Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

Serba-serbi KTA Syariah, Pinjaman Dana Halal dengan Berbagai Kelebihan

by Rafly Aditia on 14 Juni, 2016

Kredit Tanpa Agunan (KTA) merupakan salah satu produk keuangan terbaik yang dikeluarkan oleh bank. Dengan KTA, nasabah bisa meminjam uang tanpa perlu menjaminkan sesuatu. Tidak hanya berupa produk konvensional, banyak bank juga menawarkan KTA syariah.

Lantas, apa saja perbedaan antara KTA konvensional dan KTA syariah. Apa saja keunggulan KTA syariah dibandingkan produk konvensional. Supaya pemahaman kamu mengenai KTA lebih detil, berikut beberapa hal yang perlu diketahui tentang KTA syariah:

Urusan fasilitas sama saja

Soal urusan fasilitas, dapat dibilang kalau KTA syariah dan KTA konvensional tidak jauh berbeda. KTA syariah juga memiliki fasilitas yang tidak kalah lengkap dengan KTA konvensional. Pastinya segala fasilitas tersebut bertujuan untuk memudahkan para nasabah dalam bertransaksi.

Contohnya ada fasilitas internet banking, kemudahan pembayaran cicilan, dan berbagai fasilitas lain.

(Baca juga: Meski Harus Bertanding, Deretan Bintang Sepakbola Dunia Ini Tetap Berpuasa)

Meminjam sekaligus berzakat

Satu hal yang menjadi nilai tambah dari pinjaman KTA syariah adalah pinjam sekaligus berzakat. Maksudnya begini, apabila kamu menggunakan produk syariah termasuk KTA maka sama saja dengan berpartisipasi aktif untuk membayar zakat.

Mengapa demikian? Karena setiap keuntungan yang diperoleh dari bank syariah 2,5% persennya pasti disalurkan untuk zakat. Zakat ini disalurkan kepada mereka yang berhak, ketentuannya sebagaimana yang berlaku dalam agama Islam.

Ada aturan main yang berbeda

Biasanya, plafon yang diberikan dalam produk KTA syariah besarannya cukup terbatas. Mulai dari Rp 5 juta hingga Rp 200 juta dengan waktu pinjaman yang pastinya cukup bervariasi. Nah, syarat yang dimiliki setiap bank juga berbeda tergantung peraturan dan kebijakan masing-masing.

Namun, bank syariah biasanya bakal meminta agunan berupa rumah, kendaraan atau jaminan yang lainnya. Apabila pinjaman yang diminta lebih dari Rp 30 juta dan lebih dari tiga tahun, maka diberlakukan pinjaman dengan agunan.

(Baca juga: Kebiasaan Makan Ketika Puasa yang Bikin Badanmu Tidak Melar Saat Lebaran)

Sudah pasti halal

Untuk urusan halal atau haram, produk yang dikeluarkan oleh bank syariah termasuk KTA sudah dijamin kehalalannya. Hal ini memang cukup sensitif, pasalnya tidak sedikit orang beranggapan bahwa meminjam uang pada bank konvensional diharamkan karena menerapkan sistem bunga. Untuk itu, KTA syariah bisa jadi solusi terbaik untuk mencari pinjaman yang halal.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.