Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

9 menit waktu bacaan

Siswa/Siswi IPS Bisa Lolos SNMPTN!  Begini Caranya

by Gesti Weningtyas on 28 January, 2020

Bingung dengan jurusan yang bakal kamu ambil di SNMPTN 2020 kelak? Jangan khawatir, anak IPS juga punya banyak pilihan jurusan perkuliahan yang dapat kamu pilih dalam SNMPTN, dengan banyak pilihan dan kesempatan, kamu juga bisa lolos SNMPTN dengan beberapa tips ini:

Siswa/Siswi IPS Bisa Lolos SNMPTN!  Begini Caranya

1. Pilih Jurusan dengan Tepat

Memilih jurusan memang bukan hal yang mudah. Namun jika kamu salah pilih jurusan, tentu kesempatan lolos SNMPTN jadi makin kecil. Sehingga, jurusan IPS, mesti memilih jurusan yang ada hubungannya pula dengan IPS juga.

2. Prestasi Non Akademik

Lampirkan prestasi non akademik itu, jika kamu memiliki prestasi yang ada di luar sekolah. Tentunya prestasi non akademik ini diharapkan bisa membantumu untuk lolos SNMPTN.

3. Faktor Sekolah

Sekolah bisa memberikan faktor tersendiri dalam SNMPTN. Contohnya, jika nilaimu tak terlalu bagus, namun kamu bersekolah di sekolah yang terakreditasi sangat baik, kemungkinan lolos SNMPTN sangat tinggi. Buat yang bersekolah di sekolah yang akreditasinya rendah, jangan khawatir. Kamu hanya perlu berjuang dengan lebih agar bisa lolos SNMPTN.

4. Mengurutkan Jurusan

Cara mengurutkan jurusan yang benar saat pendaftaran SNMPTN 2020 mendatang, pastikan di bagian pertama adalah jurusan favorit, alias jurusan yang bakal kamu pilih sebagai jurusan utama.  Jurusan ke 2 pilihlah jurusan yang masih berhubungan dengan bidang jurusan di sekolah kamu.

5. Berdoa

Berdoalah dengan keyakinan yang kuat, bahwa kamu akan lolos SNMPTN 2020 apapun jurusanmu, bahkan jurusan IPS sekalipun, tentu juga punya peluang yang cukup besar untuk lolos. Berdoa, meskipun sepele dan sering terlupakan, adalah hal yang perlu kamu lakukan, iringi doamu juga dengan perjuangan agar hasilnya sepadan.

(Baca Juga: Berikut Cara Lolos SNMPTN Khusus Bagi Siswa IPA)
6. Nilai Raport

Banyak orang yang menilai nilai raport yang selalu naik memiliki peluang yang sangat besar untuk lulus SNMPTN 2020. Akan tetapi, tenang saja, bagi kamu yang memiliki nilai yang tidak naik terus jangan khawatir asal jangan anjlok saja nilainya saat turun. Kamu masih bisa memiliki peluang dengan nilai biasa, namun tak terlalu anjlok.

7. Faktor Alumni

Jumlah alumni yang lolos di PTN tahun lalu juga akan memberikan banyak pengaruh. Sehingga, kamu bisa memperhatikan jumlah alumni yang lulus di PTN tahun lalu. Apabila kamu mendaftar di universitas dan jurusan dan banyak alumni dari sekolah kamu yang diterima, peluang lolos SNMPTN pun bisa lebih besar.

Nah, demikian adalah beberapa tips agar siswa IPS juga bisa lolos SNMPTN dengan baik. Untuk menentukan jurusan, kamu bisa menyimak beberapa pilihan jurusan yang dapat kamu ambil sebagai siswa IPS. Jangan khawatir, ada banyak sekali jurusan yang dapat kamu pilih dalam mendaftar SNMPTN.

 Jurusan SNMPTN
1. Psikologi

Jurusan Psikologi mempelajari tentang mental, pikiran, dan perilaku manusia. Cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Sosiologi.

