Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

Serba-serbi Angpao yang Menarik untuk Diketahui

by Tisyrin N. T on 27 Januari, 2017

sejarah angpao - CekAja.com

Kamu pasti sudah akrab dengan kata angpao. Setiap perayaan Imlek, kehadiran angpao akan menjadi salah satu hal yang paling ditunggu. Bagaimana tidak, angpao merupakan amplop berwarna merah yang berisi uang.

Mumpung sebentar lagi kita akan merayakan Imlek 2017 di tahun ayam api, yuk, mengenali lebih jauh lagi tentang angpao.

Asal kata angpao?

Angpao merupakan kata yang berasal dari bahasa Hokkian. Dalam bahasa Mandarin, angpao disebut hong bao. Hong berarti merah dan bao berarti kemasan atau pembungkus.

pinjaman tanpa jaminan kta tanpa agunan-CekAja.com

Bagaimana asal mula munculnya tradisi angpao?

Rupaya, tradisi angpao bermula dari sebuah legenda. Salah satu versi ceritanya adalah, pada malam tahun baru Imlek, kerap ada hantu bernama Sui yang keluar menganggu anak-anak. Hantu Sui akan memegang kepala anak kecil yang tengah terlelap. Si anak tentu saja akan menangis karena terkejut. Anak kecil yang terganggu akan mengalami sakit kepala, demam, bahkan menjadi bodoh.

Orangtua akan berupaya menjaga anak-anak pada malam tahun baru Imlek. Di suatu tempat, ada orangtua yang mengajak anaknya bermain koin pada malam tahun baru Imlek. Orangtua tersebut sangat menyayangi anaknya, karena mereka telah lama menikah dan baru dikaruniai anak.

(Baca juga: Yang Perlu Kamu Lakukan Agar Makmur di Tahun Ayam Api)

Ketika si anak telah tidur, orangtua membungkus koin dengan kertas merah dan menaruhnya di bawah bantal anak. Orangtua tidak berani tidur. Hantu Sui lalu muncul pada tengah malam. Ketika itu angin bertiup dan jendela terbuka, lampu minyak mati. Hantu Sui memegang kepala si anak, tetapi dia terkejut dan lari karena melihat kilatan sinar dari koin.

Orangtua kemudian memberitahukan kepada orang lain untuk melakukan hal yang sama pada anaknya. Karena itu, angpao juga mendapat sebutan ya sui qian yang artinya untuk mengusir roh jahat.

Kepada siapa angpao diberikan?

Orang Tionghoa yang telah menikah umumnya memberikan angpao kepada anak-anak, orang yang belum menikah, dan orang yang dituakan. Secara umum, pemberian angpao merupakan harapan akan adanya keberuntungan atau nasib baik di tahun yang baru.

Daftar kartu kredit yang berikan diskon belanja di CekAja!

Tentang Penulis

Tisyrin N. T

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.