Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Siap-Siap, Beberapa Ruas Tol Ini Bakal Naik Lagi Tarifnya!

by Gito on 6 November, 2019

Jelang akhir tahun, beberapa ruas tol di ibukota dan juga daerah lain akan mengalami penyesuaian. Beberapa perusahaan pengelola jalan tol juga telah mengajukan kenaikan tarif di masing-masing ruas tol yang dikelolanya. Jika tidak ada aral melintang, belasan ruas tol siap mengalami penyesuaian tarif.

tarif tol

Adanya hal itu sebenarnya bukanlah hal baru bagi bisnis jalan tol. Pasalnya dalam Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) sudah diatur mekanisme terkait kenaikan tarif. Hal tersebut merupakan rangkaian kegiatan dari skema pengembalian investasi yang sudah disepakati sebelumnya.

Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) selaku badan usaha yang bertanggung jawab dalam pengusahaan jalan tol mulai dari proses pendanaan hingga pemeliharaan jalan tol memang memiliki hak untuk mengajukan penyesuaian tarif tol setiap dua tahun sekali.

Dalam UU No 38/2004 tentang Jalan dan Peraturan Pemerintah No 15/2005 tentang Jalan Tol juga disebutkan, tarif tol dapat disesuaikan setiap dua tahun dengan mempertimbangkan tingkat inflasi yang dirilis oleh Badan Pusat Statistik (BPS).

Nah berikut merupakan ruas tol yang kabarnya akan mengalami penyesuaian tarif. Simak yuk. Beberapa diantaranya merupakan ruas tol yang sering kamu lalui lo.

(Baca juga: Asyik! Ibu Kota Baru Bakal Dilalui Jalan Tol Balikpapan-Samarinda)
Ruas tol Jagorawi

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit pernah mengatakan, ada 13 ruas tol yang akan mengalami kenaikan tarif sampai dengan akhir tahun ini. Termasuk diantaranya adalah Tol Jagorawi dan juga Tol Jakarta – Tangerang.

Ruas tol Jakarta – Bogor – Ciawi (Jagorawi) merupakan jalan tol pertama di Indonesia yang mulai dibangun pada tahun 1973. Mulai diresmikan di Maret 1978, Jagorawi akhirnya berhasil menghubungkan 3 wilayah dengan panjang jalan mencapai 59 kilometer.

Mengacu pada data BPJT, tol Jagorawi merupakan salah satu dari 5 ruas tol yang memliki volume lalul lintas tertinggi di Indonesia. Pada tahun 2017 volume lalu lintas di ruas tol tersebut mencapai 188.758.759 kendaraan.

Adapun nilai investasi pembangunan ruas tol ini pada saat itu mencapai Rp350 juta untuk tiap kilometernya (mengacu pada kurs saat itu).

Tol ruas Simpang Susun Tomang – Tangerang Barat – Cikupa

Ruas tol ini sudah resmi mengalami penyesuaian pada tanggal 2 November lalu. Adapun kenaikan tarifnya bervariasi, mulai dari Rp500 hingga Rp5.000.

Seperti untuk kendaraan Golongan I, tarifnya mengalami penyesuaian menjadi Rp7.500 dari sebelumnya Rp7.000. Lalu untuk kendaraan Golongan II juga disesuaikan menjadi R11.500 dari tarif sebelumnya Rp9.500.

Untuk kendaraan Golongan III turun dari Rp.12.000 menjadi Rp11.500. Untuk kendaraan yang masuk dalam Golongan IV juga turun menjadi Rp15.000 dari tarif awal Rp16.000 dan kendaraan Golongan V yang menjadi Rp15.000 dari tarif awal Rp20.000

Ruas tol ini masuk dalam tol Jakarta – Tangerang yang jika mengacu pada data BPJT memilki volume lalu lintas sebanyak 133.042.272 kendaraan.

Selain dua tol diatas, beberapa ruas tol yang juga bakal mengalami penyesuaian, diantaranya adalah ruas tol Gempol-Pandaan tahap Tol Surabaya-Mojokerto, Tol Palimanan-Kanci, Tol Semarang Seksi A-B-C.

Tol yang ada di dalam kota lainnya seperti Tol Dalam Kota Jakarta (JIUT), Tol Pondok Aren-Serpon juga bakal mengalami penyesuaian. Sementara itu di wilayah Sumatera ada ruas tol Tol Belawan-Medan-Tanjung Morawa dan wilalah timur Indonesia ruas Tol Nusa dua-Ngurah Rai-Benoa dan Tol Surabaya-Gempol.

Nah buat kamu yang sering beraktivitas melalui ruas tol tersebut diatas, pastikan saldo uang elektronik kamu cukup ya. Jangan ngepas. Siapkan untuk jaga-jaga jika ternyata kenaikannya cukup tinggi.

Mengisi banyak saldo di uang elektronik juga tidak ada ruginya kok. Kamu bisa pergunakan untuk belanja di minimarket atau untuk bayar parkir. Lengkapi juga produk finansialmu melalui CekAja.com dan temukan produk keuangan yang cocok untukmu.

Tentang Penulis

Gito

Veritas Vos Liberabit