Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

Setelah Rumah Terbeli, Perjuangan Belum Usai Karena Ada Pengeluaran Besar ini

by Tisyrin N. T on 24 Maret, 2017

kpr online _ kredit rumah - CekAja.com

Perjuangan untuk memiliki rumah sendiri terbilang panjang. Setelah bersusah payah mengumpulkan uang muka, mengikuti sederet proses pengajuan Kredit Pemilikan Rumah (KPR), hingga akhirnya diterima, perjuanganmu masih belum usai.

Agar rumahmu siap huni, kamu harus mengeluarkan dana ekstra untuk berbagai hal yang mencakup renovasi hingga pembelian perabotan. Untuk urusan membeli perabotan rumah, tak usah ditanya lagi, kamu memang harus melakukannya.

Sementara, untuk urusan renovasi, kamu mungkin bertanya-tanya, apa yang harus direnovasi pada rumah baru? Yang jelas, kamu harus menyiapkan dana ekstra jauh-jauh hari agar tidak kelimpungan kelak. Sebab, cicilan Kredit Pemilikan Rumah tentu sudah cukup besar. Berikut ini hal-hal urgen dan umum dilakukan mereka yang akan menempati rumah baru beserta estimasi biayanya.

Renovasi dapur

Tak sedikit hunian baru di perumahan yang belum memiliki dapur siap pakai. Kamu akan menjumpai tanah kosong di bagian belakang rumah atau hanya menemukan dapur yang terbuka. Kamu harus menyiapkan dana Rp5 juta–Rp16 juta untuk menyempurnakan bagian dapur rumahmu.

Contoh, apabila kamu harus membangun dapur dengan sistem borongan penuh, akan mengeluarkan Rp3 juta–Rp4 juta/m2. Jika luas dapur 4 m2, maka biayanya Rp12 juta–Rp16 juta.

Mengisi rumah dengan perabotan

Nggak mungkin kan kamu menempati rumah tanpa perabotan sama sekali? Kamu harus menyiapkan beberapa perabotan utama untuk menunjang aktivitas dalam rumah. Siapkan setidaknya Rp2 juta untuk membeli tempat tidur (belum termasuk Kasur), Rp2 juta untuk membeli satu set kursi ruang tamu, Rp1,5 juta untuk satu set meja makan, dan Rp750.000 untuk satu set lemari pakaian.

Kamu juga perlu membeli beberapa peralatan penting lainnya seperti kompor, mesin cuci, televisi, dan kulkas. Untuk kebutuhan ini, cari diskon yang bisa meringkankan beban belanjamu, misalnya dengan menggunakan promo kartu kredit.

Pasang kanopi

Kanopi tergolong perlengkapan yang penting untuk melindungi rumah dari panas dan hujan. Ketika kamu akan mengundang keluarga besar untuk syukuran rumah baru atau arisan, tentu akan lebih nyaman jika rumahmu telah memiliki kanopi. Mereka bisa duduk-duduk di depan rumahmu tanpa khawatir panas atau hujan. Harga kanopi sekitar Rp250.000/m2.

Pasang pagar

Selain kanopi, bagian depan rumah juga kerap memerlukan pagar demi keamanan dan kenyamanan. Namun untuk urusan yang satu ini kamu bisa menyesuaikan diri dengan situasi dan kondisi sekitar. Jika memang harus menggunakan pagar, harganya kurang lebih Rp350.000/m2.

Mengecat ulang

Tak sedikit orang yang langsung mengubah warna catnya ketika akan menempati rumah baru. Warna cat asli rumah yang kamu beli juga bisa jadi tidak sesuai seleramu. Siapkan dana Rp30.000/m2 untuk melakukan ini.

Tentang Penulis

Tisyrin N. T

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami