Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

Selain Makanan, Ini Oleh-Oleh Populer dari 4 Destinasi Mudik Lebaran

by Kartika Ratnasari on 30 Juni, 2017

 oleh-oleh mudik _ kartu kredit - CekAja.com

Oleh-oleh seakan sudah jadi salah satu kewajiban yang harus dibeli saat mudik Lebaran.

Biasanya, ketika membeli oleh-oleh, yang langsung terlintas adalah makanan khas daerah. Namun tak semua penerima oleh-oleh mempunyai lidah yang ‘cocok’ dengan rasa makanan tersebut. Pada akhirnya, tak jarang oleh-oleh malah tak termakan dan jutru terbuang.

Jika pernah mengalami kejadian seperti itu, jangan sampai terulang. Agar uang tak terbuang sia-sia dan penerima juga senang, ada baiknya untuk membeli oleh-oleh dalam bentuk barang, bukan makanan. Sebagai informasi, berikut ini ada sejumlah ide oleh-oleh populer bukan makanan jika mudik ke lima daerah berikut ini:

Yogyakarta

Oleh-oleh dari Kota Gudeg Yogyakarta bukan cuma Bakpia lho. Kalau ingin buah tangan yang lebih awet ada berbagai alternatif seperti pakaian dan barang kerajinan. Untuk pakaian, salah satu yang khas dari Yogyakarta adalah kaos Dagadu.

Lokasi gerai kaos ini bisa ditemukan di sekitar Tugu. Selain itu, barang-barang kerajinan khas Yogyakarta juga cocok sebagai oleh-oleh selepas libur Lebaran. Mulai dari blangkon, gantungan kunci hingga batik adalah buah tangan yang awet namun menarik.

Medan

Meski makanan seperti Bolu Meranti, pancake durian, dan bika ambon sangat terkenal di Medan, ternyata ada juga lho kerajinan khas Medan yang cocok untuk dijadikan oleh-oleh, salah satunya kain ulos.

Kain ini biasanya digunakan masyarakat Medan untuk berbagai ritual, mulai dari pernikahan hingga pemakaman. Proses pengerjaan kain ulos cukup rumit, maka jangan heran jika pedagang menjualnya dengan harga yang cukup tinggi.

Surabaya

Jika Yogyakarta punya Dagadu, Surabaya juga punya Cak Cuk.  Cak Cuk sendiri adalah sebuah distro yang berdiri sejak 2005 dan masih populer hingga sekarang. Selain menawarkan kaos khas Arek Suroboyo dengan kata-kata dan desain yang kreatif, Cak Cuk juga menjual souvenir lainnya seperti gantungan kunci, mug, magnet, pin, dan tas. Lokasi toko Cak Cuk juga tersebar di beberapa titik hingga akan memudahkan untuk mencarinya.

Makassar

Tidak seperti kota lain yang lebih terkenal makanannya, Makassar punya beragam buah tangan selain makanan yang tersohor sejak dulu. Misalnya minyak tawon. Meski minyak ini banyak dijual di apotek atau supermarket seluruh Indonesia, Makassar dikenal sebagai penghasil minyak tawon terbaik.

Selain minyak tawon, Makassar juga punya kain khas yang tak kalah populer dari batik dan ulos yaitu kain tenun atau lebih dikenal dengan sarung bugis. Sarung bugis memiliki ciri khas yaitu warnanya yang mencolok. Kain ini bisa kamu beli dengan kocek mulai dari 20 ribu hingga ratusan ribu rupiah tergantung jenisnya.

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami