Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

8 menit waktu bacaan

Selain Perlindungan Diri, Ini 5 Manfaat Lain dari Asuransi

by Rini Agustina on 3 Januari, 2020

Asuransi merupakan salah satu bentuk perlindungan diri paling efektif dari hal-hal tak terduga seperti kecelakaan. Asuransi adalah lini bisnis yang menyediakan pertanggungan yakni berupa penggantian kerugian yang dialami para pemegang polisnya.

Kehadiran asuransi setidaknya dapat mengurangi beban kerugian atau bahkan dapat menjadi warisan bagi ahli waris pemegang polis. Tapi, ada juga manfaat lain dari asuransi yang patut Anda ketahui.

Manfaat Asuransi

Ya, asuransi tak hanya berfungsi memproteksi diri namun juga bisa jadi sebuah investasi yang menjanjikan dimasa depan. Sayangnya, belum banyak orang melek soal manfaat lain dari asuransi tersebut.

Lantaran produk keuangan yang satu ini dianggap hanya cocok untuk kalangan menengah ke atas, karena ada sejumlah dana yang mesti dibayarkan setiap bulan untuk mendapatkan manfaat dari asuransi.

Nyatanya, perusahaan asuransi manapun tidak pernah membedakan individu mana yang berhak maupun tidak berhak mengikuti asuransi. Mereka menawarkan kemudahan dengan pilihan jumlah iuran premi dari rendah, sendang hinggi tinggi. Lantas Apa itu Asuransi?

Pengertian Asuransi

Kata Asuransi berasal dari serapan bahasa Inggris “ensurance”, dalam bahasa Inggris kuno kata ini berarti “memastikan”. Sementara dalam berbagai tautan asuransi sering dikaitkan dengan perjanjian antara dua orang, yakni pemberi dana dan pengolah dana.

Dimana para perusahaan pengolah dana tersebut akan mengumpulkan sejumlah uang dari banyak peserta kemudian menginvestasikannya. Sehingga dana yang terkumpul dapat terus berkembang.

Sementara secara umum, asuransi adalah pertanggungan yang diberikan perusahaan asuransi kepada peserta yang telah membayar iuran (premi), dengan besaran yang telah disepakati oleh kedua belah pihak.

Produk asuransi perlindungan jiwa masih jadi yang paling popular. Karena selain sebagai proteksi diri juga memberikan manfaat lain dari asuransi, salah satunya investasi.

Simak bagaimana asuransi selain memberikan Anda perlindungan , namun juga manfaat lain dari asuransi yang menguntungkan seperti dibawah ini:

5 Manfaat Lain dari Asuransi
1. Sebagai Dana Darurat

Jika Anda bukan tipikal pribadi yang gemar menabung, cenderung boros maka membeli sebuah produk asuransi adalah kewajiban. Pasalnya manfaat lain dari asuransi salah satunya adalah dapat dijadikan dana darurat.

Anda bisa mengambil jumlah premi yang mampu dibayar dan dalam beberapa tahun meminta untuk dicairkan. Agar bisa dicairkan biasanya ada batasan jumlah minimum premi yang mesti dibayar.

Nah uang yang telah dicairkan ini dapat Anda gunakan sebagai dana darurat.

Proses pencairannya sendiri berbeda di tiap perusahaan asuransi, ada yang membutuhkan sepekan hingga satu bulan dari proses pengajuan hingga pencairan.

Karena proses klaimnya memerlukan waktu yang tidak sebentar, sebaiknya sejak awal mengambil premi asuransi simpan semua surat berharga dalam satu tempat khusus.yuh

Sehingga ketika ingin melakukan klaim tidak perlu waktu lama untuk menyiapkan semua dokumen yang diperlukan.

2. Sebagai Warisan Keluarga

Manfaat lain dari Asuransi yang paling menyita perhatian adalah dapat dijadikan sebagai warisan bagi keluarga, seperti anak dan istri.

Misalnya, jika Anda tidak punya properti yang melimpah namun juga tak memiliki cukup dana segar untuk dibagikan kepada keluarga pilihlah asuransi sebagai salah satu bentuk warisan yang bisa ditinggalkan bagi anak cucu kelak.

Asuransi jiwa adalah salah satunya. Ketika pemegang polis meninggal maka para ahli warislah yang akan menerima uang pertanggungan dari perusahaan asuransi. Jumlahnya bisa beragam tergantung premi yang dipilih. Uang pertangggungannya bisa mencapai miliaran rupiah.

Jadi, tak harus punya rumah berjajar dan perkebunan berhektar-hekatar, dengan membeli asuransi jiwa saja sudah banyak yang bisa Anda bagikan.