2. Ilmu Komunikasi

Meski namanya ilmu komunikasi, di jurusan ini kamu tidak hanya belajar cara berkomunikasi. Pelajaran-pelajaran seru seperti public speaking, menulis berita, fotografi, desain dan animasi, membuat iklan, dan film juga dipelajari dalam jurusan ini.

3. Hubungan Internasional

Hubungan Internasional dianggap merupakan salah satu jurusan bergengsi. Para mahasiswanya mempelajari segala sesuatu berhubungan dengan aktivitas interaksi lintas batas antar negara, seperti seni diplomasi, politik luar negeri, perdagangan luar negeri, ekonomi internasional, hukum internasional, dan globalisasi.

4. Administrasi Bisnis

Administrasi Bisnis mempelajari tentang administrasi secara umum serta tentang manajemen pekerjaan klerikal kantor, pengelolaan sarana dan prasarana kantor, serta proses data secara akurat demi mendukung sebuah usaha bisnis agar efektif dan efisien.

5. Ekonomi Pembangunan

 Ekonomi pembangunan adalah bagian dari Ilmu Ekonomi yang secara spesifik mempelajari persoalan pembangunan yang sudah, sedang, dan akan terjadi di negara berkembang.

6. Akuntansi

 Akuntansi adalah salah satu program/jurusan kuliah yang mempelajari tentang keuangan seperti prinsip akuntansi dan teori, akuntansi keuangan, akuntansi manajerial, akuntansi biaya, pengendalian anggaran, akuntansi pajak, aspek hukum akuntansi, audit, prosedur pelaporan, analisis laporan, perencanaan dan konsultasi, sistem informasi bisnis, metode penelitian akuntansi, serta standar profesional dan etika.

7. Manajemen Perhotelan

Jurusan manajemen perhotelan adalah sebuah jurusan yang menerapkan dan mengembangkan pengetahuan dan keterampilan di bidang ilmu perhotelan atau hospitality. Di jurusan ini kamu bakal mempelajari segala pengetahuan, keterampilan dan ilmu perhotelan khususnya dalam perencanaan, memproduksi, dan pengawasan pengelolaan jasa penginapan atau akomodasi, tata boga, jasa boga, dan jasa lainnya dalam bidang perhotelan.

10. Manajemen Perbankan

 Jurusan ini bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang terampil menangani aktivitas operasional perbankan yang mencakup pekerjaan teller, customer services, karyawan pembukuan unit giro, tabungan dan deposito, juga produk perbankan lainnya.

 11. Kriminologi

Apabila kamu mempunyai keprihatinan terhadap meningkatnya angka kejahatan, dan kamu punya keinginan besar untuk memberikan solusi, maka jurusan kriminologi bisa menjadi pilihan paling ideal buat kamu. Jurusan ini akan mempelajari soal seluk beluk tindak kriminal dalam lingkup nasional maupun internasional secara empiris.

12. Ilmu Politik

Jurusan yang menjadi bagian dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) ini membekali para mahasiswanya teori dan praktik politik. Para mahasiswanya diharapkan untuk bisa melakukan riset dan bersikap kritis dalam menganalisa setiap fenomena dunia yang mempengaruhi dinamika struktur politik suatu negara.

13. Desain Komunikasi Visual

Jurusan ini mengajak para mahasiswanya mempelajari seni menyampaikan suatu pesan melalui bahasa rupa (desain) untuk menginformasikan, mempersuasi, dan mempengaruhi omput atau penerima pesan.

14. Penyiaran (Broadcasting)

Broadcasting atau penyiaran merupakan salah satu cabang dari ilmu komunikasi, khususnya jurnalistik. Apa yang dipelajari di jurusan ini tentang proses menciptakan dan mengemas suatu ide menjadi program untuk diproduksi dan disiarkan pada khalayak lewat media massa

15. Tata Rias dan Kecantikan

Jurusan ini mempelajari teknik tata rias baik Indonesia maupun internasional. Kurikulumnya mencakup cara-cara dalam menyanggul, menata rambut, memotong rambut, merias wajah menggunakan bahan dan alat kosmetika.

16. Tata Busana (Fashion Design)

Dikenal juga sebagai jurusan fashion design, jurusan ini mempelajari soal produksi, mendesain, belajar membuat pola, menjahit, mengenali seluk-beluk kain, dan penggunaan kain tersebut untuk fesyen.

Demikian beberapa jurusan yang bisa dipilih untuk siswa IPS, masih banyak jurusan lainnya yang bisa kamu ambil. Jangan ragu untuk berkonsultasi langsung pada alumni jurusan IPS di sekolahmu, untuk mendapatkan tips dan jurusan yang sesuai dengan keinginanmu. Intinya, pilih jurusan sesuai passion dan minat kamu, namun tetap disesuaikan juga dengan jurusan IPS.

Bagi yang belum memahami ketentuan umum maupun persyaratan dari SNMPTN 2020, simak syarat dan beberapa ketentuan, serta jadwal maupun tahapan SNMPTN dari laman resmi snmptn.ac.id ini:

Ketentuan Umum SNMPTN

  1. SNMPTN dilakukan berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan rapor dan portofolio akademik. Rapor yang digunakan adalah semester satu sampai dengan semester lima bagi SMA/SMK/MA dengan masa belajar tiga tahun atau semester satu sampai dengan semester tujuh bagi SMK dengan masa belajar empat tahun.
  2. Sekolah yang siswanya mengikuti SNMPTN harus mempunyai Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan mengisikan data prestasi siswa di PDSS dengan lengkap dan benar.
  3. Siswa yang berhak mengikuti seleksi adalah siswa yang memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), memiliki prestasi unggul, dan rekam jejak prestasi akademik di PDSS. Jika ada kekeliruan data soal NISN, atau terkadang ada data yang dobel dengan dua NISN, kamu bisa berkonsultasi dengan guru BK sekolah masing-masing.
  4. Siswa yang akan mendaftar SNMPTN wajib membaca informasi pada laman PTN pilihan tentang ketentuan terkait dengan penerimaan mahasiswa baru di PTN tersebut. Buka laman PTN yang kamu pilih dan tentukan jurusannya, di sana sudah ada beberapa syarat dan ketentuan yang harus kamu siapkan.
Persyaratan Sekolah

Sekolah yang siswanya berhak mengikuti SNMPTN adalah:

  1. SMA/MA/SMK yang mempunyai NPSN.
  2. Mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS).
Persyaratan Siswa Pendaftar

Siswa pendaftar yang berhak mengikuti SNMPTN adalah:

  1. Siswa SMA/MA/SMK kelas terakhir (kelas 12) pada tahun 2020 yang memiliki prestasi unggul.
  2. Memiliki NISN yang terdaftar di PDSS
  3. Memiliki nilai rapor semester 1 s.d. 5 yang telah diisikan oleh sekolah di PDSS atau memiliki nilai rapor semester 1 s.d. 7 bagi SMK dengan masa belajar empat tahun.
  4. Memiliki prestasi akademik dan memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh masing-masing PTN.
Penerimaan di PTN

Siswa pendaftar diterima di PTN, jika:

  1. Lulus satuan pendidikan SMA/SMK/MA;
  2. Memiliki akun di LTMPT; dan
  3. Lulus SNMPTN 2020; dan
  4. Lolos verifikasi data dan memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN penerima.
Tahapan Mengikuti SNMPTN

Tahapan mengikuti SNMPTN dilakukan sebagai berikut.

Registrasi Akun LTMPT

  1. Calon peserta baik SNMPTN, UTBK, maupun SBMPTN diwajibkan untuk melakukan registrasi atau membuat akun di LTMPT melalui laman https://portal.ltmpt.ac.id.
  2. Pendaftaran akun LTMPT dilakukan pada tanggal 02 Desember 2019 – 07 Januari 2020.

Pengisian Data PDSS
  1. Sekolah melakukan pengecekan NPSN di laman PDSS.
  2. Sekolah harus memastikan bahwa NPSN beserta data tentang Sekolah sudah benar dan terverifikasi di PDSPK Kemdikbud.
  3. Kepala Sekolah atau yang ditugasi Kepala Sekolah mengisikan keseluruhan data siswa kelas XII di PDSS melalui laman https://portal.ltmpt.ac.id.
  4. Pengisian Data PDSS oleh Sekolah dapat dilakukan pada tanggal 13 Januari – 06 Februari 2020.
Pemeringkatan
  1. Pemeringkatan siswa dilakukan oleh Sekolah berdasarkan nilai mata pelajaran sebagai berikut.
  2. Jurusan IPA: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Kimia, Fisika, dan Biologi.
  3. Jurusan IPS: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sosiologi, Ekonomi, dan Geografi.
  4. Jurusan Bahasa: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sastra Indonesia, Antropologi, dan salah satu Bahasa Asing.
  5. SMK: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Kompetensi Keahlian (Teori Kejuruan dan Praktik Kejuruan).
  6. Berdasarkan kelengkapan data nilai siswa yang diisikan oleh sekolah akan ditetapkan jumlah siswa yang dapat mendaftar SNMPTN 2020 dengan ketentuan Akreditasi Sekolah:
  7. Akreditasi A : 40 % terbaik di sekolahnya;
  8. Akreditasi B : 25 % terbaik di sekolahnya;
  9. Akreditasi C dan lainnya 5 % terbaik di sekolahnya
  10. Pemeringkatan siswa dilakukan oleh sekolah dengan memperhatikan ketentuan pada butir (a).
  11. Sekolah dapat menambahkan kriteria lain berupa prestasi akademik dalam menentukan peringkat siswa bila ada nilai yang sama.
  12. Sekolah mengisikan daftar siswa yang dapat mengikuti SNMPTN 2020 sesuai jumlah yang ditetapkan pada butir (b) dari tanggal 13 Januari 2020 – 06 Februari 2020.
  13. Jumlah siswa yang masuk dalam pemeringkatan sesuai dengan ketentuan kuota akreditasi sekolah sebagaimana butir (b).
  14. LTMPT melalui PDSS akan menerbitkan daftar siswa yang layak untuk mendaftar SNMPTN 2020 sesuai dengan hasil pemeringkatan oleh sekolah setelah sekolah melakukan finalisasi PDSS.
Pendaftaran SNMPTN
  1. Siswa Pendaftar yang memenuhi kriteria pemeringkatan oleh LTMPT, menggunakan NISN dan password login ke laman SNMPTN 2020 http://web.snmptn.ac.id untuk melakukan pendaftaran.
  2. Siswa pendaftar mengisi biodata, pilihan PTN, dan pilihan program studi, serta mengunggah (upload) pasfoto resmi terbaru dan dokumen prestasi tambahan (jika ada). Siswa Pendaftar harus membaca dan memahami seluruh ketentuan yang berlaku pada PTN pilihan.
  3. Siswa Pendaftar pada program studi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah portofolio dan dokumen bukti keterampilan yang telah disahkan oleh Kepala Sekolah menggunakan pedoman yang dapat diunduh dari laman http://www.snmptn.ac.id.
  4. Siswa Pendaftar mencetak Kartu Bukti Pendaftaran sebagai tanda bukti peserta SNMPTN.
Jadwal SNMPTN

Jadwal pelaksanaan SNMPTN adalah sebagai berikut:

  • Pengisian dan Verifikasi PDSS  15 Januari – 8 Februari 2020
  • Pendaftaran SNMPTN 14 Februari – 27 Februari 2020
  • Pengumuman Hasil Seleksi      4 April 2020

Jadwal pelaksanaan proses verifikasi dokumen peserta dan/atau pendaftaran ulang di PTN dapat dilihat di laman masing-masing PTN.

Jumlah Pilihan PTN dan Program Studi

  1. Siswa pendaftar dapat memilih paling banyak dua program studi dalam satu PTN atau dua PTN.
  2. Urutan pilihan PTN dan program studi menyatakan prioritas pilihan.
  3. Siswa SMK hanya diizinkan memilih program studi yang relevan sesuai ketentuan oleh masing-masing PTN.
  4. Daftar program studi dan daya tampung SNMPTN tahun 2020 dapat dilihat pada laman http://www.snmptn.ac.id selama periode pendaftaran.

Tentang Penulis