4 Situs Rumah Murah Sitaan Bank BUMN Beserta Pilihan Pinjaman Dana untuk Biaya Renovasi

6 min. membaca Oleh Ayunindya Annistri on

Situs rumah murah sitaan bank BUMN kerap kali dijadikan acuan bagi masyarakat yang ingin membeli sebuah hunian. Sebab, harga yang ditawarkan dari situs pelelangan rumah ini dianggap jauh lebih murah ketimbang harga perdananya.

Tips Membeli Rumah Murah Sitaan Bank BUMN

Rumah murah sitaan bank BUMN belakangan ini banyak dipasarkan, dan tak jarang jadi primadona di kalangan masyarakat Indonesia yang ingin membeli rumah, namun dengan harga miring.

Beberapa bank yang menyediakan situs khusus menjual rumah sitaan ini adalah Bank BTN, Bank Mandiri, Bank BRI dan Bank BNI.

Adanya pelelangan tersebut, biasanya dari rumah-rumah hasil sitaan bank terhadap debitur yang sulit melunasi hutang cicilannya kepada pihak bank terkait.

Bagi bank, rumah sitaan adalah aset berharga di mana pihak pemberi pinjaman ini hanya menginginkan sisa uang mereka kembali utuh, seperti apa yang sudah dijanjikan dalam proses kredit.

Maka dari itu, enggak heran jika harga yang ditawarkan untuk rumah sitaan lebih murah dari harga pasarannya.

Dilansir dari Kompas.com, menurut CEO Indonesia Property Watch Ali Tranghanda, untuk membeli rumah murah sitaan bank BUMN, setidaknya masyarakat harus memastikan beberapa hal sebelum membeli rumah. 

Pertama, cari informasi mengenai harga pasaran di sekitar rumah yang dilelang, apakah jadi lebih murah jika dikalkulasikan dengan biaya perbaikan atau tidak.

Apabila harganya justru mengalami kenaikan yang cukup tinggi ketimbang rumah baru, sebaiknya pikirkan kembali untuk membeli rumah tersebut.

Kedua, cek lokasi rumah yang akan dibeli. Sebaiknya pilih lokasi yang strategis dan mudah diakses dari jalan raya, serta memiliki fasilitas umum maupun yang menunjang kegiatan ekonomi.

Sehingga kalau ingin menjualnya kembali, kemungkinan harga awal yang bisa kamu tawarkan lebih tinggi ketimbang, saat pertama kamu membeli rumah murah sitaan bank BUMN tersebut.

Nah, untuk masalah legalitasnya sendiri, Ali kembali menegaskan jika masyarakat enggak perlu khawatir akan hal itu.

Sebab, semua surat maupun proses yang dilalui tentu saja sudah diverifikasi oleh pihak bank.

(Baca Juga: 5 Lokasi Tanah Cocok untuk Investasi)

Situs Rumah Murah Sitaan Bank BUMN

Nah, untuk kamu yang berminat membeli rumah murah sitaan bank BUMN, berikut ini CekAja bagikan 4 situs bank yang menyediakan layanan pelelangan rumah sitaan.

1. Situs rumah murah sitaan dari Bank BTN

Situs resmi: https://rumahmurahbtn.co.id/

Bank BTN hadir untuk melayani masyarakat Indonesia dengan berbagai produk finansial yang mereka miliki.

Selain menyediakan produk tabungan dan kredit, bank ini juga memberikan layanan yang diberi nama rumah murah sitaan bank BUMN.

Dengan proses yang jauh lebih praktis, kamu bisa langsung mengecek berbagai pilihan rumah sitaan lewat situs Rumah Murah BTN tersebut.

Selain melalui laman resmi, kamu juga bisa mengunduh aplikasi Rumah Murah BTN itu, baik di Google Play Store maupun App Store.

Di situs Rumah Murah BTN, kamu bisa mencari berbagai pilihan rumah, apartement, hingga tanah dari seluruh pelosok tanah air.

Harga rumah yang ditawarkan pun beragam, namun rata-rata mulai dari Rp20 juta hingga Rp1 miliar lebih.

Nah, ngomong-ngomong mengenai cara mengikuti pelelangan dari rumah murah sitaan bank BUMN ini sendiri, pertama-tama cukup akses laman Rumah Murah BTN.

Lalu tentukan aset yang ingin kamu beli entah itu rumah, apartement, atau hanya berupa tanah kosong.

Setelah itu, hubungi petugas Bank BTN yang mengelola agunan atau jaminan tersebut, lalu lengkapi seluruh dokumen diri dan survey lokasi.

Terakhir, ikuti proses lelang dengan biaya jaminan sebesar 20 persen dan kamu pun bisa mendapatkan rumah impianmu.

2. Situs rumah murah sitaan dari Bank BRI

Situs resmi: https://infolelang.bri.co.id/

Situr rumah murah sitaan bank BUMN yang selanjutnya bisa kamu akses adalah InfolelangBRI.

Situs yang dibuat khusus oleh Bank BRI untuk masyarakat Indonesia ini, menyuguhkan berbagai informasi menarik seputar jenis aset.

Mulai dari rumah tinggal, gudang, tanah kosong, pabrik, hingga kendaraan yang dijual baik dengan mekanisme lelang maupun “jual damai”.

Nah, pada status “dijual damai”, yang dimaksud penjual dalam transaksi ini adalah pemilik aset atau nasabah dari Bank BRI itu sendiri.

Sehingga bisa dibilang, Bank BRI hanya sebagai perantara dalam memberikan informasi mengenai aset yang akan dijual kepada khalayak.

Melalui situs Infolelang BRI, calon pembeli bisa mendapatkan rumah sitaan dengan harga miring di berbagai lokasi di seluruh Indonesia.

Mengenai harganya, rata-rata harga pelelangan rumah yang ditawarkan pada situs tersebut mulai dari Rp25 juta hingga Rp2 miliar.

Sementara untuk urusan syarat pelelangannya sendiri, setidaknya kamu mesti memenuhi 9 syarat umum untuk mendapatkan rumah murah sitaan bank BUMN ini, diantaranya:

  • Penawaran lelang dilakukan secara langsung dengan cara lisan dan harga penawaran semakin meningkat 
  • Setiap peserta lelang wajib menyetor uang jaminan ke rekening KPKNL Pelaksana
  • Lelang paling lambat 1 hari sebelum pelaksaan lelang, dengan mencantumkan nama penyetor pada slip setoran
  • Satu slip setoran uang jaminan hanya berlaku untuk satu obyek lelang
  • Peserta lelang merupakan perseorangan atau badan usaha dan dapat hadir dengan menunjukkan bukti identitas diri
  • Peserta lelang wajib mendaftarkan diri kepada Pejabat Lelang dengan menunjukkan bukti setoran yang sah 
  • Pemenang lelang yang ditunjuk wajib melunasi harga lelang dan bea lelang sebesar 1 persen dalam waktu sekurang-kurangnya 3 hari sejak hari pelelangan
  • Apabila sampai waktu yang ditetapkan pemenang lelang belum melunasi harga lelang, maka dia akan dinyatakan sebagai wanprestasi dan uang jaminan lelang menjadi milik negara
  • Setiap peserta lelang wajib melalukan penawaran paling sedikit sama dengan Nilai Limit
  • Apabila terjadi pembatalan atau penundaan lelang karena suatu hal, maka peserta lelang tidak diperkenankan untuk menuntut apapun kepada KPKNL maupun Bank BRI

3. Situs rumah murah sitaan dari Bank Mandiri

Situs resmi: https://lelang.bankmandiri.co.id/

Selain BRI, Bank Mandiri juga menyediakan situs khusus untuk masyarakat yang ingin membeli rumah murah sitaan bank BUMN.

