Membuka akses finansial untuk jutaan masyarakat Indonesia

24 sec. read

Skripsi Baru Kelar Tapi Mau Kerja Sebelum Wisuda? Gampang, Ini Tipsnya

by Rafly Aditia on 12 August, 2016

Halo, para calon sarjana! Di tengah-tengah momen menunggu waktu wisuda, berbagai rencana mungkin mulai bermunculan. Salah satunya pasti tentang mencari pekerjaan, bukan?

Di tengah persaingan kerja yang ketat, kamu pasti khawatir dengan ketersediaan peluang kerja. Apalagi kondisi ekonomi yang lesu membuat banyak perusahaan gulung tikar. Meski demikian, kamu jangan putus semangat. Tetap optimis dan terus berusaha. Nah, biar kamu bisa kerja sebelum wisuda, berikut ini 6 kiat yang harus dilakukan:

Ambil tes TOEFL

Mahir berbahasa Inggris adalah keahlian yang sangat dipertimbangkan di dunia kerja. Untuk itu, kamu perlu kemampuan bahasa Inggris yang baik dan dapat dipertanggungjawabkan. Di mata perusahaan, nilai kamu akan semakin tinggi jika sudah memiliki sertifikat TOEFL dengan skor tinggi.

Ya, TOEFL (Test of English as a Foreign Language) dengan nilai 500 ke atas bakal sangat membantu mencari pekerjaan. Untuk itu, segera ikuti tes TOEFL dari sekarang agar nantinya bisa mempercantik CV saat melamar kerja. Harga tes TOEFL sendiri relatif, namun rata-rata di Indonesia berkisar antara Rp 300 ribu – Rp 500 ribu. (Baca juga: Profesi yang Cocok untuk Orang yang Sulit Bangun Pagi)

Minta Surat Keterangan Lulus dari Kampus

Biasanya setelah dinyatakan lulus sidang skripsi dan selesai menyetor syarat kelulusan, bakal ada jeda waktu cukup lama sebelum wisuda. Agar tidak buang waktu, sebaiknya kamu langsung cari pekerjaan. Mnta surat keterangan lulus dari kampus agar dapat melamar pekerjaan dengan status sarjanamu.

Cari surat keterangan magang dan rekomendasi

Biasanya di tahun ketiga perkuliahan kamu diminta oleh dosen untuk ikut program magang. Ternyata, program magang sangat berguna. Perusahaan biasanya sangat mempertimbangkan surat keteragangan magang dan rekomendasi dari perusahaan tempat kamu magang saat merekrut freshgraduate.

Ikuti berbagai pelatihan kerja

Tidak ada salahnya mengikuti berbagai pelatihan kerja yang diselenggarakan di kampus kamu. Sebab hal itu dapat meningkatkan kemampuanmu di berbagai bidang. Selain itu kamu juga bakal memperoleh sertifikat yang bisa disertakan saat melamar kerja .

Kunjungi career development & job fair

Manfaat berbagai event career development dan job fair untuk mempersiapkan dirimu memasuki dunia kerja. Dengan usaha yang lebih keras, semoga saja doamu untuk mendapatkan pekerjaan segera terwujud. (Baca juga: Cara-cara Unik yang Bisa Membebaskan Kamu dari Utang)

Jangan malas apply kerja secara online

Saat ini banyak hal sudah bisa dilakukan secara online, mulai dari mencari pinjaman uang hingga melamar pekerjaan. Maka dari itu, daftarkanlah dirimu di situs-situs pencari kerja. Kamu pun tidak perlu mengeluarkan uang, malah bisa lamaran yang dikirim lebih efektif.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.

×

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami