Simak 10 Film Drama Korea Paling Sedih, Wajib Tonton!

9 min. membaca Oleh Nadhillah Kusindriani on

Film drama Korea menjadi salah satu cara yang tepat untuk killing time. Bagaimana tidak, pasalnya aktor dan aktris yang memainkan drama sangat menarik perhatian. Terlebih, jika film drama Korea paling sedih sudah diputar, waktu terasa berhenti sejenak karena kita sibuk terbawa suasana.

film drama korea paling sedih

Korea memang dikenal sebagai negara dengan film drama yang mampu mengaduk emosi penontonnya. Tak heran jika akhir dari film drama Korea tidak selalu bahagia, namun juga ada yang berakhir tragis.

Kemampuan akting aktor dan aktrisnya pun patut diacungkan jempol. Sebab mampu menarik emosi penonton untuk ikut merasakan suasana dan situasi di dalam drama film tersebut. Penasaran, apa saja film drama Korea paling sedih? Yuk, kita simak bersama-sama daftarnya di bawah ini.

5 Film Korea Paling Sedih

Pada kesempatan kali ini, CekAja.com akan membahas 10 drama film Korea paling sedih. Di mana akan terbagi menjadi dua bagian, yaitu lima film dan lima drama Korea. Di bawah ini lima daftar film Korea paling sedih yang telah CekAja.com rangkum untuk kamu.

1. Miracle in Cell No. 7

Durasi : 127 menit

Pemeran : Ryu Seung-ryong, Kal So-won, Park Shin-hye, dan lainnya.

Di Posisi pertama ada film Miracle in Cell sebagai film Korea paling sedih. Film yang rilis pada 2013 ini bercerita tentang single parent, tepatnya seorang ayah bernama Yong-Goo yang memiliki kondisi cacat mental dan harus mengurus putrinya yang bernama Ye-Seung seorang diri.

Suatu hari Yong-Goo dituduh sebagai pemerkosa dan pembunuh seorang anak kecil. Ia dimasukkan ke penjara tepatnya di sel no. 7, dan dihukum mati karena tindak kejahatan yang tidak dilakukannya.

Ketika berada di penjara, Yong-Goo menyelamatkan kehidupan salah satu narapidana yang berada satu sel dengannya yaitu Yang-Ho. Hingga akhirnya Yang-Ho berjanji akan membantu Yong-Goo apapun keinginannya.

Pada saat itu keinginan Yong-Goo hanya satu, yaitu bertemu dengan putri semata wayangnya. Seiring berjalannya waktu, putrinya Ye-Seung bertambah besar dan berusaha untuk mengungkap kebenaran dari kasus ayahnya. Saat itu lah, keajaiban cinta antara anak dan ayah dimulai.

Menempati posisi pertama sebagai film drama Korea paling sedih versi CekAja.com, Miracle in Cell No. 7 memiliki rating IMDb sebesar 7,0. Selain itu, film ini akan dibuat versi Indonesia yang akan diperankan oleh aktor ternama seperti Tora Sudiro dan Vino G. Bastian.

(Baca Juga: 7 Film Tentang Virus Mematikan, Mirip di Kota Wuhan!)

2. A Werewolf Boy

Durasi : 126 menit

Pemeran : Song Joong Ki, Park Bo-young, Yoo Yeon-seok dan lainnya.

Film drama Korea paling sedih selanjutnya adalah A Werewolf Boy. Film yang diperankan oleh aktor terkenal Song Joong Ki ini, rilis pada 31 Oktober 2012. Film ini berkisah tentang seorang nenek bernama Kim Sun-yi mengingat kembali masa lalunya saat ia berusia 17 tahun.

Di mana, pada lima puluh tahun yang lalu, ia menjumpai seorang anak laki-laki dengan sosok seperti serigala di dalam gudang. Kemudian anak laki-laki tersebut dirawat oleh ibu Sun-yi dan diberi nama Chul Soo.

Semakin lama Sun-yi semakin dekat, hingga akhirnya Chul Soo jatuh cinta pada satu-satunya orang yang memberikan kasih sayang padanya. Namun saat kondisi terdesak, naluri hewannya muncul dan membuat penduduk di sekitar desa tersebut merasa takut.

Bagian paling sedih di film ini adalah ketika Sun-yi terpaksa meninggalkan Chul Soo dan memintanya untuk menunggu sampai ia kembali. Pada saat itu, Sun-yi berusaha menyelamatkan Chul Soo yang selalu ada dan bersedia mempertaruhkan nyawanya.

Film Korea yang satu ini mendapat rating dari IMDb sebesar 7,4. Tidak hanya itu, A Werewolf Boy juga mendapatkan sejumlah penghargaan, diantaranya Penghargaan KOFRA Film Award 2013 sebagai Discovery Award, Penghargaan Grand Bell Award 2013 Best Supporting Actress, dan beberapa penghargaan lainnya.

3. Wedding Dress

Durasi : 109 menit

Pemeran : Song Yun-ah, Kim Hyang-gi, Kim Myeong-gook dan lainnya.

Berikutnya adalah Wedding Dress sebagai film Korea paling sedih. Film ini terfokus pada sosok ibu bernama Ko-woon yang diperankan oleh Song Yoon Ah menceritakan bahwa dirinya didiagnosa terkena penyakit kanker dan tidak memiliki sisa waktu yang banyak.

Seorang single mother yang bekerja menjadi desainer gaun pernikahan ini, memiliki satu-satunya putri kesayangan bernama So Ra yang diperankan oleh Kim Hyang-gi.

Ketika mendapat diagnosa tersebut, Song Yoon Ah langsung berusaha mewujudkan semua keinginan anaknya, salah satunya adalah membuatkan gaun pernikahan untuk So Ra. Hal tersebut ia lakukan tanpa sepengetahuan istrinya.

Namun sebaliknya, ternyata apa yang dilakukan Song Yoon Ah selama ini diketahui oleh So Ra. Secara diam-diam, So Ra melakukan hal yang sama dengan ibunya, yaitu mengabulkan semua keinginan Song Yoon Ah.

Film keluarga bergenre romantis ini memiliki rating IMDb sebesar 7,6. Dari sinopsis di atas dapat terlihat, bahwa part paling sedih dalam film ini ketika mengetahui seorang ibu dan anaknya berusaha untuk saling membahagiakan satu sama lain.

4. Ode To My Father

Durasi : 127 menit

Pemeran : Hwang Jung-min, Oh Dal-su, Jung Jin-young dan lainnya.

Sebagai film yang tayang pada 2014, Ode To My Father memiliki latar zaman penjajahan Jepang. Film yang sukses di box office Korea ini diperankan oleh beberapa pemain papan atas, salah satunya adalah Hwang Jung-min yang berperan sebagai Deok-soo.

Ode To My Father berkisah tentang seorang anak laki-laki yaitu Deok-soo yang terpisah dengan ayahnya pada masa perang Korea dan harus menjalani kehidupan yang berat sepanjang hidupnya.

Sebelum berpisah dan Deok-soo mengungsi ke rumah bibinya yang membuka toko makanan impor, ayahnya meminta Deok-soo untuk menunggu di toko tersebut hingga ia kembali.

Sejak saat itu, ia bekerja keras untuk menghidupi ibu dan adik-adiknya hingga ia berhasil dan menemukan cinta pertamanya dan menikahinya.

Namun, Deok-soo tetap ingat dengan pesan terakhir ayahnya yang memintanya untuk tetap menunggu beliau di toko bibinya. Meski Deok-soo tahu ayahnya tidak akan pernah kembali, namun ia tetap mempertahankan toko tersebut.

Film drama Korea paling sedih yang satu ini mendapat rating 7,8 dari IMDb.

5. A Moment to Remember

Durasi : 144 menit

Pemeran : Son Ye-jin, Jung Woo-sung, Baek Jong-hak dan lainnya.

Film Korea paling sedih yang terakhir adalah A Moment to Remember. Film yang satu ini diadaptasi dari salah satu serial televisi Jepang berjudul Pure Soul. Berkisah tentang sepasang kekasih bernama Choi Chul Soo dan Su-jin yang di uji kekuatan cinta dan rumah tangganya melalui sebuah penyakit bernama alzheimer.

Penyakit tersebut didiagnosa menyerang Su-jin, yang diperankan oleh Son Ye-jin. Awalnya Su-jin tidak menyadari bahwa dirinya mengidap penyakit yang pada umumnya menyerang orang lanjut usia tersebut, karena tidak merasakan sakit apapun. Namun, kian hari kebiasaannya mulai berubah.

Bagian paling sedih dalam film ini ketika wanita berusia 27 tahun tersebut lupa siapa suaminya saat ini. Su-jin justru memanggil Chul Soo saat itu dengan nama mantan kekasihnya yang dahulu. Hal itu membuat Chul Soo sangat sedih dan mempertanyakan siapa yang sebenarnya Su-jin cintai.

A Moment to Remember mendapat rating 8,2 IMDb. Tidak heran jika film ini menjadi salah satu film Korea paling sedih dan romantis yang bisa bikin kamu auto nangis, khususnya bagi kamu yang masih pacaran.

(Baca Juga: Daftar Film Horor Jepang Paling Seram Sepanjang Masa. Apa Saja?)

5 Drama Serial Korea Paling Sedih

Jika sebelumnya kamu sudah mengetahui daftar film Korea paling sedih, kini saatnya kamu mengetahui lima drama Korea paling sedih yang wajib ditonton. Yuk simak ulasannya berikut ini.

1. 49 Days

Jumlah Episode : 20 Episode

Pemeran : Nam Gyu-Ri, Jung Il-woo, Lee Yo-won, dan lainnya.

Drama Korea paling sedih yang pertama adalah 49 Days. Drama yang satu ini bercerita tentang ketidakberuntungan seorang perempuan yang mengalami kecelakaan sebelum pernikahannya.

Perempuan bernama Ji Hyun ini harus mengumpulkan tiga tetes air mata orang yang tulus dan bukan berasal dari keluarganya selama 49 hari. Namun, tantangannya adalah Ji Hyun tidak bisa menggunakan raganya untuk mengumpulkan tiga tetes air mata tersebut, melainkan harus menggunakan raga orang lain.

Jika selama 49 hari Ji Hyun berhasil mendapatkan tiga tetes air mata tersebut, maka rohnya akan berpindah ke kehidupan selanjutnya.

Drama yang rilis pada 2011 ini mendapatkan rating IMDb sebesar 8.0. Bagaimana, cukup tinggi bukan? Maka dari itu, kamu wajib tonton!

2. Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo

Jumlah Episode : 20 Episode

Pemeran : Lee Joon-gi, IU, Baek Hyun, dan lainnya.

Drama Korea paling sedih berikutnya adalah Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo. Drama yang disutradarai oleh Kim Kyoo-tae ini memiliki tema sejarah dan berkisah tentang seorang wanita dari abad ke-21 bernama Go Ha Jin yang kembali ke masa Dinasti Goryeo.

Go Ha jin yang diperankan oleh Lee Ji Eun ini berubah menjadi sosok Hae Soo yang dikenal oleh penduduk zaman Goryeo. Seiring berjalannya waktu, Hae Soo jatuh cinta dengan Wang So, pangeran keempat yang memiliki karakter dingin, ditakuti dan selalu menyembunyikan wajahnya dibalik topeng.

Tidak disangka, pangeran tersebut juga jatuh hati kepada Hae Soo. Namun berasal dari masa yang berbeda, apakah mereka cinta mereka dapat bersatu? Terlebih banyak hal yang harus diperjuangkan. Penasaran? Langsung saja tonton drama yang satu ini.

Tak heran jika drama ini menjadi salah satu drama favorit dan populer pada 2016 karena rating dari IMDb yang di dapat drama ini cukup besar, yaitu 8,6.

3. Goblin

Jumlah Episode : 16 Episode

Pemeran : Gong Yoo, Kim Go-eun, Lee Dong-wook, dan lainnya.

