Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

3 menit waktu bacaan

Setelah Lebaran Bisa Beli Rumah, Begini Strateginya

by Ariesta on 4 July, 2017

beli rumah setelah Lebaran _ KPR - CekAja.com

Punya target punya rumah sebelum akhir tahun? Karena tahun 2017 hanya tinggal enam bulan lagi, wajib untuk benar-benar fokus pada target, setidaknya mengumpulkan DP/uang muka rumah.

Kalau target punya rumah sendiri di tahun ini, maka menabung mesti jadi prioritas utama. Karena kalau tidak, rumah akan semakin tidak terjangkau karena harganya makin tinggi. Bingung menyiapkan strateginya? Sontek strategi dari CekAja berikut ini.

Gunakan sisa THR untuk menambah DP rumah

Kalau punya target beli rumah, harusnya kita bisa menggunakan THR secara bijak. Beli baju lebaran boleh saja, tapi jangan habiskan semua tambahan uang bonus tahunan tersebut. THR yang besarnya satu kali gaji sangat berkontribusi menambah tabungan dan dapat dijadikan DP kredit rumah.

Misalnya gajimu Rp6 juta per bulan. Kalau setiap bulan sejak Januari kamu rutin menabung Rp2 juta, berarti sampai Juni sudah terkumpul Rp12 juta. Ditambah THR Rp6 juta, kamu sudah punya Rp18 juta. Jika diteruskan menabung sampai Desember maka akan terkumpul Rp30 juta. Angka ini sudah memenuhi 10% dari harga rumah Rp300 juta dan kita akhirnya miliki uang muka kredit rumah.

Manfaatkan suka bunga murah

Nah kalau tabungan untuk DP sudah terkumpul, saatnya membandingkan produk Kredit Pemilikan Rumah (KPR) yang menawarkan bunga paling murah. Mumpung masih suasana lebaran, kamu bisa mengajukan aplikasi KPR BRI karena ada program suku bunga mulai dari 7,90%.

Manfaatkan suku bunga tetap

Jika biasanya suku bunga KPR konvensional naik turun, Paket Lebaran KPR BRI 2017 menawarkan suku bunga tetap hingga 10 tahun! Tentunya keuntungan ini membuat kita lebih mudah dalam memperkirakan cicilan per bulannya. Tidak perlu khawatir jika cicilan rumah menjadi lebih mahal karena naiknya suku bunga.

Memilih tenor panjang

Memilih tenor alias jangka waktu kredit lebih panjang adalah salah satu trik agar nominal cicilan per bulan lebih murah. Namun tidak semua bank menyediakan tenor hingga 20 tahun. Bank BRI melalui program Paket Lebaran KPR BRI menawarkan tenor hingga 20 tahun untuk nasabah.

Tenang karena biaya provisi murah

Dalam rangka membeli rumah secara KPR, bukan hanya jumlah DP dan cicilan saja yang harus dihitung, melainkan biaya-biaya lainnya seperti biaya provisi. Biaya provisi adalah biaya yang dibebankan oleh pihak perbankan atau debitur kepada kreditur sebagai imbalan atau jasa karena telah menyetujui pinjaman yang diajukan.

Biaya provisi juga sering disebut biaya administrasi yang gunanya membiaya segala keperluan yang berkaitan dengan proses kredit. Sering kali biaya lain-lain luput dari perhitungan.

Namun jika mengajukan Paket Lebaran KPR BRI 2017, kita hanya perlu membayar 0,5% saja dari total pinjaman di saat bank lain ada yang mematok sampai 3%. Jika nilai pinjaman Rp400 juta, maka biaya provisi yang dibayarkan hanya Rp2 juta saja.

Selain keuntungan di atas, kamu juga akan mendapatkan hadiah langsung berupa voucher MAP, Carrefour, atau Centro senilai hingga Rp5 juta.

Tunggu apa lagi? Program Paket Lebaran KPR BRI 2017 hanya berlaku sampai 31 Juli 2017. Yuk ajukan dan miliki rumah idamanmu tahun ini dengan cicilan yang lebih terjangkau sekarang juga.

Tentang Penulis

×

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami