Sering Ngantuk Saat di Kantor? Usir dengan 5 Cara Berikut

Bekerja selama 8 jam atau lebih di sebuah ruangan setiap harinya memang merupakan hal yang cukup membosankan. Apalagi kamu bekerja dengan duduk di ruangan yang dingin dan suasana yang hening. Tidak heran bila rasa kantuk sangat mungkin menghampiri.

Mengantuk saat bekerja memang cukup mengganggu apalagi bila saat itu kamu memiliki banyak sekali pekerjaan yang harus diselesaikan, tentunya kamu akan dirugikan bila rasa kantuk terus menghampirimu saat kamu bekerja karena dapat memperlambat dan membuat cara kerjamu menjadi kurang efektif bahkan bisa saja membuat hasil kerjamu berantakan nantinya.

Nah, maka dari itu kamu harus mengusir sesegera mungkin saat rasa kantuk datang menghampirimu di kantor. Berikut ada 5 cara yang dapat kamu lakukan untuk mengusir rasa kantuk yang kerap kali menghampirimu saat bekerja di kantor;

Keluar Ruangan Segera

Apabila rasa kantuk menghampirimu, kamu harus keluar dari ruangan sesegera mungkin. AC, lampu dan layar komputer yang berada di ruanganmu merupakan salah satu pemicu rasa kantuk, jadi kamu perlu mengistirahatkan otak sejenak dengan cara keluar dari ruanganmu dan mengambil nafas untuk menyegarkan pikiran selama kurang lebih 15 menit.

Kamu bisa jalan-jalan keliling komplek kantormu, atau sekedar keluar kantor sambil melihat orang yang lalu-lalang di sekitarmu untuk sekedar me-refresh pikiranmu.

(Baca Juga: 5 Tips Menabung Untuk Masa Tua Bagi Pekerja Kantoran)

Main Game Jadi Pilihan yang Tepat

Rasa kantuk hadir ketika otak sudah mulai letih dalam melakukan hal yang itu-itu saja. Oleh karena itu, kamu bisa mengajak otakmu sedikit bermain dengan melakukan hal-hal yang tidak membosankan seperti bermain game.

Cukup dengan bermain game ringan seperti sudoku, bounce, catur atau yang lainnya kamu dapat membuat otakmu tetap terjaga di tengah-tengah bosannya rutinitas yang kamu lakukan di kantormu.

Nonton film action atau horror

Saat kamu merasa bosan dan tidak bisa keluar kantor di saat yang bersamaan, pasti rasa kantuk akan coba menggodamu di meja kerjamu. Untuk itu, kamu dapat melawan kantukmu dengan menonton film action atau film horror yang dapat mengejutkan adrenalinmu.

Seperti yang kita ketahui, film action dan film horror memberikan efek kejut dan memompa adrenalin seseorang sehingga orang akan menjadi lebih terjaga dan waspada.

Lakukan Beberapa Gerakan Olahraga

Ketika rasa kantuk mulai menyerangmu pada saat jam kerja, kamu dapat melakukan gerakan olahraga ringan seperti flapping jacks, push up, burpees, dan sebagainya. Buatlah seluruh anggota badanmu bergerak dan sedikit berkeringat, karena hal tersebut dapat meningkatkan sedikit detak jantungmu dan mempercepat aliran oksigen menuju ke otak.

Tentunya hal ini akan membuat rasa kantukmu hilang karena seluruh tubuh dan pikiranmu akan menjadi waspada serta tetap terjaga saat berolahraga.

(Baca Juga: Olahraga di Kantor, Bisakah?)

Dengarkan lagu favorit

Kamu dapat mengusir kantuk yang melanda dengan cara mendengarkan lagu favoritmu yang memiliki beat cepat atau biasa disebut upbeat music. Dengan hentakan-hentakan yang ada dalam lagu upbeat, kamu dapat mengajak tubuhmu sedikit bergoyang sehingga energi tambahan akan memasuki tubuhmu dan membantumu untuk melewati hari-hari membosankan di kantor.