Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

6 menit waktu bacaan

Simak Cara Mengajarkan Anak Menabung beserta Manfaatnya

by Nadhillah Kusindriani on 6 Maret, 2020

Cara mengajarkan anak menabung mungkin bisa dibilang gampang-gampang susah. Sebab, kamu harus memberikan pengetahuan dasar terlebih dahulu tentang menabung hingga fungsi dan tujuannya.

cara mengajarkan anak menabung

Tidak hanya itu, sebagai orang tua kamu juga harus memberikan contoh baik kepada anak. Karena sejatinya, anak akan mengikuti apa yang dilakukan orang tuanya.

Seperti hal nya menabung, ketika kamu mengajarkan anak untuk membiasakan diri menabung, maka kamu sebagai orang tua pun harus menabung.

Karena sejatinya, menabung menjadi suatu hal yang seharusnya dilakukan oleh semua orang dan dibiasakan sejak dini. Untuk itu, pada kesempatan kali ini CekAja.com akan mengulas beberapa cara mengajarkan anak menabung. Simak bersama-sama, yuk!

(Baca Juga: Pentingnya Asuransi Untuk Anak Bayi Yang Perlu Diketahui Orang Tua)
8 Cara Mengajarkan Anak Menabung

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, menabung memang bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Sebab, tidak semua orang memiliki keinginan untuk menabung.

Maka dari itu menabung harus dibiasakan sejak kecil. Dan di bawah ini adalah delapan cara mengajarkan anak menabung yang berhasil CekAja.com rangkum khusus untuk kamu, di antaranya yaitu:

1. Mengenalkan Uang dan Fungsinya pada Anak Sejak Dini

Cara mengajarkan anak menabung yang pertama adalah mulai mengenalkan uang pada anak sejak dini. Kamu bisa memulainya dengan memperkenalkan nilai-nilai mata uang, bentuk uang hingga fungsi dan kegunaan dari uang itu sendiri.

Dengan begitu, anak juga bisa mulai belajar berhitung. Pasalnya, berhitung menjadi hal yang penting dilakukan oleh anak-anak dengan usia yang masih kecil. Terlebih, berhitung juga dapat merangsang kemampuan daya berpikir anak.

Sejatinya, salah satu fungsi dan kegunaan uang adalah sebagai alat transaksi. Maka dari itu, kamu bisa menyuruh anak untuk memberikan uang kepada penjual saat membeli makanan, minuman atau pun mainan, sebagai praktik dari penerapan fungsi uang.

2. Mengenalkan Konsep Menabung

Setelah kamu memperkenalkan uang beserta fungsinya kepada anak, selanjutnya kamu juga perlu mengenalkan konsep menabung. Sebagai salah satu cara mengajarkan anak menabung, memperkenalkan konsep menabung menjadi hal penting yang wajib kamu lakukan sebagai orang tua.

Hal tersebut bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada anak tentang kegiatan menabung itu sendiri. Kamu bisa memberikan contoh kecil dan gambaran sederhana kepada anak, seperti jika ingin membeli boneka yang besar, kamu harus menabung terlebih dahulu hingga kamu memiliki cukup uang untuk membelinya.

Setelah itu jelaskan pula bahwa dengan menabung, anak bisa membeli dan mewujudkan keinginannya. Dengan catatan, menabung tidak perlu besar, asalkan rutin maka jumlah tabungan mu akan bertambah sedikit demi sedikit.

Selain itu, pastikan juga bahwa anak mendapatkan uang hanya dari orang tua. Bukan dari hasil meminta atau pun meminjam dari orang lain.  

3. Memberikan Pemahaman tentang Kebutuhan dan Keinginan

Cara mengajarkan anak menabung berikutnya adalah berikan pemahaman kepada anak tentang perbedaan antara kebutuhan dan keinginan.

Pasalnya, tidak banyak orang yang bisa membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Maka dari itu, memberikan pemahaman kepada anak menjadi suatu hal penting yang perlu kamu lakukan.

Sejatinya, kebutuhan merupakan sesuatu hal berupa barang atau jasa yang harus dipenuhi manusia untuk keberlangsungan hidupnya. Sedangkan keinginan tidak hanya berbentuk barang atau pun jasa, melainkan segala sesuatu yang tidak memiliki keharusan untuk dipenuhi dalam waktu dekat. Biasanya, keinginan bersifat sementara.

Dengan memiliki pengetahuan tersebut, maka anak nantinya bisa lebih bijak dalam mengatur dan menggunakan uang sebagai mana mestinya.

