Membuka akses finansial untuk jutaan masyarakat Indonesia

24 sec. read

Siap Meminang Gadis Dari Daerah Ini, Artinya Kamu Sudah Punya Uang Banyak

by Surtan Siahaan on 24 Maret, 2016

pernikahan sederhana selebriti _ kredit tanpa agunan - CekAja.com

Jangan berani-berani menikah jika uang kamu belum cukup, terlebih jika kamu ingin menggelar pesta pernikahan adat tertentu. Bisa-bisa, kamu dan pasangan gagal berbulan madu karena uang sudah habis. Atau lebih parah lagi, utang yang menumpuk bisa jadi sumber permasalahan di kemudian hari.

Maklum, pernikahan adat di Indonesia memang mahal. Pesta pernikahan adat tertentu bahkan membutuhkan dana hingga ratusan juta rupiah. Namun, jika sudah cinta, kamu harus berjuang untuk mengumpulkan biaya nikah tersebut. Oleh karenannya, persiapkan dan lakukan perencanaan keuangan secara matang sebelum memutuskan menikah.

Adat Batak

Untuk menikahi gadis Batak lengkap dengan pesta adatnya, kamu harus menyiapkan uang ratusan juta rupiah. Mungkin kening kamu berkerut sembari bertanya kenapa biayanya bisa semahal itu. Besarnya biaya diperlukan untuk uang mahar atau pesta adat.

Di dalam adat Batak, pria memiliki kewajiban membayar mahar pada pihak pengantin perempuan. Orang Batak menamainya Sinamot. Apa itu? Nilai sinamot ini bervariasi. Jumlahnya akan semakin besar jika pihak pengantin pria tidak bertindak selaku pelaksana pesta.

cekaja-pinjaman-tanpa-jaminan-kta-tanpa-agunan

Pesta adat Batak sendiri dilangsungkan sehari penuh. Saat ini pesta biasanya digelar di gedung khusus adat yang bisa menampung 500 hingga seribu orang. Sebelum hari pernikahan, baik mempelai pria dan perempuan juga menggelar rangkaian persiapan yang membutuhkan biaya tidak sedikit. (Baca juga: 15 Trik Hemat Belanja di Supermarket)

Adat Sasak

Ada banyak aturan adat dan tradisi dalam pernikahan adat Sasak. Hal inilah yang membuat pernikahan adat suku yang berada di Lombok ini terkenal mahal. Salah satu tradisinya adalah perhitungan biaya menikah yang ditentukan dari jarak rumah pengantin perempuan.

Semakin jauh jarak rumah pengantin perempuan dari kediaman pengantin pria, maka biaya adatnya akan semakin mahal. Besar kecilnya pesta pernikahan juga ditentukan berdasarkan kasta.

Semakin tinggi kastanya, biasanya pernikahan adatnya juga wajib semakin besar-besaran. Sekadar informasi saja, orang Sasak membagi masyarakatnya dalam empat lapisan yakni Raden, Lalu, Bapak dan Amaq.

Adat Bugis

Jika ingin memperistri gadis Bugis, siapkan kocek yang tebal. Apalagi jika gadis tersebut memiliki latar belakang pendidikan tinggi dan keluarga terpandang. Sebab, uang mahar atau yang disebut dengan Panaik akan semakin tinggi.

Di Bugis berlaku cara ukur Panaik yang unik. Apa itu? Yaitu di mana tinggi rendahnya uang mahar ditentukan oleh strata pendidikan. Jika gadis yang kamu nikahi bergelar sarjana atau lebih tinggi lagi, uang Panaik bisa mencapai puluhan bahkan ratusan juta rupiah.

Uang tersebut belum termasuk perhiasan emas dan tanah yang harus diberikan pada keluarga mempelai perempuan. (Baca juga: Wow, Gaji Rektor Ternyata Bisa Mengalahkan Direktur Perusahaan)

Kalimantan Selatan

Meminang perempuan dari daerah ini juga tergolong mahal. Biasanya, pihak laki-laki wajib menyediakan dana yang besar untuk mahar yang disebut orang Kalimantan Selatan sebagai Jujuran. Selain mahar, pihak pengantin pria juga wajib menyediakan kebutuhan rumah tangga seperti ranjang, lemari atau alat kosmetik hingga membiayai pesta pernikahan.

rp_CekAja-Daftar-Kartu-Kredit-belanja-online-harbolnas- CekAja.com

Tentang Penulis

×

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami