Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Sneaker, Action Figure, dan Komik Bisa Jadi Benda Investasi, Benarkah?

by JTO on 11 Mei, 2015

investasi barang langka - CekAja.com

Hobi mengoleksi barang-barang unik mungkin biasa. Namun menjadikan hobi tersebut sebagai ganti membeli saham, itu baru luar biasa! Pasalnya kegemaran untuk membeli dan mengumpulkannya bisa menghasilkan uang. Bahkan, jika beruntung mendapatkan benda yang termasuk limited edition, harganya bisa melambung hingga 200 kali lipat.

Sebagian dari kita pastinya sudah biasa mendengar seseorang yang memiliki hobi mengoleksi sebuah benda. Kegiatan ini sudah banyak yang melakukannya sejak dulu, mulai dari koleksi perangko, uang, hingga mobil klasik. Semua dilakukan atas dasar kegemaran dan kepuasan.

Akhir-akhir ini, muncul pilihan benda koleksi baru yang digarap oleh para kolektor muda masa kini. Benda koleksi yang dikumpulkan seperti sneaker, action figure, serta komik. Peminat dari benda-benda koleksi yang sedang digandrungi ini berasal dari berbagai negara. Sebenarnya, apa yang membedakan benda-benda tersebut dengan benda koleksi lain? Mulai dari menganggapnya seperti membeli sebuah saham, hingga keuntungan 200 kali lipat. Penasaran?

Sneaker

Koleksi sneaker - CekAja.com

Seiring perkembangan mode, sepatu yang terbuat dari sol karet dan bagian atas berbahan kanvas, serta populer disebut sneaker ini memiliki fungsi yang kian beragam. Tidak jarang bila model yang unik dan terbatas sering dikeluarkan oleh beberapa produsen. Bagi pecinta merek tertentu, mereka pun tidak segan untuk mengeluarkan kocek yang besar demi mendapatkan edisi terbatas itu.

Tidak heran di dalam salah satu tulisan blogger muda di bidang finansial bernama Simon Zhen berjudul Popular Nike Sneakers Can Be Better Investments Than Stocks, dirinya menjelaskan konsep-konsep investasi sederhana untuk membeli saham yang dapat diaplikasikan juga untuk pembelian sneaker. Zhen mengatakan alasan yang sama. Menurutnya konsep itu bisa terjadi karena saat ini semakin banyak orang yang berminat untuk memakai sneaker. Di sisi lain, jumlah sneaker yang tersedia di pasar semakin menurun.

Seperti layaknya sebuah mobil klasik, sneaker juga perlu perawatan rutin. Terutama, jika sering menggunakannya. Menurut Zhen, jika dapat merawat sneaker dengan baik untuk jangka waktu satu atau dua tahun, maka Anda sudah dapat memetik keuntungan dari penjualan sneaker tersebut.

Contohnya pada Agustus 2010, Zhen membeli sneaker Air Max produksi Nike yang dikeluarkan tahun 90-an seharga US $94,99. Karena biasanya Nike tidak mengeluarkan model sejenis dalam jangka waktu dua tahun kedepan, maka Zhen menggunakan jangka waktu ini sebagai dasar perhitungannya. Kemudian pada 2013, dia dapat menjual sneaker tersebut seharga US $130, atau setara dengan 16,98% keuntungan per tahun — lebih tinggi dari index S&P yang hanya berkisar sekitar 9-10%. Bahkan, dirinya mengaku tidak akan terkejut jika sneaker ini nantinya bisa dijual di harga US $150. Luar biasa, bukan?

Kelebihan untuk dapat digunakan seperti di atas inilah yang membuat kaum muda, seperti Zhen, memilih untuk membeli sneaker daripada saham. Karena selain mendapatkan keuntungan dari peningkatan harga sneaker, Zhen juga dapat menggunakannya untuk keperluan praktis. Namun,  seperti membeli saham, tetaplah penting untuk memilih model sneaker yang tepat sehingga dapat menghasilkan keuntungan yang terbaik ketika berniat untuk menjualnya.

