Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Siapin 5 Hal Ini Agar Traveling Bisa Jalan Terus Meski Berpuasa

by Teti Purwanti on 10 Mei, 2019

Jalan-jalan atau bahasa kerennya traveling memang candu. Kamu yang sudah kecanduan tentu tidak bisa menahannya bahkan di bulan Ramadan. Hobi ini mungkin kok kamu lakukan asal dengan persiapan dan cara yang benar.

tips traveling _ asuransi perjalanan - CekAja.com

Kamu tentu tidak ingin melewatkan bulan suci yang datangnya setahun sekali ini bukan? Agar perjalanan kamu lancar sambil tetap beribadah puasa, begini tipsnya:

  1. Pilih waktu yang tepat dan bawaan seperlunya

Sebagai profesional di bidang ini tentu kamu juga sudah memilih destinasi perjalanan menuju kawasan ramah muslim. Selain bisa menjalani puasa dengan pengalaman dan tempat baru, kamu juga bisa belajar bagaiamana kebiasaan warga lokal dalam menjalankan ibadah puasa.

(Baca juga: 5 Hal Ini Ternyata Bisa Bikin Kamu Batal Puasa)

Karena itu pilihlah yang tepat, bahkan saat di perjalanan. Misalnya, pilihlah siang hari sekalian atau malam hari usai Tarawih kalau kamu harus berada dalam kendaraan umum dalam jangka waktu yang panjang.

Kamu bisa mengisi waktu sambil membaca Al-Quran, buku, atau bahkan tidur saja untuk menghemat tenaga. Lagipula tidur saat berpuasa merupakan pahala, jadi kamu bisa bebas tidur tanpa rasa bersalah.

Kamu juga harus memperhatikan soal barang bawaan, karena ini bulan Ramadan, kamu juga tentu tidak akan melewatkan Idul Fitri di negara entah berantahkan? Karena itu, dengan perjalanan yang singkat, bawalah bawaan seperlunya saja.

Usahakan baju-baju yang kamu bawa adem dan ringan, sehingga membuat kamu nyaman jalan-jalan di siang hari tanpa kegerahan yang membuat kamu merasa haus.

  1. Catat jadwal solat dan imsak negara tujuan

Memilih untuk jalan-jalan di bulan Ramadan, sebetulnya menempatkan kamu sebagai musafir. Namun, kalau kamu sehat kau tentu wajib menjalankan ibadah puasa dan juga salat lima waktu.

Catatlah jadwal salat lima waktu, termasuk waktu berbuka, dan juga imsak. Pastikan pula, kamu tahu berapa jam kamu harus menjalankan ibadah puasa di negara orang, sebab jadwal puasa setiap negara berbeda. Kamu tentu tidak memilih kawasan dengan puasa lebih dari 16 jam bukan?

  1. Sahur yang sehat dan bergizi

Sahur saat puasa Ramadan wajib hukumnya. Selain itu, setelah seharian berjalan-jalan kamu tentu tidak ingin melewatkan waktu makan sebelum kembali berpuasa bukan?

Meski begitu, jangan juga kamu makan-makanan sembarangan asal kenyang saja, atau yang mudah didapat. Usahakan tetap sahur dengan menu yang sehat, atau setidaknya mengandung serat dan protein.

Usahakan pula kamu sudah meminum air putih secukupnya sehingga seharian penuh saat kamu mengeskplorasi suatu daerah, kamu tidak begitu kehausan.

  1. Vitamin atau suplemen

Karena kamu turis di suatu daerah kamu tentu belum paham bagaimana cuaca di daerah tersebut dapat berubah, ditambah lagi kamu tengah berpuasa. Jangan ambil risiko dan bawalah vitamin atau suplemen apapun agar kamu tidak mudah sakit.

(Baca juga: Tren Traveling 2019, Mana Pilihanmu?)

Apalagi saat ini juga vitamin memiliki banyak pilihan sehingga kamu bisa mencari yang paling pas untuk kamu. Termasuk juga minyak-minyakan yang akan membantu kamu tidur lebih nyaman di malam hari. Kamu tentu butuh istirahat yang cukup selain makanan bergizi dan suplemen yang pas.

Ini juga termasuk payung, topi, dan jas hujan, bawalah ketiga benda tersebut agar kamu siap dengan kondisi apapun yang akan mengganggu kesehatan kamu.

  1. Sediakan kudapan dan air putih di tas

Poin ini sebetulnya bukan hanya harus kamu lakukan saat kamu jalan-jalan keluar kota di bulan puasa. Bahkan kalau kamu pekerja di Jakarta dengan rumah di daerah penyangga kamu juga melakukan ini bukan?

Umumnya sih kamu bisa menyediakan air putih dan buah kurma seperti anjuran Nabi Muhammad SAW. Namun, tidak ada salahnya kalau kamu mencoba kue atau minuman khas buka puasa di suatu negara yang baru pertama kali kamu kunjungi. Sehingga akan lebih baik kalau kamu sudah siap di daerah tertentu untuk membatalkan ibadah puasa kamu.

Apakah semua hal tersebut sudah kamu siapkan untuk perjalanan kamu? Selamat puasa dan menjelajah. Jangan lupa lindungi diri kamu dengan asuransi perjalanan yang dapat kamu pilih sesuai kebutuhan lewat CekAja.com.

Widget TRV Insurance

Tentang Penulis

Ibu penuh waktu. Penulis setengah waktu. Jurnalis di sisa waktu.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami