Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

Setiap Mengajukan Pinjaman KTA untuk Modal Bisnis Selalu Ditolak, Ini Penyebabnya

by Rafly Aditia on 24 Maret, 2017

pinjaman modal bisnis_kredit tanpa agunan - CekAja.com

Kredit Tanpa Agunan (KTA) merupakan produk keuangan yang belakangan diminati masyarakat sebagai sumber modal bisnis.

Tidak hanya itu, pinjaman tanpa agunan juga sering digunakan sebagai sumber dana untuk keadaan darurat. Banyak orang pun memilih pinjaman KTA sebagai solusinya karena mudah dan cepat. Walau begitu, tidak sedikit yang gagal dalam mengajukan KTA. Apa penyebabnya?

Tidak punya kartu kredit

Salah satu penyebab utama seseorang gagal mendapatkan KTA adalah tidak memiliki kartu kredit. Yup, kebanyakan bank mewajibkan kamu memiliki kartu kredit sebagai syarat mengajukan KTA.

Hal ini tentu sangat berdasar mengingat pinjaman yang diajukan adalah pinjaman tanpa agunan maka Bank memerlukan catatan kredit yang jelas agar nasabah yang terpilih memang dapat dipercaya dan bertanggungjawab atas pinjaman.

Jumlah pinjaman yang diajukan terlalu besar

Hal kedua yang perlu kamu ketahui, mungkin selama ini pinjaman yang diajukan terlalu besar. Pinjaman yang besar maka menghasilkan cicilan bulanan yang besar, apabila pendapatan bulananmu cenderung beda tipis dengan jumlah cicilan yang akan dibebankan nantinya, maka bank tidak perlu pikir dua kali untuk menolak pinjaman KTA yang diajukan.

Oleh karena itu, jika ingin mengajukan pinjaman KTA pastikan bahwa jumlah pinjaman yang kamu ajukan masuk akal dan proporsional jikadibandingkan dengan penghasilan.

Catatan BI Checking terlampau buruk

Apabila kamu memiliki catatan kredit yang buruk, seperti sering menunggak cicilan kendaraan atau mungkin pernah gagal bayar beberapa kali. Maka dapat dimaklumi kalau kamu tidak pernah berhasil mendapatkan persetujuan setiap mengajukan pinjaman KTA.

Maka dari itu, sebaiknya kamu betul-betul serius dalam menangani cicilan bulanan agar catatan BI Checking tidak buruk. Sehingga jika ingin mengajukan KTA kamu bisa dengan mudah mendapatkannya.

Data yang kamu berikan tidak valid

Selain itu, mengapa pinjaman KTA yang kamu ajukan ke bank selalu ditolak bisa jadi karena pemberian data yang tidak valid. Yup, misalnya untuk urusan pendapatan bulanan, status pekerjaan, dan sebagainya.

Pihak bank tentu akan sangat ketat dalam menyeleksi nasabah yang dapat dipercaya untuk mendapatkan pinjaman KTA. Maka dari itu, jangan sekali-kali berbohong atau memasukkan data yang tidak valid kalau kamu ingin pinjaman KTA disetujui oleh bank.

Apabila mengajukan KTA tak kunjung berhasil, kamu bisa beralih untuk mengajukan kredit dengan agunan yang peluangnya lebih besar untuk diterima.

Tentang Penulis

Rafly Aditia

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami