Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Serba-serbi Pendaftaran Pegawai Setara PNS, Cek Yuk!

by Miftahul Khoer on 12 Februari, 2019

Pemerintah memberi sinyal tentang kemungkinan terbitnya aturan terkait teknis penerimaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) yang setara PNS. Apakah dengan terbitnya peraturan tersebut bakal bisa langsung mendaftar menjadi pegawai setara PNS?

cpns 2018, rekruitmen pns, cpns

Seperti diketahui, pemerintah menunda pendaftaran PPPK dikarenakan Peraturan Menteri PANRB terkait hal tersebut belum terbit. Padahal, sebelumnya disebut-sebut pendaftaran bisa dilakukan sejak 10 Februari 2019 melalui situs sscasn.bkn.go.id.

Pembukaan Pendaftaran ASN Kembali Molor

Bukan kali pertama pembukaan pendaftaran pegawai pemerintah ini terjadi penundaan alias molor. Pada 2018 lalu, rencana pembukaan lowongan CPNS dijadwalkan dibuka pada bulan Mei. Namun, pendaftaran harus molor karena terdapat pergantian menteri dari Asman Abnur kepada Syarifuddin.

Pembukaan pendaftaran pun dijadwalkan pada bulan Juni. Dan tetap saja kembali molor hingga akhirnya setelah melewati penantian cukup panjang, pandaftaran CPNS dibuka pada September dengan hasil sebanyak 238.015 formasi.

(Baca juga: Aturan Baru, Gaji Pegawai Honorer Bakal Sama Dengan PNS!)

Siapa Saja yang Bisa Daftar Seleksi PPPK?

Tahun ini, pemerintah menyatakan membutuhkan pegawai ASN dari lingkup PPPK. Seperti dikutip dari laman resmi Setkab, rekrutmen PPPK pada tahap I ini meliputi THL (Tenaga Harian Lepas) Penyuluh, Dosen PTN (Perguruan Tinggi Negeri) Baru, serta eks Tenaga Honorer Kategori II (eks THK-II) untuk jabatan Guru (termasuk Guru Kemenag), Tenaga Kesehatan, Penyuluh Pertanian dari yang ada dalam database BKN tahun 2013 dan memenuhi persyaratan Peraturan Perundang-Undangan.

Untuk jabatan guru di lingkungan pemerintah daerah, diusahakan harus mempunyai kualifikasi pendidikan minimal S-1 dan masih aktif mengajar. Sementara untuk tenaga kesehatan mempunyai kualifikasi pendidikan minimal D-III bidang kesehatan dan mempunyai sertifikat (STR) yang masih berlaku (bukan STR internship), kecuali untuk Epidemiolog, Entomolog, Administrator Kesehatan, dan Pranata Laboratorium Kesehatan mempunyai kualifikasi pendidikan D-III/S-1 Kimia/Biologi.

Tahapan Pendaftaran

Ada dua tahapan pendaftaran PPPK. Pertama adalah eks Tenaga Honorer Kategori II yakni kelompok tugas pendidikan dan kesehatan, dosen PTNB, dan penyuluh pertanian THL-TB.  Yang kedua adalah pelamar PPPK kategori umum.

Setiap pelamar harus mengakses situs sscasn.bkn.go.id. dan mengisi semua form pendaftaran. SSCASN atau Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara adalah situs resmi pendaftaran PPPK, PNS, dan Sekolah Kedinasan secara Nasional. Situs itu sebagai pintu pendaftaran pertama seleksi ASN ke seluruh instansi baik pusat maupun daerah dan dikelola oleh Badan Kepegawaian Negara RI sebagai Panitia Seleksi Penerimaan Nasional.

(Baca juga: Sebelum Ikut Seleksi CPNS, Pelajari Dulu 3 Jenis Tes Ini)

Gaji PPPK

Berdasarkan PP 49/2018 pasal 38, PPPK diberikan gaji dan tunjangan. Para tenaga PPPK meski bukan berstatus PNS tetapi akan mendapatkan besaran gaji sama seperti PNS. Mereka ini akan digaji sesuai upah minimum kabupaten/kota (UMK) di daerahnya masing-masing, termasuk diberi tunjangan seperti yang diterima para Aparatur Sipil Negara (ASN).

Hanya saja, PPPK ini tidak memiliki hak pensiun seperti halnya PNS. PPPK bisa menyiapkan sendiri dana pensiunnya, caranya dengan mendaftar ke pengelola pensiun.

Besaran gaji tenaga PPPK ini dilihat dari beban kerja, tanggung jawab jabatan, serta risiko pekerjaan. Gaji yang diberikan kepada para tenaga PPPK ini berasal dari APBN bagi yang bekerja di instansi pusat dan dari APBD bagi mereka yang bekerja di instansi daerah.

Adapun, masa kerja para tenaga PPPK ini akan berakhir ketika perjanjian kerja mereka berakhir, meninggal dunia, berhenti atas kemauan sendiri, melanggar aturan, terjadi tindak pidana, tidak cakap jasmani dan rohani yang berdampak tidak bisa menjalankan kerja, dan adanya perampingan organisasi.

Semoga saja, dalam waktu dekat pendaftaran PPPK ini bisa segera diakses ya. Cukup banyak pegawai honorer atau pun umum yang berharap ingin mengabdi menjadi pegawai ASN untuk melayani masyarakat. Apakah termasuk Anda?

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami