Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Sering Lupa? Ini Tips Supaya Kamu Selalu Ingat Menabung

by Ariesta on 11 Januari, 2016

tips menabung - CekAja.com

Sampai sekarang, tidak sedikit orang yang masih mengalami kesulitan dalam hal menabung. Ragam alasan mengikuti kesulitan itu, salah satunya adalah karena ‘lupa’. Terus saja baca artikel ini, karena kamu akan diberikan strategi bagaimana bisa lebih disiplin untuk menabung.

Oleh Urminsky, profesor marketing di University of Chicago Booth School of Business ingin mengetahui tentang bagaimana orang memutuskan untuk menghabiskan atau menyimpan uang yang dimiliki. “Jika sekarang kamu memiliki sejumlah kecil uang atau jumlah yang lebih besar di masa depan, apa yang akan kamu lakukan dengannya?”

Jawaban dari pertanyaan tersebut membantu menjelaskan banyak hal tentang perilaku manusia , termasuk berapa banyak kita menabung untuk pensiun, apakah kita memiliki dana emergensi, dan  bahkan pilihan kesehatan seperti apakah kita lebih memilih makan dessert di cafe atau daftar ke gym. Penelitian Urminsky telah menyelidiki bagaimana hubungan manusia dengan diri mereka di masa depan mempengaruhi seberapa besar kemungkinan untuk menabung. Semakin peduli seseorang dengan masa depannya, semakin termotivasi ia untuk menabung.

Tapi sayangnya, banyak orang tanpa sadar menghabiskan uang mereka karena lupa kalau menabung itu penting. Atau bisa bisa juga mereka ingat tapi tidak peduli. Apakah kamu siap menabung lebih banyak? Ini tiga strategi agar kamu menabung lebih banyak berdasarkan penelitan Urminsky.

Berhenti sebelum membeli

Urminsky bilang, setiap kamu akan membeli sesuatu, berhenti lalu tanyakan pada diri sendiri, “Apakah barang ini pantas untukku? Apakah harganya wajar? Apakah aku benar-benar membutuhkannya?”

(Baca juga: 7 Langkah Efektif Atur Anggaran Bulanan Bagi Anda yang Masih Boros)

Sekecil apapun pembellianmu, hal ini tetap berdampak pada pengurangan saldo di rekening. Kemudian Urminsky menyarakankan kamu untuk membayangkan hal-hal apa saja yang bisa dibeli jika kamu menahan pembelian kecil berulang kali.

Secangkir kopi di kafe seharga Rp 30.000 jika dikalikan 10 setara dengan harga kamar hotel untuk satu malam. Sedikit demi sedikit, uang untuk membeli hal-hal kurang penting bisa membiayai liburanmu selama seminggu. Dengan membayangkan keuntungan di masa depan, kamu akan semakin termotivasi untuk menabung.

Membuat daftar prioritas

Buatlah daftar hal-hal apa saja yang harus didulukan dan daftar pengeluaranmu setiap hari. “Kapanpun kamu sedang merencanakan keuangan, membuat daftar prioritas dan pengeluaran akan menumbuhkan kebiasaan berhemat,” jelas Urminsky lagi.

(Baca juga: Cara untuk Bisa Menabung Rp 1 Juta Bagi Fresh Graduate)

Buatlah suatu kondisi sulit untuk menghabiskan uang

Strategi ini cukup menjebak karena kehidupan modern telah memudahkan setiap transaksi. Sebut saja kartu kredit, m-banking, internt banking, dan berbagai kemudahan lainnya. Tinggal satu klik dan pemesanan online pun selesai.

“Menghabiskan uang lewat kartu kredit kini menjadi terlalu mudah,” kata Urminsky . “Di masa lalu orang menaruh uang mereka di amplop terpisah agar tidak terpakai.”

(Baca juga: Mau Lebih Kaya di 2016? Tes Diri Kamu dengan 5 Pertanyaan Ini)

Terutama untuk kamu yang hobi belanja online, cara paling ampuh adalah memutus kemudahan transaksi seperti nomor kartu kredit di akun dan menonaktifkan internet banking. Semakin rumit transaksinya, semakin kamu berpikir dua kali sebelum membeli. Berani mencoba?

Kalau tabunganmu sudah banyak, jangan lupa membuat deposito agar keuntungan makin berlipat.

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami