Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Setelah Virus Corona Mereda, Berbagai Wisata Seru di Jambi Ini Bisa Kamu Kunjungi

by Anes Saputra on 26 Maret, 2020

Sebagai sebuah provinsi, Jambi memang bisa dibilang kota kecil dibandingkan beberapa provinsi lain di Pulau Sumatera. Meski begitu, bukan berarti provinsi ini tidak memiliki objek wisata yang menarik untuk dikunjungi.

aplikasi safe travel kementrian luar negeri

Apalagi sama seperti banyak daerah lain, selain wisata alam dan sejarah, Jambi juga memiliki berbagai objek wisata buatan yang menjadi dan memiliki nilai tambah bagi daerah tersebut.

Mau tahu destinasi wisata di Jambi? Berikut daftarnya! Eh tapi, jalan-jalan ke sananya setelah pandemic virus Corona atau Covid-19 ini mereda ya. Saat ini, kamu cukup baca-baca saja artikel dari CekAja.

1. Gentala Arasy

Gentala Arasy - Setelah Virus Corona Mereda Berbagai Wisata Seru di Jambi Ini Bisa Kamu Kunjungi

Sama seperti banyak wilayah Sumatera yang berbau Islami, di Jambi juga terdapat museum yang berisi dengan berbagai koleksi Agama Islam. Museum ini memiliki koleksi yang berasal dari berbagai cara, termasuk hibah, beli, ataupun pinjaman dari perseorangan ataupun lembaga.

Selain itu, lokasi ini juga makin menarik karena pemerintah membangun Jembatan Gentala Arasy, yang sangat cocok untuk menikmati pemandangan kota pada sore dan malam hari.

2. Museum Siginjei

Museum Siginjei - Setelah Virus Corona Mereda Berbagai Wisata Seru di Jambi Ini Bisa Kamu Kunjungi

Museum Siginjei dibangun pada tahun 1981 oleh Masjchun Syofwan, SH yang kala itu menjabat sebagai Gubernur Jambi dan sejak itu pula museum ini menjadi salah satu wisata populer kala libur di Jambi.

(Baca juga: 34 Pakaian Adat dari Berbagai Provinsi Terlengkap)

Wisata Museum di Jambi ini didirikan dengan semangat untuk menjaga kebudayaan Jambi agar tidak luntur dari generasi ke generasi. Banyak koleksi yang dapat dilihat dan pelajari dari Museum Siginjei ini mulai dari koleksi yang berkaitan dengan geologi hingga arkeologi Jambi.

3. Candi Muaro Jambi

Candi Muaro Jambi - Setelah Virus Corona Mereda Berbagai Wisata Seru di Jambi Ini Bisa Kamu Kunjungi

Candi Muaro Jambi adalah candi yang utama di tempat wisata komplek percandian terkenal Muaro Jambi. Jadi jika mengunjungi candi ini, pasti akan dengan mudah menemukan Candi Tinggi.

Candi Tinggi juga sebenarnya hanya nama belaka, pasalnya ketinggian candi ini hanya 7,6 meter saja. Meski begitu, objek wisata candi ini juga menjadi lokasi favorit seperti layaknya objek wisata di Pulau Jawa.

4. Gunung Kerinci

Gunung Kerinci - Setelah Virus Corona Mereda Berbagai Wisata Seru di Jambi Ini Bisa Kamu Kunjungi

Gunung Kerinci juga sangat menarik dikunjungi meski hanya oleh beberapa orang saja, terutama bagi mereka para petualang. Gunung Kerinci adalah gunung berapi terkenal dengan puncak tertinggi di Indonesia dan juga Pulau Sumatera. Gunung ini sekaligus menjadi gunung tertinggi kedua di Indonesia setelah Jaya Wijaya di Papua.

Objek wisata di Jambi ini menawarkan suasana sejuk dan pemandangan pagi hari yang memukau. Pada musim kemarau, para pendaki biasanya kerap menjadikan Puncak Gunung Kerinci sebagai salah satu puncak yang harus ditaklukan.

5. Air Terjun Kolam Jodoh

Air Terjun Kolam Jodoh - Setelah Virus Corona Mereda Berbagai Wisata Seru di Jambi Ini Bisa Kamu Kunjungi

Air Terjun Kolam Jodoh terletak di Kawasan Geopark Merangin. Selain sangat indah, air tejun ini memiliki kisah menarik dibaliknya, yaitu kolam ini dipercaya dapat mendekatkan jodoh orang yang mandi di air terjun tersebut. Meski jodoh menjadi kekuasaan Yang Maha Kuasa, banyak orang yang datang untuk sekadar menikmati pemandangan. Selain itu, di dekat lokasi juga terdapat teluk yang tidak kalah indah, Teluk Wang.

6. Telago Biru

Telago Biru - Setelah Virus Corona Mereda Berbagai Wisata Seru di Jambi Ini Bisa Kamu Kunjungi

Di Kawasan Merangin menjadi lokasi yang paling banyak keindahan alam yang tidak bisa ditolak untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Telago Biru, alias Telaga Biru, yaitu telaga dengan air yang biru bak air laut. Lokasi indah ini menjadi objek wisata favorit dan terkenal. Pada zaman sekarang banyak anak muda menjadi lokasi ini sebagai objek foto untuk media sosial sembari ngopi.

7. Taman Telun Berasap

Taman Telun Berasap - Setelah Virus Corona Mereda Berbagai Wisata Seru di Jambi Ini Bisa Kamu Kunjungi

Taman Telun Berasap berada di kawasan Taman Nasional Gunung Kerinci. Taman ini cocok bagi mereka yang ingin menikmati keindangan Jambi tidak tidak mendaki.

(Baca juga: Warisan Budaya Asli Indonesia yang Diakui UNESCO Selain Borobudur)

Objek wisata Jambi favorit ini amat populer dengan air terjunnya yang memiliki ketinggian mencapai 50 meter, serta percikan air yang jatuh ke permukaan air membuat efek asap disekitaran tempat wisata air terjun.

Di sekitar air terjun ini terdapat pondok yang memungkinkan pengunjung menikmati pemandangan air terjun tersebut dari ketinggian. Jika cukup berani, bisa naik ke atas air terjun untuk mendapatkan pemandangan berbeda.

Perlu diketahui, Air Terjun Telun Berasap bukanlah air terjun yang memungkinkan untuk melakukan loncatan dari atas ke bawah air terjun, karena dasar air terjun tersebut tidak dalam dan berbatu di tepi alirannya.

8. Pulau Berhala

Pulau Berhala - Setelah Virus Corona Mereda Berbagai Wisata Seru di Jambi Ini Bisa Kamu Kunjungi

Pulau ini merupakan kecil dan juga terpencil di pesisir Pulau Sumatera yang dihuni oleh warga lokal. Pulau ini juga menjadi salah satu pulau terluar di Indonesia yang menjadi perbatasan Indonesia. emandangan khas di pantainya adalah batu-batu besar.

Nama Berhala sendiri berasal dari nama raja yang dulu menguasai Jambi. Sang raja dimakamkan di pulau yang menjadi objek wisata Jambi tersebut. Di Pulau Berhala, pengunjung juga bisa menyaksikan penyu yang bertelur.

Kalau kamu mencari lokasi menarik dan belum terlalu ramai, Jambi bisa sekali loh jadi pilihan!

Bagi kamu yang suka jalan-jalan ke daerah yang belum terjamah, kini tentu kamu tidak perlu khawatir lagi takut kekurangan uang. Ajukan saja kredit tanpa agunan (KTA) dari JULO yang sangat mudah didapatkan.

JULO menawarkan bunga yang rendah yaitu mulai dari 0,1 persen per harinya. Apalagi tenornya juga cukup panjang dan bisa dicicil hingga 6 bulan.

JULO juga menawarkan cashback hingga ratusan ribu, bonus jutaan rupiah dengan sebar kode referral, serta berbagai hadiah lainnya. Jadi tunggu apalagi? Ajukan pinjaman online JULO sekarang juga lewat CekAja.com dan jelajahi banyak destinasi menarik di Indonesia!

Tentang Penulis

Anes Saputra

Artikulasi Sinekdoke