Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Serba Serbi Asuransi Properti yang Harus Kamu Ketahui Bila Mau Hidup Tenteram

by Surtan Siahaan on 2 Juni, 2016

Banyak orang belum paham dengan manfaat asuransi properti. Padahal, perlindungan asuransi properti bisa membuat hidup seseorang jauh lebih tenang. Lebih dari itu, perlindungan asuransi properti juga dapat memberikan perlindungan terhadap risiko finansial seseorang. Maklum, properti seperti rumah adalah harta benda yang tidak murah dan juga punya banyak manfaat terhadap kehidupan seseorang.

Nah, kali ini CekAja akan membahasa mengenai serba serbi perlindungan asuransi properti yang belum banyak diketahui orang. Agar lebih sadar lagi terhadap pentingnya asuransi satu ini, yuk kita baca ulasannya berikut ini:

Asuransi mengganti biaya arsitek

Bila rumah atau properti yang lain mengalami kebakaran dengan kerusakan parah, biasanya pemilik akan memperoleh manfaat berupa biaya pembangunan ulang. Menariknya, pemilik yang rumahnya dilindungi oleh asuransi properti juga mendapatkan manfaat berupa biaya arsitek. Jadi, pemilik rumah bisa memilih arsitek tertentu untuk mendesain rumah sesuai keinginannya secara gratis. (Baca juga: Agar Kariermu Cemerlang, 5 Hal Ini Harus Kamu Pelajari Sebelum Usia 30)

Mengganti biaya cat

Bila kamu memiliki asuransi properti dengan perluasan manfaat atas risiko banjir, cat rumah kamu juga bisa mendapatkan perlindungan lho. Maksudnya, ketika rumah kamu terendam banjir sehingga membuat dinding rumah kotor atau catnya terkelupas, maka perusahaan asuransi bisa mengganti biaya pengecatan ulang atas seluruh bagian rumah yang cat dindingnya mengalami kerusakan.

Mengganti uang dan surat berharga

Asuransi properti ternyata tidak cuma melindungi perabotan yang ada di dalam rumah lho. Bila kamu memiliki asuransi properti dengan perluasan perlindungan money insurance, bila ada risiko yang terjadi seperti pencurian dan kebakaran, perusahaan asuransi memberi perlindungan atas kehilangan uang tunai. Tidak hanya itu, perusahaan asuransi juga dapat melindungi seluruh surat berharga yang ada di lokasi pertanggungan.

Memberikan tempat tinggal sementara

Asuransi properti bahkan memberikan perlindungan moril berupa tempat tinggal sementara bagi penghuni rumah yang mendapat perlindungan. Tempat tingal sementara tersebut dapat berupa uang tunai untuk menyewa rumah sementara, selama perusahaan asuransi membangun kembali rumah, maupun rumah tinggal sementara yang ongkos sewanya sesuai dengan nilai pertanggungan yang ada dalam polis asuransi.

Jadi, pemilik rumah tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan saat sedang mengalami masalah. (Baca juga: Orang yang Gengsinya Gede Ternyata Susah Kaya, Ini Buktinya)

Rumah kayu tidak dapat dilindungi asuransi

Ternyata tidak cuma barang seni dan benda hidup seperti tanaman dan hewan peliharaan yang tak bisa dilindungi oleh asuransi properti, rumah dengan konstruksi bangunan yang didominasi oleh kayu juga tidak dapat diasuransikan. Begitu juga dengan rumah yang lantainya menggunakan kayu. Biasanya, perusahaan asuransi akan menolak dengan alasan kayu cenderung tidak tahan terhadap api.

Tentang Penulis