Uang pertanggungan dari perusahaan asuransi juka dapat Anda gunakan untuk membayar hutang dan menyelesaikan cicilan.

Sehingga keluarga yang ditinggalkan tidak dipusingkan dengan hutang yang masih berjalan.

3. Sebagai Tabungan Pendidikan

Salah satu manfaat yang tidak banyak orang tahu adalah bahwa asuransi jiwa misalnya, bisa dijadikan sebagai tabungan Pendidikan. Skemanya adalah, ketika memilih produk asuransi jiwa Anda akan diberikan opti besaran pertanggungan dan jumlah preminya.

Nah, Anda bisa memilih jenis asuransi unit-link yang bisa mengembangkan dana Anda baik dengan produk reksa dana maupun investasi lain.

Tabungan pendidikan ini sangat penting, terlebih bagi para orang tua. Sebab biaya pendidikan di Indonesia cukup mahal meski beberapa ada yang mendapat subsidi dari pemerintah.

Setidaknya kenaikan biaya pendidikan di Indonesia dapat mencapai 10% per tahun. Adanya asuransi unit-link katakanlah dengan kenaikan suku Bungan 6% pertahun maka dapat mengurangi biaya pendidikan anak Anda 20 tahun mendatang.

4. Sebagai Pengganti Pendapatan Bulanan

Idealnya pendapatan itu naik setiap tahun dan ketika memasuki masa pension kebutuhan bukannya makin berkurang tapi justru merangkak naik. Karena itulah kita membutuhkan dana tambahan karena ketika memasuki usia pensiun justru memasuki usia yang tak lagi produktif.

Selain sulit mencari lapangan kerja yang sesuai energi juga sudah berkurang banyak. Kehadiran asuransi ini dapat menopang kebutuhan harian dimasa tua nanti.

Selain menjadi pengganti pendapatan bulanan bagi pemegang polis yang masih hidup. Uang pertanggungan dari asuransi juga dapat digunakan untuk mengganti pendapatan yang hilang ketika pemegang polis meninggal.

Sehingga pihak keluarga tidak begitu merasa terbebani ketika pencari nafkah utama tiba-tiba meninggal atau terpaksa harus pensiun dini karena berbagai sebab.

5. Membuat Hidup Lebih Tentram

Karena sudah mempersiapkan masa depan dengan terencana, Anda dapat melalui kehidupan sehari-hari dengan lebih tenang. Jika nanti terjadi musibah yang tak diinginkan tenang, karena ada asuransi yang mampu meringankan.

Asalkan, premi yang dibayar setiap bulan lancer uang pertanggungan sepadan bisa Anda dapatkan. Karena itu penting memiliki pelindungan diri khususnya asurnasi jiwa sejak muda, agar saat tua nanti uang pertanggungan yang didapat semakin besar.

Agar mendapatkan manfaat lain dari asuransi secara maksimal, Anda harus memilih produk yang sesuai atau cocok dengan profil keuangan saat ini. Lantas bagaimana trik membeli asuransi yang tepat?

Tips Memilih Asuransi Sesuai Kebutuhan

Agar bisa mengecap manfaat lain dari asuransi kita harus lebih dulu menentukan dan memilih produk asuransi yang pas. Setidaknya, ikuti panduan dibawah ini untuk menemukan yang paling cocok:

1. Pilih Produk Asuransi Kesehatan

Jagalah kesehatan Anda dan keluarga terlebih dulu, baru kemudian memilih produk asuransi jiwa untuk melingungi keuangan rumah tangga jika sesuatu terjadi pada Anda. Pertimbangkan asurnasi yang memberikan tabungan masa depan. Salah satunya adalah asuransi unit-link.

Khusus asuransi kesehatan, memang tidak semua jenis penyakit mendapat pertanggungan. Namun setidaknya bisa mengurangi beban biaya yang mesti dikeluarkan, terutama ketika Anda sudah tak lagi produktif bekerja.

2. Sesuaikan dengan Pendapatan Bulanan

Asuransi ini banyak ragamnya, dari asuransi jiwa, kesehatan, Pendidikan juga pensiun. Jika Anda cukup punya banyak dana tak apa membeli semua produk asuransi tersebut. Tapi jika tidak pilih salah satunya saja. Misalnya, jika Anda menginginkan ketenangan hidup dimasa depan bagi Anda dan keluarga asuransi jiwa adalah pilihannya.

Tapi jika Anda adalah pribadu yang termasuk sering keluar masuk rumah sakit sebaikanya memberi polis asuransi kesehatan saja.

Pastikan untuk menyisihkan pendapatan bulanan , jumlah tentu bervariasi bergantung pada pengelolaan keuangan masing-masing dan apa yang ingin Anda capai berdasarkan keuangan.

