Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Serba- serbi Cara Cek Nomor Induk Siswa Nasional via Online

by Ayunindya Annistri on 5 November, 2019

Mungkin sebagian dari kamu masih belum memahami cara cek Nomor Induk Siswa Nasional (NISN). Padahal, caranya sendiri terbilang cukup praktis lantaran bisa dilakukan via online.

Secara garis besar, NISN merupakan sistem layanan yang dikelola oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan guna membedakan identitas satu siswa dengan siswa lainnya di seluruh sekolah Indonesia.

NISN ini terdiri dari 10 angka yang berlaku sepanjang masa, di mana fungsinya tidak hanya sebagai tanda pengenal saja, melainkan juga untuk menunjang segala kegiatan administrasi siswa, mulai dari Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Ujian Nasional (UN), hingga Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

Menentukan kode pengenal siswa tersebut bisa dilakukan berdasarkan pengajuan data siswa yang sebelumnya telah diverifikasi oleh pihak sekolah ataupun Dinas Pendidikan Kota secara online. Kode pengenal ini terbilang cukup unik, karena tiga angka di awal merupakan tahun lahir dari siswa tersebut.

Cara Memiliki Nomor Induk Siswa Nasional

Sebelum mengetahui cara cek Nomor Induk Siswa Nasional, sebaiknya kamu ketahui dulu cara memiliki NISN tersebut. Pasalnya, bukan tidak mungkin setiap siswa belum memiliki NISN lantaran beberapa faktor tertentu. Nah, apabila kamu juga mengalami hal serupa, ikuti langkah – langkah berikut ini:

Bila sewaktu-waktu kartu NISN yang dimiliki hilang dan juga datanya keliru, kamu bisa mengurus itu semua dengan cara melapor ke petugas NISN atau NPSN sekolah, tempat NISN kamu diterbitkan.

Bagaimana bila data di sistem NISN tidak sesuai dengan akta kelahiran?

Sering kali terjadi ketika menginput data NISN nyatanya tidak sesuai dengan akta kelahiran. Tenang saja, enggak perlu panik! Kamu masih bisa mengubah datanya dengan kembali mengakses laman resmi http://nisn.data.kemdiknas.go.id/.

(Baca juga: Biaya Pendidikan Anak Kian Mahal? Simak Cara Jitu Mengumpulkannya!)

Kemudian unduh formulir A.3 Pengajuan Perbaikan Biodata Siswa pada menu Formulir Pengajuan. Setelah itu, cetak dan isi formulir tersebut seperti biasa yakni secara manual.

Selesai mengisi seluruh data yang diminta, kembalikan formulir tersebut pada petugas sekolah, tempat NISN diterbitkan. Nantinya formulir yang telah diperbaiki akan dikirim oleh pihak sekolah ke PSD melalui alamat email pdsp@kemdiknas.go.id.

Cara Cek Nomor Induk Siswa Nasional

Apabila kamu mengalami kendala seperti pihak sekolah terdahulu tidak menerbitkan NISN, padahal pihak sekolah yang saat ini meminta, kamu bisa mengurusnya dengan cara cek Nomor Induk Siswa Nasional terlebih dahulu.

Untuk mengecek NISN, kamu bisa menggunakan dua cara, yaitu berdasarkan NISN (bila sudah memiliki) dan menggunakan nama serta tanggal dan tempat lahir (bila belum mengetahui). Tapi sebelum itu, kamu harus mengakses laman resmi Kemendikbud terlebih dahulu di https://nisn.data.kemdikbud.go.id/page/data melalui handphone ataupun laptop. Berikut penjelasan kedua cara cek Nomor Induk Siswa Nasional tersebut.

1. Cara mengecek berdasarkan NISN

Melakukan pengecekan NISN bisa kamu lakukan dengan cara yang satu ini. Langkah-langkahnya cukup mudah, kamu hanya perlu masuk ke laman resmi yang telah disebutkan sebelumnya. Lalu masukkan NISN dan nama ibu kandung pada kolom ‘Pencarian Berdasarkan NISN’. Setelah itu akan muncul hasil pencarian NISN lengkap beserta nama, jenis kelamin, tempat dan tanggal lahir.

2. Cara mengecek berdasarkan nama

Cara cek Nomor Induk Siswa Nasional lainnya adalah dengan berdasarkan nama. Cara ini ditujukkan untuk siswa yang belum mengetahui NISN nya sendiri.

(Baca juga: 5 Pilihan Bisnis Modal Kecil Seputar Dunia Pendidikan)

Langkah-langkah pengecekannya hampir serupa dengan yang sebelumnya, hanya saja untuk cara satu ini kamu tinggal memilih kolom ‘Pencarian Berdasarkan Nama’. Lalu, masukkan nama siswa, tempat dan tanggal lahir, serta nama ibu.

Kemudian sistem akan secara otomatis menampilkan hasil pencarian berupa info NISN, nama siswa, jenis kelamin, serta tempat dan tanggal lahir.

Manfaat Nomor Induk Siswa Nasional

Lewat NISN, pemerintah dapat memantau riwayat pendidikan para siswa di seluruh Indonesia. Karena sejatinya nomor ini tidak hanya bermanfaat untuk mengindentifikasi setiap siswa saja, namun juga bermanfaat untuk mendukung program Dapodik (Dana Pokok Pendidikan) dalam menerapkan program perencanaan pendidikan, baik itu di tingkat kota, provinsi maupun pusat.

Biasanya NISN itu berlaku seumur hidup, jadi kamu tidak perlu repot-repot lagi mengurusnya ketika memasuki jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Bagaimana mudah bukan cek Nomor Induk Siswa Nasional nya? Selaraskan dengan menggunakan produk dana pendidikan dari CekAja.com ya.  Akses sekarang dan dapatkan beragam keuntungannya.

Tentang Penulis

Ayunindya Annistri

Penulis amatir yang hobi merantau