Daftar Situs Donasi Bantuan Virus Corona Terpercaya

3 min. membaca Oleh Vera Khairifah on

Merebaknya virus corona di Indonesia kini makin menjadi. Walau penyakit ini bisa disembuhkan, namun para tenaga medis yang kekurangan peralatan sangat membutuhkan bantuan. Ini saatnya kita membantu di beberapa situs donasi bantuan virus corona berikut ini.

Daftar Situs Donasi Bantuan Virus Corona Terpercaya

Donasi Bantuan Virus Corona Sangat Dibutuhkan

Meskipun dikategorikan sebagai penyakit pandemi, namun corona adalah sebuah penyakit yang bisa sembuh dengan sendirinya. Pengobatan dengan paracetamol serta istirahat yang cukup akan membantu peningkatan kekuatan imun tubuh untuk melawan penyakit ini.

Tapi, walaupun pengobatannya sederhana, situs donasi bantuan virus corona tetap dibutuhkan untuk berbagai tujuan.

Mulai dari bantuan untuk kelengkapan dan distribusi Alat Pelindung Diri (APD) tenaga medis, bantuan sembako gratis bagi masyarakat yang tak bisa bekerja akibat wabah corona, serta bantuan untuk fasilitas isolasi dan infrastruktur kesehatan pasien yang mengidap.

Keberadaan situs donasi bantuan virus corona membantu proses pengumpulan dana menjadi lebih mudah. Donator bisa menyumbang secara online tanpa harus ke luar rumah, sementara penggalang dana bisa dengan mudah mengumpulkan dana dan menyalurkannya.

Situs donasi online juga memiliki laporan penyaluran bantuan yang jelas dan infonya terbuka untuk donatur maupun khalayak umum.

Tips Donasi Online

Sebelum menyumbangkan dana ke situs donasi bantuan virus corona, kamu harus mengetahui tips berdonasi online berikut ini.

  • Cek kredibilitas situs donasi

Hal pertama yang perlu dipastikan adalah pengecekan kredibilitas situs donasi. Sebab sekarang ini banyak situs donasi abal-abal yang menyalahgunakan donasi yang terkumpul, maupun yang tidak transparan dalam penyaluran dana.

  • Kenali penggalangnya

Disarankan untuk memilih penggalang yang merupakan orang terkenal alias dikenal publik luas. Penggalang terpercaya juga biasanya memiliki akun penggalang yang terverifikasi di situs donasi online.

  • Awasi penyalurannya

Jika kamu sudah merasa memilih situs donasi yang kredibel dan penggalang terpercaya, maka kamu juga harus mengawasi penyalurannya. Pastikan selalu ada kabar terbaru mengenai penerima saluran dana.

(Baca Juga: Bagaimana Cara Deteksi Penyakit Corona Tanpa Gejala)

Daftar Situs Donasi Bantuan Virus Corona

Dari sekian banyak situs donasi bantuan virus corona yang ada, berikut rekomendasi situs terpercaya yang bisa menjadi pilihanmu.

1. Situs Donasi KitaBisa.com

Situs Donasi KitaBisa - Daftar Situs Donasi Bantuan Virus Corona Terpercaya

Alamat situs: www.kitabisa.com/campaign/indonesialawancorona

Kitabisa.com merupakan situs donasi online terpercaya. Saat ini, sudah terkumpul dana sekitar Rp22,7 miliar dari target Rp25 miliar. Kamu masih bisa menyumbang hingga bulan Mei mendatang.

2. Situs Donasi Rachel Vennya

Situs Donasi Rachel Vennya - Daftar Situs Donasi Bantuan Virus Corona Terpercaya

Alamat situs: www.kitabisa.com/bersamacegahcovid19

Selebgram Rachel Vennya juga melakukan penggalangan dana saat wabah virus corona merebak. Tak disangka, banyak orang yang ter-influence dan mau menyumbang sejumlah dana.

