Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Siap-siap, Tes Seleksi CPNS 2018 Bakal Digelar Serentak di 269 Titik

by Giras Pasopati on 24 Oktober, 2018

Bagi Anda yang berminat menjadi abdi negara dan telah mendaftar seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 sebaiknya segera bersiap-siap. Pasalnya, tes seleksi berbasis komputer akan segera dimulai. Nantinya tes seleksi CPNS tersebut bakal digelar serentak di 269 titik. Nah, kenali juga tes-tes yang akan dilalui tersebut nantinya.

cpns 2018, rekruitmen pns, cpns

Kepala Biro Hubungan Masyarakat Badan Kepegawaian Negara (BKN), Mohammad Ridwan menyatakan bahwa status Seleksi Administrasi Nasional yang memenuhi syarat sebanyak 2.673.733 pelamar sedangkan tidak memenuhi syarat sebanyak 574.233 pelamar.

“Berkas belum terverifikasi sebanyak 215.393 pelamar, sedang diverifikasi sebanyak 164.971 pelamar. Instansi yang telah mengumumkan sejumlah 386. Sedangkan, instansi belum mengumumkan sejumlah 172 instansi,” ujar Ridwan dilansir dari situs resmi Sekretariat Kabinet.

Sementara itu, Ridwan menambahkan bahwa proses pelaksanaan seleksi CPNS 2018 kini bersiap memasuki tahap seleksi berbasis komputer, yang akan digelar serentak mulai pekan keempat Oktober 2018.

(Baca juga: Wow! Jumlah Pelamar CPNS 2018 Terbanyak Sepanjang Sejarah!)

“Range waktu pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) pada 26 Oktober-17 November 2018, dengan kepastian jadwal seleksi masing-masing instansi dapat dilihat pelamar dalam website instansi dan/atau SSCN mulai 25 Oktober 2018,” ujarnya.

Sebagai informasi, sesuai dengan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 637 Tahun 2018 tentang penetapan instansi yang menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) BKN dan CAT UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer), pelaksanaan seleksi CPNS dengan CAT akan berlangsung di 269 titik.

Dar 269 titik tersebut, CAT BKN digunakan di 237 titik yang meliputi 26 titik di Kantor Regional BKN, UPT BKN dan Kantor Pusat BKN; 193 titik di provinsi/kab/kota; 18 titik di Instansi Pusat.

“Sementara CAT UNBK Kemendikbud akan digunakan di 32 titik. Digunakannya CAT UNBK (selain CAT BKN) bertujuan untuk mengoptimalkan pelayanan penyelenggaraan seleksi nasional CPNS ini mengingat banyaknya Kabupaten/Kota yang memperoleh formasi CPNS tahun 2018,” jelas Ridwan.

(Baca juga: Mau Daftar CPNS? Cek 4 Golongan Gajinya!)
Pelaksanaan seleksi CPNS
Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)

Peserta seleksi CPNS yang telah lulus pada seleksi administrasi dari instansi, selanjutnya akan mengikuti Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelejensia Umum (TIU) dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Soal seleksi CPNS dengan sistem CAT berasal dari konsorsium Perguruan Tinggi dan dienkripsi oleh Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

Seleksi Kompetensi Bidang (SKB)

Setelah lulus ambang batas kelulusan (passing grade) SKD, maka sebanyak 3x formasi pada setiap jabatan yang mendapat alokasi formasi akan mengikuti SKB. Rincian penjelasan terkait materi SKB yakni:

    • Materi SKB ditetapkan oleh instansi pembina Jabatan Fungsional
    • Dalam hal instansi pembina jabatan fungsional atau instansi yang membidangi urusan jabatan belum siap menyusun materi SKB, maka soal SKB merujuk pada rumpun jabatan.
  • Materi sebagaimana dimaksud pada huruf (a) dan (b) selanjutnya dikoordinasikan dan diintegrasikan ke dalam sistem CAT BKN dan CAT UNBK.

Mengenal 3 Jenis Tes CAT

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, Tes Kompetensi Dasar (TKD) meliputi 3 jenis tes seleksi CPNS berbeda yakni Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Berikut perbedaan dari ketiganya:

  1. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)

TWK merupakan tes yang menguji seberapa besar pengetahuan Anda terhadap kebangsaan dan kewarganegaraan Indonesia. Mulai dari soal Pancasila, UUD 1945, sejarah perjuangan bangsa, sampai sistem tata negara. Berikut contoh soalnya:

Hubungan sosial yang selaras, serasi, seimbang antara individu dan masyarakat, dijiwai oleh nilai-nilai Pancasila, yaitu;

A. Sila pertama
B. Sila kedua
C. Sila ketiga
D. Sila keempat
E. Sila kelima

Jawabannya adalah B, sila kedua karena merepresentasikan kemanusiaan bagi seluruh rakyat Indonesia yang sama dengan ilustrasi pada soal.

(Baca juga: Ini Berbagai Kemudahan Pendaftaran CPNS 2018)
  1. Tes Intelegensi Umum (TIU)

Dalam tes ini, Anda akan disuguhi soal-soal berupa pengetahuan verbal dan numerik. Verbal misalnya sinonim, antonim, atau padanan kata suatu kalimat. Termasuk kemampuan berpikir logis berupa silogisme serta analitis dalam soal spasial. Kalau numerik, berisi soal hitungan dasar seperti aljabar dengan deret angka.  Cek contoh soalnya di bawah ini:

Supir : Mobil

A. Pesawat : Pilot
B. Kuda : Pedati
C. Masinis : Kereta Api
D. Delman : Kusir
E. Pilot : Masinis

Jawaban dari soal padanan kata di atas yaitu C. Masinis sama dengan supir yang berarti predikat,dan kereta api sama dengan mobil yang merupakan objek. Maka dari itu, keduanya dinyatakan sepadan.

(Baca juga: Ini Tahapan Pendaftaran CPNS 2018)
  1. Tes Karakteristik Pribadi (TKP)

Untuk soal TKP, Anda baru boleh memilih jawaban yang paling bagus di antara yang lain. Sebaiknya pun jujur dalam menjawab soal, mengingat jawaban tersebut bisa mencerminkan kepribadian Anda. Adapun contoh soalnya adalah:

Saat saya sedang tidak sibuk dan secara mendadak diminta menggantikan tugas teman yang dirawat di rumah sakit, maka saya akan

  1. Mempelajari tugas tersebut sebelum diminta
  2. Dengan segera menyanggupi untuk menggantikannya
  3. Meminta dia untuk mencari teman lain yang dapat mengganti
  4. Mempertimbangkan untuk menerima tugas tersebut
  5. Mencarikan teman lain untuk mengganti

Di tipe soal seperti ini, tidak ada jawaban yang pasti benar. Masing-masing jawaban memiliki nilai terendah 1 dan tertinggi 5. Intinya semakin bijak jawaban, semakin tinggi pula nilainya.

Tentang Penulis

Penulis dan mantan jurnalis. Penikmat sate kambing, musik punk dan rock. Senang membaca buku sejarah dan sastra.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami