Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

Si Kecil Susah Makan? Coba 4 Makanan Murah nan Bergizi yang Sangat Disenangi Bayi Ini

by Rafly Aditia on 22 Mei, 2016

Memberikan asupan bergizi pada bayi gak harus selalu mahal lho. Dibandingkan membeli makanan dan asupan instan lain yang harganya bisa bikin pusing kepala, sebenarnya kamu bisa memilih kembali sejumlah makanan tradisional yang justru lebih segar, sehat dan bergizi.

Sebenarnya, ada beberapa makanan yang sering diberikan oleh orang tua kita dulu punya manfaat kesehatan yang baik untuk si kecil. Dengan makanan ini, biaya kesehatan si kecil bisa makin hemat karena bikin bayi doyan makan. Soal harga, pastinya juga lebih hemat dibandingkan makanan instan  a la supermarket. Berikut 4 makanan murah nan bergizi untuk bayi :

Bubur tim

Untuk para ibu yang ingin memberikan asupan bergizi tinggi, bubur tim berisikan sayuran dan daging ayam bisa jadi pilihan. Tidak sampai Rp 50 ribu, kamu sudah bisa membuatkan si kecil bubur tim dengan isi sayuran seperti wortel, buncis, jagung, daging ayam dan sebagainya untuk makan selama tiga hari sekaligus. Tentunya, ini jauh lebih murah dibandingkan harus membeli bubur instan yang dijual di supermarket.

Pisang

Berdasarkan situs ahli gizi ternama fatsecret, pisang memiliki banyak sekali kandungan yang bermanfaat bagi bayi. Mulai dari kandungan potasium, serat, vitamin B, vitamin C dan kalium dapat memenuhi kebutuhan nutrisi si kecil. Terutama, kandungan kalium dalam pisang bermanfaat bagi tekanan darah serta menyehatkan fungsi jantung.

Namun, sebaiknya kamu memberikan makanan padat seperti pisang ketika si kecil berumur 4-6 bulan. Karena pada rentang usia tersebut, bayi baru bisa menerima dana mencerna makanan padat. Harga pisang juga tidak mahal, kurang dari Rp 20 ribu kamu bisa mendapatkan pisang satu sisir yang bisa menjadi jatah makan bayi selama beberapa hari.

Alpukat susu

Bagi bayi yang sudah berusia 6 bulan ke atas, berbagai macam menu bisa dicoba. Selain menu di atas, kombinasi antara alpukat dan susu juga bisa jadi pilihan. Campurkan alpukat dengan susu si kecil, lalu aduk secara merata hingga teksturnya menyerupai bubur.  Sebagai makanan pendamping ASI, bubur alpukat susu yang kaya akan kandungan lemak tak jenuh dapat pertumbuhan otak dan fisik si jagoan dan putri kesayangan.

(Baca juga:  Asal Mau Capek, Cara Ini Bikin Mama Muda Bisa Lebih Hemat)

ASI

Terakhir, yang tidak boleh dilewatkan adalah Air Susu Ibu atau ASI. ASI merupakan makanan pokok bagi bayi sampai berusia dua tahun, banyak sekali manfaat yang diberikan oleh ASI. Bahkan, menurut sebuah penelitian yang diluncurkan oleh University of Western Australia menemukan fakta bahwa anak-anak yang mendapatkan asi selama enam bulan memiliki tingkat kecerdasan yang lebih tinggi.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.