Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

7 menit waktu bacaan

Sistem Pendidikan Terbaik di Dunia 2020 Ada di 10 Negara Ini

by Vera Khairifah on 10 Juli, 2020

Perkembangan sistem pendidikan di setiap negara berbeda-beda. Namun, sebagian orang tak segan untuk menuntut ilmu ke negeri orang yang dinilai lebih berkualitas. Berikut ini 10 negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia 2020.

10 Negara Sistem Pendidikan Terbaik di Dunia 2020, Indonesia Nomor Berapa?

Urutan peringkat negara-negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia 2020 ini dilansir dari riset terbaru yang dilakukan oleh CEOWORLD magazine pada Januari hingga April 2020 lalu.

Media asal New York, Amerika Serikat, ini melakukan penilaian sistem pendidikan terbaik di dunia berdasarkan beberapa hal.

Yakni didasarkan dengan mengaitkan pengembangan sistem pendidikan publik, kualitas pendidikan, serta hasil pemungutan pendapat terhadap ribuan responden mengenai di negara dan universitas mana yang ingin mereka datangi untuk bersekolah.

Selain itu ada pula pertimbangan dari hasil penjajakan pendapat dari kalangan mahasiswa, pendidik, profesor, ahli bidang pendidikan, para eksekutif bisnis dunia, dan pihak-pihak terkait lainnya. Total partisipan atau responden yang terlibat dalam penjajakan pendapat riset ini adalah 196.300 orang.

(Baca Juga: Negara dengan Fasilitas Kesehatan Terbaik di Dunia)
Negara dengan Sistem Pendidikan Terbaik di Dunia 2020

Berikut ini daftar 10 besar negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia 2020.

1. Inggris

Inggris - Sistem Pendidikan Terbaik di Dunia

Sistem pendidikan terbaik di dunia 2020 diduduki oleh Inggris. Negara ini memiliki banyak sekolah dan universitas tersohor di dunia yang dikenal karena kualitasnya yang bagus. Lulusan dari lembaga pendidikan di Inggris diakui oleh banyak perusahaan dunia.

Para pelajar dilatih untuk bersikap kritis dalam mempelajari suatu hal, sehingga mereka terbiasa untuk mencari solusi atas sebuah masalah dengan melibatkan teori pelajaran juga.

Selain itu, banyak mahasiswa yang berpendapat bahwa Inggris merupakan negara yang pas untuk dituju sebagai tempat bersekolah. Meskipun biaya hidup di negara ini mahal, namun Inggris tergolong ramah dan toleran dalam melihat budaya-budaya yang berbeda.

Fasilitas transportasi umum juga  mudah, dan ada banyak perlombaan maupun acara hiburan menarik setiap musim liburan tiba.

2. Amerika Serikat

Amerika Serikat - Sistem Pendidikan Terbaik di Dunia

Negara Adidaya sudah pasti masuk ke dalam daftar negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia 2020. Ada banyak universitas di AS yang masuk ke dalam kategori 50 besar universitas top dunia incaran banyak orang.

Sebut saja Columbia University, Harvard University, Michigan State University, dan masih banyak lagi. Dengan gelar universitas top dunia, maka kualitas sistem pendidikan di AS tak perlu diragukan lagi.

Umumnya, lembaga pendidikan di AS menekankan pengajaran pada riset mendalam yang dilakukan pelajar. Sebelum memulai proses belajar mengajar di tahun ajaran baru, akan ada masa orientasi agar siswa dapat beradaptasi dengan baik.

Kesempatan berkarir bagi WNA yang lulus dari universitas di AS juga terbuka lebar.

3. Australia

Australia - Sistem Pendidikan Terbaik di Dunia

Australia menjadi salah satu tujuan banyak pelajar Asia maupun negara manapun untuk bersekolah. Tak hanya program sekolah penuh, tersedia juga program pertukaran pelajar atau short class program. Biaya hidup di sini juga terbilang lebih murah dibandingkan Inggris dan AS.

Negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia 2020 ini unggul dalam penerapan teknologi dan inovasi pada segala aspek kehidupan. Di sisi lain, universitas di Negara Kangguru ini juga mempelajari banyak kebudayaan negara-negara di dunia.

4. Belanda

Belanda - Sistem Pendidikan Terbaik di Dunia

Negara yang dituju banyak mahasiswa Indonesia untuk berkuliah sejak zaman sebelum proklamasi ini rupanya juga memiliki sistem pendidikan terbaik di dunia 2020. Jika kamu memilih Belanda sebagai negara tujuan studi, maka perlu diketahui bahwa negara ini memiliki dua bahasa pengantar. Yakni kelas berbahasa Inggris dan kelas berbahasa Belanda.

Untuk lembaga pendidikan yang menerapkan bahasa Belanda sebagai bahasa pengantar, calon siswa harus mengambil les bahasa sebelum mengikuti seleksi ujian masuk sekolah atau universitas yang dituju.

Soal biaya pendidikan, Pemerintah Belanda mensubsidinya sehingga harga cukup terjangkau. Kamu tinggal menimbang perkiraan biaya hidup di sana.

5. Swedia

Swedia - Sistem Pendidikan Terbaik di Dunia

Sistem pendidikan terbaik di dunia 2020 di posisi ke-5 diraih oleh Swedia. Negara Skandinavia di Eropa Utara ini menerapkan metode pengajaran yang mengutamakan kerjasama tim pada siswa di kelas.

Di rapor sekolah, tak ada peringkat kelas yang tercantum. Sebab yang terpenting adalah memberikan pengajaran akademik yang terbaik untuk siswanya.

Swedia mematok sendiri biaya sekolah dan kuliah bagi pelajar dari luar negeri. Namun, biaya ini digratiskan khusus untuk pelajar dari 27 negara-negara Eropa yang tergabung dalam European Union.

6. Prancis

Perancis - Sistem Pendidikan Terbaik di Dunia

Jika kamu berminat melanjutkan studi di Prancis, jurusan fashion design dan ekonomi sangat direkomendasikan. Sebab, negara ini unggul dalam dua industri tersebut.

Prancis menjadi pusat fashion dunia serta rumah bagi perusahaan multinasional besar dunia. Seperti Airbus, L’Oreal, Danone, dan masih banyak lagi lainnya.

Selain itu, Prancis dikenal sebagai negara yang sangat toleran terhadap perbedaan budaya. Jadi, tak heran jika banyak calon mahasiswa atau pelajar yang ingin menuntut ilmu di sini.

(Baca Juga: Cara Negara-Negara Lain Menangani Corona)
7. Denmark

Denmark - Sistem Pendidikan Terbaik di Dunia

Posisi ke-7 sistem pendidikan terbaik di dunia 2020 diraih oleh Denmark. Walaupun merupakan negara kecil di Eropa, tapi Denmark bisa dijadikan negara tujuan studi yang worth it banget.

Sebab, Denmark memiliki beberapa universitas terbaik dengan biaya kuliah yang masih terhitung murah untuk negara di Eropa. Demikian pula dengan biaya hidupnya.

Selain itu, tersedia program beasiswa untuk pelajar dalam maupun luar negeri. Kehidupan mahasiswa di sini juga seimbang, mereka bisa fokus terhadap pelajaran di kelas serta mengikuti kegiatan hiburan atau program tambahan lain.

Jika kamu berminat kuliah di Denmark, maka nantinya kamu juga akan mendapat kelas pelajaran Bahasa Latin, Bahasa Yunani, dan pelajaran Filosofi.

8. Kanada

Kanada - Sistem Pendidikan Terbaik di Dunia

Sebagian para pelajar internasional pasti setuju bahwa Kanada dikenal sebagai negara yang sangat terbuka untuk pelajar internasional. Perizinan untuk sekolah, dan tempat tinggal di negara ini tidak serumit negara maju lainnya.

Selain itu, sudah pasti Kanada memiliki sistem pendidikan terbaik di dunia 2020. Nilai para pelajar Kanada selalui melampai nilai rata-rata pelajar internasional di lembaga pendidikan negara lain.

Sebelum masuk universitas, pelajarwajib menempuh sekolah pra-kuliah selama dua tahun dengan jurusan yang secara spesifikmengarah pada profesi tertentu.

9. Jerman

Jerman - Sistem Pendidikan Terbaik di Dunia

Jerman justru memiliki sistem pendidikan terbaik di dunia 2020 yang terbilang sangat berbeda dengan Indonesia. Di negara ini, masa SD hanya ditempuh dalam waktu 4 tahun saja. Kemudian, para siswa akan melanjutkan ke sekolah menengah yang sudah memiliki tiga jurusan berbeda yang wajib dipilih.

Yakni sekolah menengah untuk mereka yang ingin lanjut ke perguruan tinggi, sekolah untuk merek ayng menginginkan karir pekerja kantoran dengan gaji bulanan, serta sekolah umum untuk profesi di bidang perdagangan.

Di tingkat perguruan tinggi, Jerman banyak dipilih mahasiswa internasional yang ingin mendalami jurusan kedokteran, dan sains.

10. Swiss

Swiss - Sistem Pendidikan Terbaik di Dunia

Negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia 2020 yang terakhir adalah Swiss. Selain memiliki pemandangan indah di setiap sudut daerahnya, negara ini juga maju dalam mengembangkan sistem pendidikan.

Jurusan yang banyak diincar oleh pelajar dunia di Swiss adalah jurusan ekonomi, perbankan, dan IT. Setiap wilayah memiliki bahasa pengantar yang berbeda, seperti Bahasa Jerman, Bahasa Prancis, Bahasa Italia, dan Bahasa Romans. Tetapi, kamu juga bisa memilih universitas yang menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar.

Indonesia Duduki Peringkat ke-70

Di dalam riset sistem pendidikan terbaik di dunia 2020 ini, Indonesia menduduki posisi ke-70 dari total 93 negara yang diurutkan. Saat ini, Indonesia menggunakan kurikulum nasional yakni Kurikulum 2013 yang menekankan pada beberapa poin penting.

Yakni penyederhanaan aspek penilaian siswa oleh guru, tidak adanya pembatasan proses berpikir siswa, menerapkan teori 5M (mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, dan mencipta), mendukung proses belajar di kelas yang menyenangkan tanpa mengubah struktur mata pelajaran dan lama waktu belajar.

Di masa pandemi ini, Pemerintah kemudian menyesuaikan kurikulum dengan metode belajar di rumah. Sejauh ini belum ada pernyataan dari Kemendikbud soal perubahan kurikulum terbaru.

Cari Pinjaman Untuk Biaya Pendidikan? Ajukan KTA Saja

Kredit Tanpa Agunan merupakan produk pinjaman yang memberikanmu dana untuk berbagai kebutuhan termasuk membayar biaya pendidikan tanpa perlu menjaminkan aset apapun. Plafon yang diberikan beragam, mulai dari pinjaman jumlah kecil hingga besar.

Pengajuannya pun mudah, kamu bisa melakukan lewat sistem online yang ada di CekAja.com. kami akan membantumu membandingkan berbagai produk KTA yang sesuai dengan kebutuhan, dan kamu bisa langsung mengajukan dengan mengisi data diri dan formulir pengajuan pinjaman.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, miliki dana pinjaman untuk berbagai kebutuhan sekarang juga lewat CekAja.com.

Tentang Penulis

Vera Khairifah

A content writer and socmed enthusiast