Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

6 menit waktu bacaan

Daftar Situs Nonton Film Online Terbaru 2020

by Vera Khairifah on 26 Desember, 2019

Di era digital seperti sekarang ini, pengunjung situs nonton film online semakin banyak. Tak mengherankan memang, sebab layanan situs nonton film online sangat praktis dan murah.

Daftar Situs Nonton Film Online Terbaru 2020

Dahulu, kita menggunakan DVD untuk menonton film yang sudah tak tayang di bioskop. Cara konvensional ini mengharuskan kita membeli kaset terlebih dulu, kemudian memutarnya dengan bantuan mesin DVD player.

Cara itu setidaknya membutuhkan biaya sekitar Rp 400 ribu hingga Rp 450 ribu, dengan harga DVD player termurah Rp 350 ribu dan kaset film dalam bentuk DVD yang dijual seharga Rp 50 ribu hingga Rp 100 ribu per satu filmnya.

Sekarang, dengan harga di atas, kita sudah bisa berlangganan situs nonton film online untuk dua tahun lamanya. Bahkan, beberapa situs nonton film online tidak menarik biaya berlangganan. Sehingga kamu bisa menonton film secara gratis, hanya membutuhkan gadget dan kuota internet.

Keunggulan Situs Nonton Film Online
Pemblokiran Situs Nonton Film Online

Situs nonton film online kini banyak tersedia. Sayangnya, di Indonesia, pertumbuhan situs itu dimulai dari kemunculan situs ilegal. Nama situs IndoXXI pasti sudah tak asing di telinga pecinta layanan streaming film secara online. Nama IndoXXI semakin dikenal sejak sekitar tahun 2010.

Kemudahan menonton film online tanpa biaya ini pun membuat orang-orang banyak mengunjungi situs ini. Apalagi, belum ada situs nonton film online legal saat itu. Situs ilegal yang baru lalu makin lama makin bertambah seiring berjalannya waktu.

Nah, munculnya situs ilegal tentu merugikan banyak pihak, terutama para sineas pembuat film yang dibajak. Maka dari itu, Pemerintah pun mengambil langkah pemblokiran situs nonton film online ilegal.

Sejak bulan Juli 2019 hingga Desember 2019, Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) gencar memblokir situs nonton film ilegal.

Proses pemblokiran tersebut tidak berjalan mudah. Sebab walaupun sebuah situs ilegal sudah diblokir, pembuat situs ilegal itu selalu membuat domain situs yang baru.

Sehingga pemberantasan situs ilegal seolah mirip dengan istilah “mati satu tumbuh seribu”.

Daftar Situs Nonton Film Online

Berikut daftar situs nonton film online gratis di Indonesia yang sebenarnya ilegal. Biasanya tersedia berbagai film yang disertai dengan subtitle Bahasa Indonesia. Nama situs di bawah ini mungkin saja berubah menjadi situs dengan domain yang berbeda.

1. IndoXXI (www.indoxxi.pictures)

Yakni situs dengan koleksi film Indonesia, Hollywood, India, Korea, Thailand, dan masih banyak lagi. Namun kabarya situs ini akan segera ditutup pada Januari 2020. Namun jangan khawatir, karena masih ada beberapa website streaming film online lainnya.

2. Bioskop Keren (www.bioskopkeren.guru)

Yakni situs dengan koleksi film Hollywood dan Korea.

3. Bioskop Keren In (www.bioskopkerenin.com)

Yakni situs dengan koleksi film lengkap. Seperti film Hollywood, Mandarin, India, Jepang, Korea, dan Thailand.

4. Indofilm21 (www.indofilm21.org)

Yakni situs dengan koleksi film Indonesia, Hollywood, Thailand, dan lainnya.

5. LK21 (www.lk21tv.com)

Yakni situs dengan koleksi film Hollywood, Jepang, India, dan lainnya.

6. Drama Serial (www.dramaserial.xyz)

Yakni situs dengan koleksi drama seri Korea, Mandarin, dan Hollywood.

7. Duta Film (www.dutafilm.live)

Yakni situs nonton film dan drama seri Hollywood, Korea, Mandarin.

8. KorDramas (www.kordramas.com)

Yakni situs nonton film, drama seri, dan variety show khusus produksi Korea.

Sedangkan untuk situs nonton film online legal, kamu bisa mengunjungi link berikut ini. Tenang saja, sebab enggak semuanya menarik bayaran untuk berlangganan. Kamu tetap bisa menikmati sebagian film dengan gratis kok.