Sehingga target pengumpulan dana pun terus meningkat. Kini, sudah terkumpul sekitar Rp8,8 miliar dari target Rp10 miliar. Penyaluran donasi bantuan virus corona ini difokuskan untuk membantu melengkapi APD bagi tenaga medis di seluruh Indonesia.

3. Situs Donasi Arief Muhammad

Situs Donasi Arief Muhammad - Daftar Situs Donasi Bantuan Virus Corona Terpercaya

Alamat situs: www.kitabisa.com/danadaruratcovid19

Sejalan dengan Rachel Vennya, selebgram Arief Muhammad juga menggalang dana di situs donasi bantuan virus corona, yakni Kitabisa.com. Uang yang terkumpul digunakan sebagai dana darurat untuk membantu masyarakat kurang mampu yang kondisi perekonomiannya terdampak wabah virus corona.

Pengumpulan dana sudah hampir tembus target, yakni terkumpul Rp2,95 miliar dari target Rp3 miliar. Kemungkinan besar penggalangan dana ini akan terus dilanjutkan dengan target yang ditingkatkan.

4. Situs Donasi WeCare.id

Situs Donasi WeCare - Daftar Situs Donasi Bantuan Virus Corona Terpercaya

Alamat situs: www.wecare.id/apdcorona/

Satu lagi bantuan APD untuk para tenaga medis yang bertarung di garda terdepan saat wabah corona makin menjadi. WeCare.id menyediakan situs donasi online maupun pengumpulan dana langsung ke rekening Bank atas nama Yayasan Pelita Cakrawala Inspirasi.

Untuk info nomor rekening, kamu bisa langsung mengunjungi situs tersebut. Jangan lupa untuk konfirmasi pemberian donasi lewat nomor WhatsApp WeCare.id di nomor 0821-1930-1892.

5. Situs Donasi Aksi Cepat Tanggap

Situs Donasi Aksi Cepat Tanggap - Daftar Situs Donasi Bantuan Virus Corona Terpercaya

Alamat situs: www.indonesiadermawan.id/campaign/232/bersama-lawan-corona-di-indonesia

Kamu juga bisa menyalurkan donasi untuk melawan corona lewat penggalangan dana dari Yayasan Aksi Cepat Tanggap. Bantuan ini akan disalurkan dalam bentuk operasi pangan gratis, bantuan untuk tenaga medis, pemeriksaan kesehatan mobile, serta pemberian hygiene kit.

Kini, sudah terkumpul Rp3,2 miliar dari target pengumpulan dana sebesar Rp4 miliar. Kamu masih bisa berdonasi hingga 3 bulan ke depan.

6. Situs Donasi BenihBaik

Situs Donasi BenihBaik - Daftar Situs Donasi Bantuan Virus Corona Terpercaya

Alamat situs: www.benihbaik.com/benihbaik-siaga/wabah-corona

Situs lain yang bisa kamu kunjungi untuk berdonasi adalah benihbaik.com. Begitu masuk ke halaman utama, kamu bisa memilih kampanye penggalangan dana mana yang kamu pilih. Sebab hampir semuanya adalah kampanye bantuan wabah virus corona.

7. Situs Donasi PMI

Situs Donasi PMI - Daftar Situs Donasi Bantuan Virus Corona Terpercaya

Alamat situs: www.donasi.pmi.or.id/donations/bersamacegahcovid-19/

Terakhir, ada situs donasi bantuan virus corona dari Palang Merah Indonesia (PMI). Dana yang terkumpul akan disalurkan untuk kegiatan edukasi siaga virus corona, penyediaan APD, penyemprotan disinfektan, dan lain sebagainya.

Jadi, situs donasi mana yang kamu pilih? Selain membantu saudara-saudara kita yang terdampak virus corona, kamu juga harus melindungi diri dengan produk asuransi kesehatan. Bandingkan berbagai produk asuransi dan pilih sesuai kebutuhan, serta ajukan secara mudah lewat CekAja.com.

Tentang kami

Vera Khairifah

Vera Khairifah