4. Memberikan Celengan sebagai Media untuk Menabung

Memberikan celengan sebagai media untuk menabung menjadi salah satu cara mengajarkan anak menabung. Pasalnya, celengan menjadi salah satu media yang bisa digunakan anak untuk membiasakan diri menabung.

Kamu bisa memberikan semangat dan dorongan kepada anak untuk lebih giat menabung. Salah satu caranya mengingatkan anak untuk menabung setiap hari.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa memberikan celengan berbentuk hewan atau pun karakter yang anak sukai. Dengan begitu anak akan lebih termotivasi untuk menabung.

5. Membuka Rekening Tabungan

Cara mengajarkan anak menabung yang kelima yaitu dengan mulai membukakan rekening tabungan. Kamu bisa mengajak anak untuk membuka rekening ketika ia sudah memenuhi celengannya.

Namun sebelum disetor ke bank, kamu bisa mengajak anak untuk menghitung uang yang ada di celengan. Dengan begitu, anak akan terkejut melihat jumlah uang yang berhasil ia kumpulkan.

Anak akan semakin termotivasi untuk menabung. Terlebih, perjalanan menuju bank akan menjadi momen yang tidak terlupakan oleh sang anak.

6. Membuat Target

Cara mengajarkan anak menabung yang keenam adalah membuat target. Anak akan lebih bersemangat menabung apabila memiliki target. Entah target untuk membeli mainan impian atau pun barang keinginan anak lainnya.

Dengan membuat target, maka anak akan mengetahui berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menabung membeli barang yang diinginkan. Kamu bisa membuat jangka waktu bersama anak dalam bentuk tabel dan menggambarnya di sebuah kertas.

Buatlah tabel sesuai dengan jangka waktu yang dibutuhkan. Setelah itu, anak akan mengetahui berapa banyak uang yang harus ia sisihkan untuk menabung sampai uang yang dibutuhkan terkumpul sesuai dengan jangka waktunya.

7. Memberikan Hadiah sebagai Apresiasi

Memberikan hadiah sebagai apresiasi menjadi salah satu cara mengajarkan anak menabung. Karena melalui hadiah, anak akan merasa di apresiasi usaha dan keberhasilannya, serta akan semakin bersemangat menabung nantinya.

Hadiah tidak hanya berbentuk barang atau benda saja, melainkan kamu bisa memberikan reward dengan mengajak anak untuk makan enak atau pun memenuhi keinginan sang anak. Baik itu pergi ke suatu tempat dan lain sebagainya.

8. Memberikan Contoh Baik kepada Anak

Cara mengajarkan anak menabung yang terakhir adalah kamu sebagai orang tua alangkah lebih baik jika turut memberikan contoh baik kepada anak.

Seperti yang diketahui, sebagai orang tua kamu tentu menjadi panutan anak, mulai dari sikap, cara berbicara hingga tingkah laku. Untuk itu, jika ingin anak mu rajin menabung, kamu harus memulainya terlebih dahulu dan menjadikannya sebagai kebiasaan.

Seiring berjalannya waktu, anak akan bertanya dan kamu bisa memanfaatkan kesempatan ini sebagai peluang agar anak berlatih menabung. Sebab, melalui menabung anak akan mempelajari hal lainnya, seperti disiplin dan melatih rasa sabar.

(Baca Juga: Bang Bing Bung.. Ini Tips Sukses Menabung Biar Dapat Untung)
Manfaat Menabung

Sebelumnya kamu sudah mengetahui apa saja cara mengajarkan anak menabung. Beberapa cara tersebut bisa kamu terapkan, agar anak terbiasa menabung sejak dini. Terlebih anak akan lebih bijak dalam mengelola keuangannya nanti.

Namun tidak hanya itu manfaat dari menabung yang bisa kamu dan anak rasakan, tetapi ada beberapa manfaat lainnya, di antaranya yaitu:

  • Terbiasa mengatur dan mengelola keuangan sendiri dengan bijak
  • Belajar berhemat sejak dini
  • Anak menjadi disiplin dalam menggunakan uang
  • Anak akan lebih menghargai uang
  • Menabung akan menjadi kebiasaan anak hingga dewasa nanti

Nah, beberapa cara mengajarkan anak menabung dan manfaatnya sudah kamu ketahui di atas. Maka dari itu, kamu bisa mulai menabung sejak dini untuk membeli barang-barang yang kamu impikan.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa menggunakan tabungan untuk melindungi diri dengan asuransi kesehatan. Kamu bisa mengajukannya secara mudah dan proses cepat hanya di CekAja.com, perusahaan financial technology yang sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Tunggu apa lagi? yuk ajukan sekarang!



Tentang Penulis