Komik

koleksi komik - CekAja

Koleksi komik memang sudah dilakukan oleh sebagian orang sejak dulu. Namun, pasar komik-komik langka ini baru berkembang akhir-akhir ini. Terutama didukung oleh adanya pemutaran film-film yang didasarkan pada cerita di komik. Lalu, bagaimana buku cerita bergambar ini bisa jadi investasi?

Ya, itu terjadi pada komik Ultimate Spider-Man edisi #29 yang dijual di eBay. Harga standar atau harga toko yang seharusnya untuk komik tersebut hanya US $3. Namun, karena terbatasnya edisi, komik edisi tersebut dapat dijual dengan harga US $600 atau 200 kali dari harga toko. Contoh lain komik yang menjadi investasi adalah “Iron Man” edisi #55 yang memperkenalkan seorang penjahat bernama Thanos. Dikutip dari artikel 5 Comic Book Series That Could Be Excellent Investments yang diterbitkan oleh DailyFinance, tahun lalu komik keluaran tahun 1973 tersebut sempat dijual dengan harga US $1.000 dolar sehubungan dengan akan diputarnya salah satu film Marvel yang memunculkan karakter Thanos, yaitu Guardians of the Galaxy pada 2014.

Ada juga komik berjudul “Action Comics” No.1 keluaran tahun 1983 yang hanya tersedia sebanyak 50 kopi. Komik tersebut menampilkan edisi perdana karakter Superman. Dikutip CNBC, pada 2011 aktor Hollywood Nicolas Cage menjual komik—yang awalnya hanya dijual seharga 10 sen — tersebut dengan harga US $2,16 juta dolar.Luar bisa, bukan?

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika Anda berminat melakukan hal ini. Diantaranya, beli judul komik yang sudah cukup dikenal, cari komik-komik yang langka, hindari adanya tanda tangan, dan cari komik-komik yang menceritakan penampilan pertama dari karakter terentu. Selain itu, Anda sebaiknya mengemas koleksi komik Anda dengan baik di dalam sebuah plastik dan menyimpannya di suhu ruangan.

Die cast & action figure

Tidak ada yang menyangka mainan berupa die cast mobil atau tokoh superhero (action figure) saat ini memiliki nilai yang tinggi. Hal itu dibuktikan pada pameran Battle Of The Toys 2013 di Jakarta, Oktober 2013. Pada pemeran tersebut, action figure Iron Man setinggi 30 cm yang sedang dipamerkan di acara dibanderol seharga Rp25 Juta. Alasannya, benda action figure Iron Man tersebut dinilai para kolektor merupakan edisi yang langka.

Seperti benda hobi lain, mulanya para kolektor mainan yang mengumpulkan die cast atau action figure ini karena kegemaran. Seiring dengan langkanya mainan tersebut atau beberapa kolektor lain yang berminat akan mainan yang dianggap langka, maka otomatis akan mengerek nilai ekonomi dari mainan yang dianggap langka. Tidak heran jika saat ini banyak kolektor saling bertukar informasi tentang tren mainan langka yang jadi buruan tersebut di dunia online. Bahkan, tidak segan untuk membandrolnya dengan harga tinggi dan fantastis.

Untuk hobi yang satu ini, Anda memang tidak dapat memanfaatkannya untuk keperluan praktis seperti sneaker. Namun, jika mengoleksinya, Anda perlu melakukan perawatan dan membersihkannya dari debu dan kotoran yang menempel untuk menjaga kualitas. Walaupun tidak ada rambu-rambu yang jelas untuk melakukan investasinya, tetap ada beberapa panduan yang bisa di gunakan. Bila tujuannya investasi, paling penting adalah Anda perlu mengetahui dimana bisa membeli dan menjualnya.

Bagi Anda yang tertarik untuk mencoba hobi koleksi sneaker, action figure maupun komik, saat ini sudah banyak komunitas-komunitas yang berkembang di Indonesia. Jenisnya pun sudah mulai beragam, sesuai dengan genre masing-masing. Bahkan, saat ini komunitas tersebut sudah terbagi lagi sesuai dengan daerah-daerah di Indonesia. Jadi, selamat mencoba!

Tentang Penulis

JTO

Penulis dan jurnalis yang menetap di tanjung laut Batavia.