Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Selalu Merasa Sulit Menabung dan Gaji Selalu Kurang? Kamu Wajib Baca Buku Ini

by Tisyrin N. T on 11 Januari, 2017

buku bisnis - CekAja.com

Apa arti uang buat kehidupanmu? Setiap hari kamu bersusah payah mencarinya. Kamu pun merasa tidak bisa hidup tanpa uang. Namun, setelah mendapatkan uang, seringkali uang dengan mudahnya meninggalkan kita.

Cobalah membaca buku berjudul Your Money Your Attitude karya Dwita Ariani. Dwita adalah perencana keuangan independen. Dia mendapatkan gelar perencana keuangan RFA (Registered Financial Associate) dan gelar perencana keuangan syariah RIFA (Registered Islamic Financial Associate) dengan standar internasional dari IARFC (International Association Registered on Financial Consultants).

Buku ini terdiri dari delapan bab. Bab I yaitu Uang Anda, Kebiasaan Anda yang akan menjelaskan keluarga sangat berpengaruh terhadap kebiasaan seseorang memperlakukan uang. Pada bab ini, kamu juga akan menyadari bahwa kesuksesan finansial tidak tergantung dari seberapa besar pendapatan seseorang. Kamu harus mengubah kebiasaanmu dalam memperlakukan uang.

Bab II Menyiasati Keuangan Pribadi, memaparkan tentang banyaknya orang yang mengalami masalah keuangan karena tidak pandai memilah antara kebutuhan dan keinginan. Selanjutnya, saat membaca Bab III Menentukan Tujuan, kamu akan menyadari pentingnya membuat tujuan hidup. (Baca juga: 8 Kiat Sukses Bisnis Makanan di Kantin Sekolah)

Pada Bab IV Profil Risiko, penulis menjelaskan berbagai tipe seseorang dalam memperlakukan uang dan adanya perbedaan risiko dari masing-masing jenis pekerjaan. Bab V Kondisi Finansial Terkini mengingatkan untuk mengetahui jumlah kebutuhan dan membuat anggaran.

Judul buku: Your Money Your Attitude, Penulis: Dwita Ariani, Cetakan: Cetakan pertama, 2015 Tebal: xxii + 202 hlm; 14 x 20 cm, Penerbit: Transmedia Pustaka
Judul buku: Your Money Your Attitude, Penulis: Dwita Ariani, Cetakan: Cetakan pertama, 2015 Tebal: xxii + 202 hlm; 14 x 20 cm, Penerbit: Transmedia Pustaka

Penulis membahas mengenai utang dan cara keluar dari jerat utang pada Bab VI yang berjudul Mengelola Utang. Bab VII Investasi untuk Kebebasan Finansial  menjabarkan tentang inflasi dan berbagai jenis investasi. Terakhir Bab VIII Kedamaian Finansial mengajak untuk mengatur pendapatan bulanan dan senantiasa bersyukur.

Secara umum, buku ini tak begitu banyak memperlihatkan hitung-hitungan dan tabel yang rumit layaknya buku perencanaan keuangan. Sesuai judulnya, Your Money Your Attitude lebih menitikberatkan pada sikap yang harus dibentuk dalam berurusan dengan uang. Penulis mengajakmu lebih mengenali kondisi finansialmu saat ini dan tidak terlarut dalam masalah.

Penulis akan membuka pikiranmu tentang pentingnya mengelola uang dengan baik. Tak hanya itu, dengan penggunaan bahasa yang mudah dicerna, Your Money Your Attitude juga akan menyentuh perasaanmu dengan berbagai contoh kasus yang sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari.  Kamu akan tergugah untuk lebih bijak dalam hal finansial.

Kalau kamu selama ini galau karena selalu merasa gajimu kurang, sulit untuk menabung, dan ingin lebih mengenal tentang perencanaan keuangan, sebaiknya segera baca buku ini sampai tuntas. Kekurangan buku ini adalah kurang cocok bagi kamu yang mencari hitung-hitungan teknis yang rumit.

Tentang Penulis

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami