7 Situs Belajar Online Gratis, Cara Dapatkan Ilmu dengan Cuma-cuma!

4 min. membaca Oleh Estrin Vanadianti Lestari on

Situs belajar online gratis, mungkin bisa lebih membantu para pelajar, untuk mendapatkan ilmu tambahan, ketimbang membayar situs bimbel setiap bulan.

Terlebih, saat ini masih banyak pelajar yang membutuhkan ilmu tambahan, dari yang didapatkan di sekolah. Apalagi, sampai saat ini juga, penerapan sekolah daring atau jarak jauh masih dilakukan.

Hal tersebut membuat beberapa pelajar, khususnya dari kalangan menengah ke bawah, tentu sangat membutuhkan akses ke situs belajar online gratis.

Dengan mengakses situs belajar gratis secara online, para pelajar bisa mencari ilmu tambahan, yang belum didapatkan di sekolah, tanpa harus membayar biaya langganan.

Tidak hanya untuk pelajar, situs belajar gratis online juga bisa digunakan untuk para mahasiswa hingga karyawan umum.

(Baca Juga: 8 Bimbel Online Terbaik)

Pasalnya, di situs tersebut kamu bisa belajar untuk meningkatkan keahlian, seperti belajar bahasa asing, belajar mendesain, belajar menjadi pebisnis atau entrepreneur, dan lain sebagainya.

Nah, buat kamu yang merasa pelajar, mahasiswa, dan karyawan, bisa memanfaatkan situs belajar gratis secara online ini, dikala menyibukkan diri di rumah, selama pandemi belum berakhir.

7 Situs Belajar Online Gratis

1. Rumah Belajar Kemendikbud

Situs belajar online gratis yang pertama adalah Rumah Belajar yang disediakan oleh Kementerian Pendidikan dan Budaya, yang bisa memberikan akses belajar kepada siapa pun.

Di situs ini, kamu bisa mendapatkan berbagai fitur unggulan, yang bisa diakses tidak hanya oleh peserta didik, tapi juga para guru.

Situs ini dibuat Kemendikbud agar para pelajar yang membutuhkan fasilitas belajar online, bisa memanfaatkannya.

Adapun, kamu bisa belajar menggunakan fitur Sumber Belajar, Kelas DIgital, Laboratorium Maya, hingga Bank Soal.

SItus: https://belajar.kemendikbud.go.id
Aplikasi bisa Diinstal melalui: Android

2. Duolingo

Situs belajar online gratis yang berikutnya adalah Duolingo. Situs ini, sangat cocok bagi kamu yang ingin belajar bahasa asing.

Tidak seperti belajar bahasa asing pada umumnya, belajar bahasa asing di Duolingo sangat menyenangkan, bahkan berbeda dengan pelajaran bahasa di sekolah.

Pasalnya, situs ini akan membuat belajar seperti bermain game. Sehingga, jika kamu berhasil menjawab pertanyaan, maka kamu akan mendapatkan poin, hingga naik level.

Pelajaran bahasa asing yang ditawarkan adalah seperti bahasa Inggris, Spanyol, dan Prancis.

Situs: id.duolingo.com

3. Alison

Selanjutnya ada Alison, yang merupakan situs belajar online gratis, dengan ketersediaan materi pelajaran, yang telah disusun oleh tim profesional.

Tidak hanya profesional, tim ini juga sangat ahli di bidangnya. Situs belajar ini juga sudah dikenal, karena menawarkan berbagai bidang pelajaran.

Sebut saja seperti materi seputar bisnis, teknologi, kesehatan, hingga menawarkan program belajar bahasa asing.

Situs: alison.com

4. edX

Mau belajar dengan materi yang diambil langsung dari universitas bergengsi di dunia, seperti Harvard dan MIT? Situs belajar online gratis edX, bisa jadi pilihan!

Untuk bisa mengikuti pelajaran dari edX gratis tanpa biaya, setidaknya kamu perlu mengeluarkan sedikit biaya, untuk kontribusi di awal.

Atau anggap saja, dengan belajar di situs tersebut, bisa dijadikan sebagai investasi yang bisa dicantumkan dalam CV.

Situs: www.edx.org

5. Coursera

Situs belajar gratis secara online selanjutnya, kamu bisa pilih Coursera, yang menyediakan ratusan program belajar, dengan topik dan tema yang beragam.

Coursera sendiri, bekerja sama dengan banyak organisasi di seluruh dunia, untuk menghadirkan program tersebut.

Tidak hanya menyediakan bantuan belajar di pendidikan formal, karena partner Coursera tidak terbatas.

(Baca Juga: Daftar Bimbel Terbaik untuk Masuk UI dan PTN)

Jadi, Coursera juga memiliki partner seperti museum dan berbagai keanggotaan. Bagaimana? Tertarik belajar di situs ini? Coba saja kunjungi situsnya.

Situs: www.coursera.org

6. Sekolahmu

Kamu butuh tambahan belajar di luar sekolah? Kamu bisa mengakses situs belajar online gratis di situs Sekolahmu.

Sekolahmu juga menawarkan pembelajaran kelas, yang bekerjasama dengan banyak sekolah dan organisasi.

Tidak hanya untuk siswa, pelajaran online ini juga bisa dimanfaatkan oleh guru bahkan orang tua siswa.

Keunggulannya, kamu bisa mendapatkan pelajaran, dengan basis kompetensi yang digunakan sesuai kurikulum di Indonesia.

SItus: www.sekolah.mu/tanpabatas

7. Zenius Education

Mau belajar dengan pemikiran yang lebih kritis? Situs belajar gratis secara online bernama Zenius Education, bisa jadi pilihan tepat.

Situs atau platform belajar online yang satu ini, bisa membantu kamu para pelajar, agar bisa belajar mandiri di rumah dengan efektif, terarah, dan terukur.

Zenius Education, juga menyediakan setidaknya 80 ribu video pembelajaran, agar para pelajar bisa mendapatkan proses belajar secara mandiri, yang lebih terstruktur.

Situs: www.zenius.net/belajar-mandiri

Nah, itu dia beberapa situs belajar online gratis, yang bisa digunakan dan dimanfaatkan, guna mencari ilmu tambahan.

Adapun, jika situs belajar gratis secara online ini kurang atau belum lengkap, kamu bisa beralih dengan mendaftarkan diri di situs bimbel online.

Meski berbayar, namun kamu bisa kok memilih paket langganan, yang bisa disesuaikan dengan budget.

Misalnya, paket mingguan, bulanan, atau bahkan harian. Kamu juga bisa menyesuaikan jadwal bimbel sesuai keinginan.

Adapun, biaya bimbel online, memiliki rentan harga mulai dari Rp20.000 per 30 menit, Rp100.000 per jam, hingga jutaan untuk paket per 12 bulan.

Namun, bila hal yang berkaitan dengan biaya masih menjadi masalah, kamu tetap bisa loh mendaftarkan diri menjadi peserta bimbel online terbaik, dengan mengajukan pinjaman untuk tambahan dana pendidikan, melalui CekAja.com.

Dengan begitu, kamu jadi bisa tetap mendapatkan pembelajaran yang seharusnya kamu dapatkan, tanpa harus memikirkan biaya bimbel.

Terlebih, CekAja.com juga menawarkan banyak produk pinjaman dana untuk pendidikan, dari berbagai perusahaan p2p hingga bank ternama di Indonesia.

Kamu juga bisa mengajukan pinjaman, sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansialmu.

Yuk, segera ajukan pinjaman dana untuk pendidikan terbaik, hanya di CekAja.com, dan dapatkan ilmu yang bermanfaat dengan tidak hanya belajar di situs online gratis.