Film drama Korea paling sedih ketiga adalah Goblin. Dikenal sebagai drama romantis dan sedih, Goblin berkisah tentang seorang panglima perang bernama Kim Shin, yang pada ratusan abad lalu ditusuk dengan pedang miliknya dan mendapat hukuman untuk menjalani hidup di dunia.

Kim Shin yang diperankan oleh Gong Yoo harus menemukan seorang pengantin yang bisa menarik pedang yang ada di tubuhnya agar ia bisa terlepas dari hukuman tersebut dan beristirahat dengan dengan.

Hingga akhirnya Kim Shin yang merupakan seorang Goblin dan pelindung jiwa bertemu dengan Ji Eun Tak, yang ternyata dahulu pernah ia selamatnya dan membuat Ji Eun Tak menjadi pengantin Goblin.

Ketika bertemu, Kim Shin dan Ji Eun Tak melewati batas perasaan yang seharusnya tidak mereka miliki. Perjalanan cinta mereka pun tidak berjalan mulus sesuai dugaan.

Drama yang sangat terkenal pada 2017 ini memiliki rating IMDb sebesar 8,6. Tidak heran jika Goblin mendapatkan rating yang besar, terlebih drama yang satu ini mampu memainkan emosi penontonnya.

4. Uncontrollably Fond

Jumlah Episode : 20 Episode

Pemeran : Kim Woo-bin, Bae Suzy, Lim Ju-hwan, dan lainnya.

Keempat ada Uncontrollably Fond sebagai drama Korea paling sedih yang wajib kamu tonton. Sebab, drama ini bercerita tentang seorang penyanyi terkenal dengan rupa yang tampan bernama Shin Joon Young dan PD Dokumenter yang selalu menegakkan keadilan bernama Noh Eul (Bae Suzy).

Shin Joon Young dan Noh Eul dahulunya merupakan teman kecil hingga akhirnya mereka berpisah dan tidak pernah bertemu lagi. Suatu hari, ketika Joon Young dan Noh Eul beranjak dewasa, mereka dipertemukan kembali dan saling jatuh cinta.

Hanya saja, kisah cinta tersebut tidak bertahan lama. Sebab Joon Young mengidap penyakit serius dan didiagnosa bahwa hidupnya tidak akan lama. Sejak saat itu, beberapa konflik mulai muncul dan mereka harus berpisah kembali karena penyakit yang diderita Joon Young membuat ia meninggal dunia.

Drama dengan rating 7.7 IMDb ini berakhir tragis. Jika kamu menonton drama ini bersama pasangan, dijamin banjir air mata.

5. Kill Me, Heal Me

Jumlah Episode : 20 Episode

Pemeran : Ji Sung, Hwang Jung-eum, Park Seo-joon, dan lainnya.

Terakhir ada Kill Me, Heal Me sebagai drama Korea paling sedih yang wajib kamu tonton. Drama yang rilis pada 2015 ini bercerita tentang seorang cucu dari pemilik perusahaan ternama di Korea (chaebol), bernama Cha Do-hyun yang memiliki penyimpangan memori, sehingga kepribadiannya terpecah menjadi tujuh identitas berbeda.

Cha Do-hyun yang diperankan oleh Ji Sung, mendapat bantuan dari seorang psikiater bernama Oh Ri Jin untuk mengatur tujuh kepribadian Do-hyun yang berbeda, dan mengembalikan kontrol hidupnya secara diam-diam, hingga akhirnya psikiater tersebut jatuh cinta dengan Do-hyun.

Kill Me, Heal Me mendapatkan rating IMDb sebesar 8,3. Drama ini bisa menjadi salah satu alternatif drama yang bisa kamu tonton untuk melepas rasa penat, lho!

Kamu bisa menonton 10 film drama Korea paling sedih di atas di beberapa platform menonton film. Namun, untuk bisa menonton sepuasnya, kamu harus berlangganan dan membayar biaya bulanan menggunakan kartu kredit.

Jika kamu belum memiliki kartu kredit jangan khawatir. Kamu bisa mengajukannya dengan mudah dan cepat hanya di CekAja.com. Ajukan sekarang, yuk!

Tentang kami

Nadhillah Kusindriani

Nadhillah Kusindriani