Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

6 menit waktu bacaan

Pinjaman Online Ilegal? Ini yang Perlu Kamu Ketahui

by Kyla Damasha on 14 Januari, 2020

Maraknya pinjaman online ilegal memang sangatlah meresahkan. Meskipun kehadiran dari teknologi sebagian besar memberikan banyak kemudahan di dalam kehidupan masyarakat, namun disisi lain ternyata juga dimanfaatkan oleh oknum tidak bertanggung jawab untuk melakukan tindakan yang bersifat merugikan masyarakat, penipuan berkedok pinjaman online.

pinjaman online ilegal

Semakin kesini, tawaran pinjaman online ilegal semakin menjamur dan bisa datang dari mana saja, mulai dari telepon, SMS, hingga media sosial. Dengan berbagai tawaran menarik nan menggiurkan, tentu saja hal ini tidak jarang membuat sebagian orang justru berhasil terperangkap dan terjerumus ke dalamnya.

Perlu diketahui bahwa terperangkap ke dalam lingkup pinjaman online ilegal tidak hanya akan membuat hidupmu menjadi berantakan, namun juga akan memberikanmu dampak yang bersifat jangka panjang, seperti tersebarnya data pribadi, terlilit hutang yang tak tahu kapan akan berakhir, hingga rasa malu dengan orang-orang terdekat. Mengapa?

Karena ketika kamu terlilit hutang, oknum dari pinjaman online ilegal tidak hanya akan memberikanmu ‘teror’ secara pribadi, melainkan juga ‘teror’ untuk orang-orang disekitarmu. Tentu saja hal satu ini akan sangat mengganggu dan memalukan.

Nah, maka dari itu ada baiknya jika kamu menambah wawasan dan informasi mengenai hal-hal yang perlu diketahui tentang pinjaman online ilegal agar tak jadi korban, seperti yang akan kita bahas kali ini.

Ciri-Ciri Pinjaman Online Ilegal
· Identitas Perusahaan Disamarkan

Ciri-ciri pinjaman online ilegal yang pertama adalah identitas perusahaan yang disamarkan. Sebenarnya tidak hanya pinjaman online ilegal saja, perusahaan yang bergerak di bidang apapun itu akan cenderung terbuka perihal identitas perusahaan mereka agar bisa diketahui oleh banyak orang, mulai dari alamat kantor, nomor telepon, dan sebagainya.

Tetapi, hal tersebut pastinya tidak akan dilakukan oleh perusahaan yang sudah memiliki niat buruk di awal. Sering kali, perusahaan yang mengatasnamakan pinjaman online akan menyamarkan identitas perusahaan termasuk nama karyawan mereka guna menghindari kemungkinan ada nasabah yang melapor ke polisi karena merasa dirugikan atau mencurigai adanya penipuan.

Ketika seluruh identitas disamarkan, maka pihak berwajib akan merasa kesulitan dalam melakukan investigasi ataupun mencari tahu tentang perusahaan tersebut.

· Kemudahan yang Tidak Masuk Akal

Ciri-ciri pinjaman online ilegal selanjutnya yaitu pengajuan pinjaman yang begitu mudahnya. Bahkan saking mudahnya, kamu bisa menganggapnya tidak masuk akal. Sebagai contoh, tidak ada syarat dalam pengajuan ataupun pencairan dana yang begitu cepatnya.

Memang tak jarang perusahaan pinjaman online menawarkan kemudahan guna menarik minat masyarakat. Namun biasanya, pinjaman online terpercaya tidak akan menerima pengajuan begitu saja, melainkan harus melalui berbagai proses terlebih dahulu.

Sebagai contoh, setiap formulir pengajuan dari calon nasabah perlu dilakukan pengecekan terlebih dahulu, mulai dari identitas pribadi hingga kelengkapan persyaratan. Tetapi, jika pengajuannya justru langsung diterima begitu saja, maka patut dicurigai.

· Perhitungan yang Tidak Transparan

Yang dimaksud dengan perhitungan yang tidak transparan adalah pihak pinjaman online yang tidak memberikan struktur perhitungan secara detil kepada nasabahnya.

Mereka hanya memberikan hasil akhir jumlah uang yang harus kamu bayar tanpa memberitahu kira-kira hal-hal apa saja yang telah dimasukan ke dalam jumlah tersebut, entah itu bunga, biaya admin, dan sebagainya.

Ketika kamu mengajukan pinjaman ke perusahaan yang tidak mau memberimu perhitungan secara transparan, maka kamu layak untuk curiga.

· Penagihan dengan Cara Intimidasi

Ciri terakhir yang perlu diketahui tentang pinjaman online ilegal adalah cara penagihan yang cenderung seperti intimidasi. Menurut code of conduct atau dokumen tertulis yang mengatur tentang bagaimana tata cara atau perilaku perusahaan bahwa perusahaan pinjaman online hanya boleh melakukan penagihan kepada nasabah di saat jam kerja saja.

Hal tersebut dikarenakan jika di luar itu, dikhawatirkan akan mengganggu kenyamanan nasabah. Sementara untuk pinjaman online ilegal, mereka tidak berpaku pada peraturan tersebut dan justru menagih nasabah mereka kapan saja dan dimana saja, tanpa kenal waktu.