Jika masih ragu menentukan Anda bisa meminta bantuan ahli keuangan.

(Baca Juga: Ini Dia Jadwal Konser Musik 2020 yang Paling Ditunggu!)
3. Prioritaskan Asuransi untuk Diri Sendiri

Sebelum memutuskan mengambil polis asuransi untuk keluarga, upayakan Anda sendiri sudah membeli produk perlindungan diri baik berupa asuransi jiwa maupun kesehatan.

Sebab sebagai pencari nafkah Anda menempati posisi penting dalam menyeimbangkan keuangan rumah tangga. Jika jumlah cicilan premi asuransi masih ringat, Anda bisa menambahkan anggota keluarga lain sebagai pemegang polis.

4. Lebih Cepat Lebih Baik

Sering orang bertanya kapan waktu terbaik kita membeli asuransi? Jawabannya adalah lebih cepat lebih baik. Ketika menerima gaji pertama sebaiknya sudah mulai membeli perlidungan diri untuk mendapatkan manfaat lain dari asuransi dimasa mendatang.

Usia bukan jadi halangan memikirkan masa depan. Justru itulah waktu terbaik untuk menyiapkan masa pensiun yang aman dan nyaman.

Jika perlu carilah produk asuransi yang juga dapat diivestasikan, yakni asuransi unit-link. Tapi biasanya jumlah preminya lebih besar dari jenis lain. Namun menawarkan keuntungan yakni uang pertanggungan besar.

Jenis-Jenis Asuransi di Indonesia

Tahukah Anda bahwa di Indonesia sendiri ada belasan jenis asuransi yang disediakan oleh berbagai perusahaan Asuransi. Berikut diantaranya:

1. Asuransi Jiwa

Adalah jenis asuransi yang memberikan perlindungan kepada peserta ketika terjadi kecelakaan yang menyebabkan hilangnya nyawa pemegang polis. Biasanya uang pertanggungan yang diberikan akan disesuaikan dengan jumlah premi yang dibayarkan setiap bulan.

2. Asuransi Kesehatan

Merupakan jenis asuransi yang memberilan perlindungan berupa pembayaran sejumlah tagihan terkait kesehatan, seperti rawat inap dan rawat jalan. Besarannya juga ditentukan dari premi yang diambil, juga tidak semua penyakit dapat ditanggung.

Pastikan mencari tahu lebih dulu produk asuransi kesehatan yang sesuai dengan kondisi kesehatan Anda saat ini.

3. Asuransi Masa Pensiun

Merupakan sejenis tabungan yang dapat peserta Tarik ketika masa pensiun datang. Jumlah cicilannya dihitung berdasarkan kebutuhan saat ini ditambah 10%. Sebab kebutuhan masa tua biasanya semakin membangkak. Maka pendapatan bulananpun idealnya semakin naik.

4. Asuransi Kendaraan

Nah ini adalah salah satu jenis asuransi favorit di Indonesia, terutama mereka yang membeli kendaraan secara kredit karena biasanya sudah mendapatkan proteksi kendaraan. Pilihan asuransinya juga beragam bisa Anda sesuaikan dengan keingian, misalnya penggantian sebagian atau keseluruhan.

5. Asuransi KPR

Ini juga popular dikalangan masyarakat Indonesia dan penting bagi Anda yang masih memiliki cicilan rumah. Adanya asurnasi KPR ini dapat meringankan ahli waris ketika tiba-tiba pemegang polis meninggal dunia sementara cicilan kredit perumahannya belum lunas. Biasanya pihak asuransi akan melunasi sisa pembayaran besarannya disesuaikan dengan premi yang dipilih peserta.

6. Asuransi Kepemilikan Properti

Ini menyangkut perlindungan untuk berbagai properti apartemen atau rumah. Sehingga jika terjadi musibah atau bencana seperti banjir dan kebakaran pemegang polis akan mendapatkan uang pertanggungan.

7. Asuransi Pendidikan

Adalah asuransi yang memberikan jaminan dana Pendidikan bagi pesertanya. Biasanya baru dapat dicairkan dalam jangka waktu tertentu, dapat dicairkan sebagian maupun seluruhnya. Asuransi Pendidikan sering juga dikaitkan dengan tabungan Pendidikan, padahal ini berbeda.

Uang pertanggungan dari Asuransi pendidikan akan tetap Anda dapatkan secara utuh sesuai perjanjian awal, meskipun Anda sebagai pembayar polisi misalnya meninggal tiba-tiba.

Sementara tabungan pendidikan tidak. Jika Anda baru menabung sebesar Rp 100 juta maka uang yang akan diterimapun hanya sebatas Rp 100 juta.

Segera ajukan asuransi sesuai kebutuhan anda di CekAja.com!

Tentang Penulis