Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Sering Cek Saldo BNI Ternyata Bisa Memutus Siklus Generasi Sandwich

by CekAja on 22 Maret, 2019

Banyak generasi muda Indonesia yang terjebak sebagai generasi sandwich. Istilah untuk menyebut orang-orang usia produktif yang harus membiayai hidup orang tua yang sudah pensiun, sekaligus memenuhi kebutuhan si buah hati. Analoginya persis seperti sandwich, dengan daging ham yang terjepit di antara dua lembar roti.

Namun tahu kah kamu, kalau upaya memutus siklus ketergantungan orang tua kepada anak ketika lanjut usia nanti seharusnya bisa dimulai dari diri sendiri?

Syarat utamanya tentu saja kamu harus rajin memutar uang yang kamu miliki sekarang ke instrumen-instrumen investasi yang menguntungkan untuk jangka panjang. Imbal hasil yang besar dari investasi tersebut nantinya bisa kamu gunakan untuk menghidupi diri dan suami/istri kamu secara mandiri ketika sudah tua nanti.

(Baca juga: 8 Jurus Hemat Anak Kos untuk Bertahan Hidup di Tanggal Tua)

Atau, kamu bisa mulai mengoleksi aset-aset yang nilainya terus meningkat setiap tahun. Salah satunya adalah tanah. Beli tanah sekarang juga ketika harganya masih terjangkau. Lalu kumpulkan uang untuk membangun kos-kosan 10 pintu di atasnya. Niscaya, saat tua nanti kamu masih bisa mengkamulkan uang hasil sewa kos-kosan untuk kebutuhan sehari-hari dan juga liburan.

Cara cek saldo BNI

Nah kamu pasti bakal terpacu untuk lebih rajin memupuk kekayaan demi masa tua yang bahagia jika kamu tahu cara cek saldo PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI). Sebab setiap kali kamu cek jumlah uang yang tersimpan di BNI belum cukup untuk beli tanah dan membangun kos-kosan, pasti hal tersebut akan membuatmu geregetan untuk menabung lebih banyak lagi.

Cara cek saldo BNI kini juga bisa dilakukan dengan tiga cara, yaitu:

  • Cek Saldo BNI via ATM

Gunakan kartu ATM kamu di mesin ATM kemudian tekan nomor PIN-nya. Selanjutnya, pilihlah menu bahasa Indonesia atau bahasa Inggris lalu pilih menu informasi saldo.

  • Cek Saldo BNI via Mobile Banking

Bila kamu sudah mengunduh aplikasi BNI Mobile Banking, lakukan proses registrasi di cabang bank terdekat agar bisa menggunakannya. Masukkan ID dan mobile PIN kamu agar bisa login di aplikasi tersebut. Kemudian, pilih menu rekeningku lalu pilih tabungan dan giro. Aplikasi tersebut akan segera menampilkan jumlah saldo tabungan yang kamu miliki.

  • Cek Saldo BNI via Internet Banking

Proses pendaftaran akun internet banking BNI bisa dilakukan secara mudah di kantor cabang BNI terdekat. Staf customer service akan membantu kamu melakukan proses registrasi dan menentukan PIN. Setelah itu baru kamu bisa mengakses https://ibank.bni.co.id dan melakukan login. Kamu tinggal memilih menu informasi rekening bila ingin mengecek jumlah saldo tabungan.

Selain mengetahui cara cek saldo tabungan kamu di bank, simak beberapa tips lain yang bisa kamu lakukan untuk bisa cepat kaya demi memutus mata rantai generasi sandwich.

1. Kurangi sifat konsumtif

Masyarakat modern terbiasa menggunakan pendapatannya untuk bersenang-senang dan membeli barang yang disukai. Sebenarnya hal ini sah-sah saja bila dilakukan dalam batas wajar. Namun, jangan terlalu sering membeli barang-barang yang sebenarnya tidak kamu butuhkan. Akibatnya, barang yang sudah dibeli malah mubazir dan menguras isi tabungan.

2. Rintis bisnis sampingan

Banyak orang tua yang menjadi beban hidup bagi anak pasca pensiun karena tidak memiliki penghasilan tetap lagi. Padahal, sebenarnya hal tersebut bisa diatasi dengan merintis bisnis sampingan. Alangkah lebih baik bila upaya merintis bisnis sampingan dilakukan sejak dini secara mandiri maupun bersama pasangan. Ketika memasuki masa pensiun nanti, bisnis sampingan bisa diandalkan sebagai pendapatan utamamu.

3. Siapkan tabungan pensiun

Salah satu sumber penghasilan yang bisa menjamin hidup kamu pasca pensiun adalah tabungan pensiun. Biasanya tabungan pensiun adalah gabungan dari potongan gaji per bulan dan dana khusus yang disiapkan perusahaan. Semakin cepat kamu memiliki tabungan pensiun, maka semakin besar pula jumlah dana yang bisa dikumpulkan. Tabungan pensiun akan mencukupi kebutuhan hidup kamu dan pasangan di masa tua nanti.

4. Belanja di tempat termurah

Jangan meremehkan penghematan yang bisa kamu lakukan ketika berbelanja. Kamu bisa menghemat puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah jika berbelanja di tempat yang tepat. Setiap supermarket memiliki perbandingan harga yang berbeda satu sama lain. Ada supermarket tertentu yang rata-rata harga barangnya jauh lebih murah daripada kompetitor.

(Baca juga: 5 Cara Mudah Persiapkan Dana Pendidikan untuk Anak)

Apabila memungkinkan, kamu juga bisa berbelanja di pasar tradisional yang kualitas barangnya pasti baik dan harganya sangat terjangkau. Dengan demikian, akan ada lebih banyak sisa uang untuk ditabung.

5. Jalani pola hidup sehat

Pola hidup sehat memiliki hubungan erat dengan kondisi finansial. Dengan menjalani pola hidup sehat secara konsisten sejak muda, kemungkinan besar kamu akan terhindar dari berbagai penyakit kronis yang akan menguras isi tabungan.

Selain itu, dengan tetap bugar di usia tua maka buah hati kamu tidak perlu repot mendampingimu setiap waktu. Jika memungkinkan, mulailah berlangganan asuransi kesehatan sejak muda dengan memilih manfaat proteksi yang paling sesuai dengan kebutuhan.

Pengalaman finansial yang berat karena harus menanggung seluruh kebutuhan keluarga jelas menjadi pelajaran berharga di masa mendatang. Disinilah CekAja hadir dan membantu kamu lebih melek finansial sehingga mampu mempersiapkan kebutuhan masa tua sebaik mungkin. Kamu juga bisa memilih beragam produk investasi yang memberi imbal hasil menarik di marketplace finansial pertama di Indonesia ini.

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami