesori mode, wanita ternyata juga mengalokasikan dana belanja yang lebih banyak pada benda-benda berikut ini.

Aksesori

Wanita suka membeli aksesori untuk diri mereka sendiri dengan bujet mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Sebagian wanita suka berbelanja royal untuk perhiasan sebagai aksesori. Bahkan, di beberapa negara seperti Dubai, wanita gemar berbelanja perhiasan emas untuk digunakan sebagai aksesori pakaian sehari-hari.

(Baca juga: Investasi Emas dengan Cara Gadai)

Di Indonesia sendiri, emas putih masih menjadi jenis perhiasan yang dipilih anak-anak muda untuk berhias diri. Alasannya, berbagai perhiasan tersebut—mulai dari kalung, cincin, gelang dan anting yang terbuat dari emas putih—cocok dipadukan dengan gaya kasual.

Perlengkapan Mandi

Wanita suka berbelanja perlengkapan mandi secara royal demi memaksimalkan perawatan kulitnya. Mulai dari shampoo, sabun mandi, sabun muka hingga lulur dan produk perawatan tubuh lainnya yang berasal dari bahan-bahan alami, selalu tersedia di kamar mandi mereka.

Karena saat ini melakukan perawatan tubuh sudah menjadi tuntutan para perempuan muda di Indonesia, mereka rela untuk mengeluarkan uang yang tidak sedikit untuk membeli perlengkapan mandi. Harga satuan perlengkapan mandi ini bisa berkisar dari ratusan ribu sampai jutaan rupiah tergantung merek favorit mereka.

(Baca juga: Beda Pria dan Wanita Saat Gunakan Kartu Kredit)

Gaun Diskon

Tak ada istilah kelebihan gaun para wanita. Biarpun lemari sudah penuh sesak, tetap saja ada titik bagi setiap wanita merasa tak memiliki gaun untuk dikenakan. Inilah sebabnya, wanita sering terjebak dalam kebiasaan berbelanja kompulsif secara royal di butik-butik ternama yang dapat menjadi surga belanja yang menyejukkan.

Dikutip dari artikel “4 Kiat Belanja Barang Diskon” yang dimuat secara online oleh Kompas, pengusaha ritel fashion Dandan Hamdani berbagi trik untuk mengontrol diri dalam berburu barang diskon berikut, yaitu 1) perhatikan apakah barangnya adalah barang season sebelumnya atau tahun lalu, 2) perhatikan kondisi barang terutama untuk produk diskon boks, 3) jangan mudah tergiur dengan promo seperti diskon 70 persen + 20 persen, 4) jangan mudah tergiur dengan program Gift with Purchase berupa voucher

(Baca juga: Bisa Foya-foya, Tapi Tetap Kaya)

Tas

Wanita dan tas adalah “pasangan” harmonis yang sulit dipisahkan. Tas merupakan pelengkap penampilan wanita yang merangkum identitas selera penggunanya. Padu padan kasual atau monoton seperti busana kerja, akan terlihat terdepan hanya karena kehadiran jenis tas yang tepat dan trendi.

Selain sebagai pelangkap penampilan, wanita gemar menggunakan tas untuk membawa banyak barang saat mereka bepergian. Ragam rupa bawaan dalam tas wanita, beberapa di antaranya adalah dompet, ponsel, laptop, perlengkapan make up, iPod, dan iPad.

Sepatu

Sebagian besar wanita menghabiskan dana cukup besar untuk membeli sepatu. Bahkan, menurut sebuah studi tahun 2013 di Inggris yang dilakukan situs online PromotionalCodes, rata-rata seorang wanita menghabiskan lebih dari 34.000 poundsterling atau sekitar Rp 700 juta untuk membeli sepatu seumur hidup mereka. Setiap tahunnya, rata-rata wanita membeli 12 pasang sepatu, atau sama dengan beli satu sepatu setiap bulannya.

(Baca juga: Sneaker, Action Figure, dan Komik Bisa Jadi Benda Investasi, Benarkah?)

Dikutip dari artikel “Sole destroying: Women spend over 34,000 punds on shoes in a lifetime!” yang dimuat oleh PromotionalCodes secara online, seorang editor fashion di situs tersebut berkomentar, “Hubungan seorang wanita dengan sepatunya merupakan sesuatu yang sangat khusus, dimana hanya sedikit pria yang bisa mengerti hal tersebut.” Ia menambahkan, kisaran harga untuk sebuah sepatu wanita sangat mengejutkan, dan biaya pengeluarannya pun mampu merogoh kocek yang sangat dalam tanpa memiliki alasan tertentu.

Untuk itu, salah satu cara agar kita dapat berbelanja royal tanpa merogoh kocek yang sangat dalam adalah dengan menggunakan kartu kredit. Alasannya, membayar cash tak selalu hemat dan kartu kredit justru bisa memberi kita diskon berlipat.

Namun, jangan lupa untuk membayar tagihan kartu kredit secara tepat waktu dan lakukan hal ini secara rutin setiap bulan. Hal ini penting karena pihak bank dan penerbit kartu kredit akan membebankan biaya lebih jika kita terlambat melakukan pembayaran.

Tentang Penulis

Arfan Wiraguna

Writer & Coffe Lover - Finansial dan ekonomi adalah makanan sehari-hari.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami