Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

Serba-serbi Dana Darurat yang Bisa Jadi Penyelamat di Masa Depan

by Rafly Aditia on 10 Mei, 2016

dana darurat _ investasi - CekAja.com

Dana darurat adalah pengetahuan finansial yang harus kamu pahami. Mengapa demikian? Karena dana darurat punya peranan penting dalam perencanaan keuangan. Untuk mengelola keuangan dengan baik, maka kamu harus dapat menyisihkan sebagian pendapatan kamu untuk dana darurat.

Bahkan, bagi kamu yang belum berkeluarga, kesadaran betapa pentingnya menyisihkan uang untuk segala keperluan yang membutuhkan dana. Nah, kali ini tim CekAja.com menjelaskan serba-serbi mengenai dana darurat yang bisa jadi penyelamat keuangan kamu di masa depan:

Minimal 3 kali pengeluaran bulanan

Saat berbicara tentang dana darurat, kamu pasti bertanya-tanya berapa banyak yang harus disisihkan? Berdasarkan data yang diambil dari situs perencana keuangan ternama moneyunder30, banyak ahli mengatakan bahwa minimal 3 kali pengeluaran bulanan dan maksimal 12 kali pengeluaran bulanan.

Semua tergantung seberapa besar risiko yang dapat terjadi di masa depan. Tetapi, biasanya untuk kamu yang masih jomblo dan berusia di bawah 30 tahun cukup menyisihkan 3 kali pengeluaran bulanan saja.

Strategi siapkan dana darurat

Banyak cara dan strategi yang bisa dilakukan dalam menyisihkan dana darurat. Tetapi, sebaiknya kamu menyisihkan dana darurat dalam suatu produk keuangan yang mudah diakses, likuid dan aman. Untuk itu, hindarilah menjadikan tabungan dana darurat dalam bentuk investasi tanah, rumah, atau apartemen.

Alasannya, pencairannya membutuhkan waktu yang cukup lama. Simpel saja, kamu bisa memanfaatkan rekening tabungan sebagai tempat menyimpan dana darurat atau investasi reksa dana.

(Baca juga: Empat Hal yang Bisa Menyebabkan Kamu Pensiun dalam Keadaan Miskin)

Manfaatkan tabungan rencana

Khusus bagi kamu yang ingin menyimpan dana darurat dalam rekening tabungan, buatlah tabungan rencana. Hal ini akan membantu kamu dalam menyisihkan dana darurat sesuai yang kamu tetapkan. Lewat fitur autodebet yang ada, maka gaji bulanan kamu akan terpotong secara otomatis dan disimpan dalam dana darurat.

Hal ini sangat bermanfaat dan membuat kamu disiplin dalam mengatur keuangan khususnya menyisihkan dana darurat.

Kegunaan dana darurat

Sekarang, apa sih kegunaan dana darurat? Banyak sekali kegunaan dana darurat, antara lain:

  1. Perjalanan mendadak ke luar kota atau ke luar negeri
  2. Kendaraan rusak berat
  3. Mengalami kecelakaan di jalan raya
  4. Tiba-tiba mengalami pemutusan hubungan kerja atau dipecat
  5. Sakit dan butuh biaya pengobatan mahal.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami