Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

Selain Lobster, Makanan Mewah Ini Mungkin Bisa Membuat Kenyang Perut Anggota DPR yang Menolak Makan di Warteg

by Ariesta on 24 Desember, 2015

Permintaan Wakil Ketua DPRD DKI Mohamad Taufik atas uang dinas Rp 2 juta membuat masyarakat berang. Permintaan tersebut dianggap mengada-ada dan tidak mewakili perannya sebagai wakil rakyat.  Taufik sendiri mengaku selama ini sering nombok selama melakukan perjalanan dinas karena hanya didanai Rp 470.000. Menurutnya, biaya perjalanan dinas tersebut tidak sesuai untuk para anggota DPRD DKI yang setara eselon II.

“Kalau uang makan itu masuk ke Rp 470.000 itu, kami kalau mau makan lobster enggak bisa,” kata Taufik membuat makin masyarakat geram.

Sebagai bentuk protes, banyak netizen membuat tanda tagar #makandiwarung di media sosial. Gerakan dimaksudkan untuk menyindir Taufik yang tidak mau membumi sebagai wakil rakyat. Namun rupanya, sang Wakil Ketua DPRD DKI tutup mata dan telinga menanggapi aksi tersebut.

Tampaknya Mohammad Taufik tetap bersikeras para anggota DPR harus makan lobster setiap melakukan perjalanan  dinas. Sebenarnya makanan apa saja sih yang harganya ‘setara’ dan bisa membuat kenyang perut para angota dewan yang terhormat dibandingkan dengan menu warteg?

Lobster

Lobster memang identik sebagai makanan mewah. Pasalnya, berdasarkan pantauan Cekaja.com, harga lobster yang termurah adalah Rp 95 ribu untuk lobster kipas seberat 250-300 gram dan Rp 250 ribu untuk yang berat 500 gram. Itu pun harga di restoran kelas menengah. Bisa kamu bayangkan jika para anggota DPR hanya mau makan di restoran mewah, harga perpiringnya bisa dua kali lipat lebih mahal.

Kalau permintaan uang dinas Rp 2 juta dikabulkan, tentunya para anggota dewan yang terhormat bisa makan lobster tiga kali sehari tanpa nombok. Asyik ya?

Escargot

Meski tidak semahal lobster, escargot juga termasuk hidangan mahal yang mungkin bisa menaikkan gengsi para anggota dewan yang terhormat. Escargot yang berbahan dasar bekocot ini bahkan dianggap sebagai salah satu makanan pebuka wajib di restoran-restoran Prancis. Bahkan konon katanya, standar sebuah restoran Perancis diukur dari lezatnya escargot disajikan.

Harga escargot yang mahal disebabkan karena pengolahannya yang panjang dan tidak boleh sembarangan. Butuh cara khusus untuk menghilangakan racun dan lendir alami pada siput. Di negara asalnya, harga sepiring escargot yang termurah adalah sekitar Rp 300 ribu.

Tapi di Jakarta, kamu bisa menikmati sajian ini dengan harga yang lebih terjangkau yakni Rp 50.000 di Liberté French Brasseri di  Pacific Place Mall dan Rp 90.000 di Emilie French Restaurant Jl. Senopati Kebayoran Baru. Selain dikonsumsi dagingnya, telur bekicot juga umum dikonsumsi.  Di Inggris, harganya bisa mencapai  Rp 1,6 juta untuk tiap 75 gramnya.

Dengan uang yang sama (Rp 50.000), tentunya kamu sudah bisa makan puas 3-5 kali di warteg dengan menu lengkap.

(Baca juga: Berikan Diri Kamu Lima Hadiah Ini Sebelum Tahun 2015 Berakhir)

Jamur matsutake

Jamur matsutake merupakan jamur termahal di Jepang. Harganya bisa mencapai USD 1.000 per pon atau Rp 14,1 juta. Jamur ini mahal karena langka dan tidak bisa  dibudidayakan.  Matsutake hanya tumbuh pada musim gugur atau awal bulan September sampai pertengahan November.

Bisa kamu bayangkan bagaimana kalau anggota DPR meminta kenaikan uang demi bisa makan jamur matsutake? Yang pasti uang Rp 14,1 juta cukup untuk makan warteg 940 kali dengan estimasi Rp 15 ribu sekali makan. Kalau kamu makan warteg sehari tiga kali, kamu bisa menggunakan uang tersebut untuk makan selama 313 hari!

(Baca juga: Berat Membeli Steak Daging Sapi yang Mahal? Siasati Pakai Cara Ini)

Tentang Penulis