(Baca Juga: 5 Film Pilihan Bulan Desember 2019 Plus Kiat Irit Nonton Bioskop)
9. Netflix (www.netflix.com)

Ini adalah situs nonton film online asal Scotts Valley, California, Amerika Serikat. Didirikan oleh Reed Hastings dan Marc Randolph sejak tahun 1997. Netflix menyediakan film-film dunia yang popular dan juga memproduksi serial lokal. Di Indonesia, situs ini masuk pada awal tahun 2016.

Kamu harus memiliki akun dan membayar sejumlah uang untuk nonton. Biaya langganan di Netflix didasarkan pada paket. Untuk paket Dasar harganya Rp 109 ribu, paket Standar Rp 139 ribu, dan paket Premium Rp 169 ribu.

Tapi jangan khawatir, ada promo free trial yang memungkinkanmu mencoba Netflix tanpa bayaran selama sebulan. Netflix juga tersedia dalam aplikasi yang bisa kamu unduh di App Store dan Play Store.

10. Viu (www.viu.com)

Mulanya, provider media asal Hong Kong ini hanya menyediakan serial Korea saja. namun seiring berjalannya waktu, Viu menyediakan drama seri lokal, serta film-film Asia.

Biaya langganannya tergantung dari jangka waktu yang dipilih. Yakni Rp 10 ribu per minggu, Rp 30 ribu per satu bulan, Rp 75 ribu per 3 bulan, Rp 100 ribu per 6 bulan, dan Rp 200 ribu per 1 tahun.

Jika kamu enggak membayar uang langganan, kamu bisa menjadi pengunjung regular yang menonton sebagian koleksi film di Viu. Namun memang tak semua film bisa kamu tonton gratis, sehingga sifatnya terbatas.

Aplikasi Viu tersedia di App Store dan Play Store.

11. Iflix (www.iflix.com)

Iflix berasal dari Malaysia memberikan layanan langganan nonton TV seri dan film. Mulai dari film Indonesia, Malaysia, Hollywood, Jepang dan Korea. Biaya langganan di Iflix juga cukup murah, yakni Rp 39 ribu per bulan dan Rp 108 ribu untuk langganan 3 bulan.

Iflix juga bisa kamu unduh di App Store dan Play Store.

12. HOOQ (www.hooq.tv)

Keunggulan dari HOOQ adalah tersedianya tayangan berbagai video yang layak ditonton oleh anak-anak. Hooq berasal dari Singapura, dan mulai ekspansi di Indonesia pada tahun 2017 dengan menggandeng Indiehome Telkom.

Biaya langganan per bulan dipatok seharga Rp 63 ribu. Dengan penawaran gratis nonton 3 bulan pertama (untuk pengguna baru), film dan serial TV lokal dan Hollywood tanpa jeda iklan, langganan saluran TV berbayar yang bisa dinikmati di laptop, desktop, tablet, dan smartphone. Aplikasi HOOQ juga tersedia.

13. Vidio (www.vidio.com)

Ada juga situs nonton film online yang berasal dari Indonesia, yakni dibuat oleh SCTV yang dikenal sebagai saluran TV. Vidio yang dirilis tahun 2014 menyediakan layanan nonton berbagai saluran TV lokal, film Indonesia, Korea, hingga Hollywood.

Paket untuk pelanggan premier bisa kamu nikmati mulai harga Rp 10 ribu per minggu, dan paling mahal Rp 500 ribu untuk satu tahun. Layanan tambahan dari bayaran ini adalah tontonan liga Eropa, NBA, TV internasional, dan beberapa drama Korea populer.

Sedangkan tanpa bayaran, kamu bisa menonton film Indonesia, Korea, dan program TV lokal. Agar lebih mudah, unduh aplikasi Vidio di App Store dan Play Store.

14. Google Play (www.play.google.com)

Terakhir, ada situs nonton film online dari Google. Kamu memang tak perlu membayar biaya langganan. Namun kamu bisa membeli dan menyewa film yang ingin kamu tonton mulai dari harga Rp 25 ribu. Aplikasi Google Play biasanya juga tersedia sebagai aplikasi bawaan dari smartphone Android.

Nah, itu dia berbagai situs nonton film yang bisa kamu gunakan. Segala pembayaran dapat lebih mudah dilakukan dengan kartu kredit. Ajukan berbagai kartu kredit sesuai kebutuhanmu melalui CekAja.com.

Tentang Penulis

Vera Khairifah

A content writer and socmed enthusiast