Jika kamu ingin mengikuti pelelangan rumah, bisa langsung akses laman LelangBankMandiri.

Di laman tersebut, kamu bisa mendapatkan keseluruhan informasi mengenai jadwal lelang yang akan dilakukan di berbagai daerah di Indonesia.

Harga pelelangan yang ditawarkan khususnya pada tanah dan bagunan biasanya dimulai dari Rp100 juta hingga Rp1 miliar ke atas.

Kamu bisa langsung cek laman resminya dan pilih menu “Daftar Agunan” yang terdapat di bagian kiri atas website.

Untuk ketentuan syarat sekaligus pertanyaan-pertanyaan lain seputar pelelangan, bisa kamu temukan di menu “Informasi Lelang”.

4. Situs rumah murah sitaan dari Bank BNI

Situs resmi: https://lelangagunan.bni.co.id/

Terakhir, tempat pelelangan rumah murah sitaan bank BUMN yang bisa dipilih adalah Bank BNI.

Salah satu bank besar milik pemerintah yang sudah ada sejak 1946 ini, setidaknya telah memiliki 2104 agunan berupa rumah tinggal yang siap dilelang.

Melalui situs lelang agunan, BNI berharap bisa membantu masyarakat dan investor dalam memenuhi kebutuhan akan informasi properti dan lain-lain yang dimiliki oleh BNI, sekaligus menjadi penghubung antara calon pembeli dan pemilik agunan.

Kamu bisa mendapatkan rumah murah sitaan bank BUMN hanya dengan mengakses laman lelang agunan yang sudah disiapkan khusus BNI ini.

Harga pelelangannya juga hampir mirip dengan tiga bank sebelumnya, yakni kisaran puluhan juta hingga miliaran rupiah.

Untuk informasi lebih lanjutnya, kamu bisa langsung akses laman tersebut dan pilih menu “Syarat dan Ketentuan”. Setelah itu, cek deh seluruh daftar agunan yang disediakan oleh Bank BNI. Praktis bukan?

(Baca Juga: 7 Tips Renovasi Rumah dengan Bujet Pas-pasan)

Sudah Beli Rumah? Berarti Kini Saatnya Merenovasi dengan Pinjaman CekAja

Nah, setelah membeli rumah murah sitaan bank BUMN dari salah satu situs bank di atas, sekarang waktunya kamu merenovasi rumah tersebut agar benar-benar sesuai dengan keinginanmu.

Caranya gampang kok, cukup cari referensi interior rumah di internet, kemudian cari tukang bangunan yang terpercaya namun dengan harga menyesuaikan bujet kamu.

Tapi, gimana kalau bujetnya masih kurang banget? Tenang, enggak perlu sedih!

Selain mengandalkan duit tabungan, kamu juga bisa mencari tambahan dana lewat pinjaman uang tunai dari CekAja.com.

Melalui CekAja, kamu bisa mendapatkan pinjaman tanpa agunan dengan bunga terendah eksklusif online hanya 0,65 persen saja.

Proses pengajuan cepat beserta pencairan dana yang hanya membutuhkan waktu satu minggu saja, termasuk beberapa keunggulan yang dimiliki oleh portal finansial pilihan jutaan masyarakat Indonesia ini.

Selain itu, di CekAja.com juga kamu bisa membandingkan dulu mana produk pinjaman dari mitra bank yang dimiliki aggregator financial tersebut, yang sekiranya paling sesuai dengan kebutuhanmu.

Jadi, sehabis membandingkan, kamu bisa langsung apply pinjamannya di CekAja saja.

Gimana? Benar-benar sangat praktis bukan? Yuk, langsung dapetin pinjaman dana tunai untuk biaya renovasi rumah hanya di CekAja.com

Tentang kami

Ayunindya Annistri

Ayunindya Annistri