Tidak hanya itu saja, oknum dari pinjaman online ilegal juga biasanya akan menghubungi orang-orang yang terdapat di dalam kontak nasabahnya sebagai salah satu cara ‘meneror’.

Namun biasanya mereka akan menghubungi orang-orang terdekat, seperti orang tua dan anggota keluarga lainnya.

Risiko Pinjaman Online Ilegal
· Tidak Terdaftar di OJK

Mungkin kamu sudah tahu OJK itu sendiri memiliki fungsi dalam mengawasi dan mengontrol berbagai aktivitas yang dilakukan oleh sektor jasa keuangan, termasuk aktivitas perusahaan pinjaman online.

Maka dari itu, perusahaan pinjaman online yang terpercaya pastinya sudah harus terdaftar di OJK agar seluruh masalah yang dialami oleh nasabah bisa dibantu dan ditangani oleh OJK.

Lalu, bagaimana dengan pinjaman online ilegal? Tentunya mereka tidak terdaftar di OJK, sehingga berbagai aktivitas penipuan yang dilakukan tidak akan bisa ditangani oleh OJK.

Nah, karena tidak berada di bawah pengawasan OJK, maka tentu pengaduan yang dilakukan oleh nasabah kepada OJK mengenai kerugian yang mereka alami pun akan akan sulit untuk ditangani oleh pihak OJK itu sendiri.

(Baca Juga: Inilah Syarat Pengajuan Pinjaman Online!)
· Kemungkinan Data Pribadi Tersebar

Ketika kamu mengunduh aplikasi pinjaman online ilegal melalui handphone, maka biasanya aplikasi tersebut akan meminta akses kepada seluruh data pribadi yang ada di dalam handphone tersebut, termasuk kontak, yang kemudian data tersebut tidak menutup kemungkinan untuk disalahgunakan untuk melakukan penagihan pada nantinya.

Sedangkan untuk pinjaman online terpercaya, biasanya mereka hanya akan meminta izin untuk mengakses Camera, Microphone, dan Location saja pada handphone pengguna.

· Tidak Patuh Peraturan

Biasanya, penggerak perusahaan pinjaman online terpercaya akan mematuhi berbagai peraturan yang ada, salah satunya seperti peraturan dalam menagih hutang ke nasabah. Nah, hal tersebut tidak berlaku untuk pinjaman online ilegal.

Mereka seakan-akan bebas melakukan apapun tanpa tunduk pada peraturan atau perundang-undangan yang ada.

Cara Menghindari Pinjaman Online Ilegal
· Terdaftar di OJK

Pastikan terlebih dahulu bahwa perusahaan pinjaman online yang kamu incar telah terdaftar di OJK. Sebab, tidak semua aplikasi atau situs pinjaman online yang tersebar di masyarakat berada di bawah pengawasan OJK.

Nah, cara mengetahui apakah aplikasi tersebut sudah terdaftar di OJK atau belum dapat dilihat di situs OJK itu sendiri ataupun di dalam aplikasi pinjaman online. Biasanya, pinjaman online terpercaya akan menyertakan lambang OJK di aplikasi atau situs mereka.

· Selalu Baca Syarat dan Ketentuan

Selanjutnya yaitu dengan selalu membaca syarat dan ketentuan. Dalam beberapa kasus, tak jarang pinjaman online yang menjanjikan akan memberikan bonus ataupun tambahan limit pinjaman yang tinggi apabila pengguna mendaftar dan memberi izin akses ke berbagai aplikasi yang terdapat di handphone.

Hal inilah yang harus diwaspadai. Tidak semua aplikasi pinjaman online itu legal dan menjalankan bisnis dengan bertanggung jawab. Jika kamu memberikan akses kepada pinjaman online ilegal, maka tentu akan sangat berbahaya, karena data pengguna dan data lainnya memiliki kemungkinan untuk disalahgunakan.

(Baca Juga: Daftar Pinjaman Online Cicilan Bulanan Terbaik 2020)
· Perhatikan Permintaan Akses Data di Ponsel

Masih melanjutkan poin sebelumnya mengenai pemberian izin akses, selalu perhatikan dan mempertimbangkan permintaan akses dari pinjaman online yang diberikan untuk ponsel kamu.

Jika permintaan akses dianggap di luar kewajaran yang ditentukan oleh OJK, maka ada baiknya jika persetujuan akses segera kamu tolak.

Disarankan agar masyarakat segera menghindari pinjaman online yang memberikan bunga tinggi dan tidak menerapkan pengamanan data yang baik, guna kenyamanan dan keamanan bersama.

Banyaknya lembaga pinjaman online yang ada saat ini mungkin terkadang membuatmu sedikit kesulitan untuk menentukan, pinjaman online manakah yang terpercaya.

Nah, jika kamu tengah membutuhkan dana darurat dan ingin mengajukan pinjaman ke pinjaman online, yuk segera ajukan saja di CekAja.com.

Tidak hanya telah terdaftar di OJK, CekAja.com juga menawarkan bunga yang kompetitif dengan proses pengajuan yang cepat dan mudah. Selain itu, kamu juga bisa melakukan perbandingan lho mengenai jenis pinjaman apa yang sesuai dengan kebutuhan dan kesanggupan.

Bingung memilih pinjaman online terpercaya? Di CekAja.com saja!

Tentang Penulis

Kyla Damasha

Usia Hanyalah Angka, Wajah Tetap Harus Awet Muda