Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

24 sec. read

Solusi Mahalnya Biaya Operasi Usus Buntu

by lhmdi on 16 February, 2016

fakta asuransi kesehatan - CekAja.com

Apa pun jenis perawatan kesehatan termasuk biaya operasi usus buntu pastinya membutuhkan biaya yang besar. Bagian dari organ tubuh yang berbentuk tabung kecil ini memiliki ukuran 5 hingga 10 cm ini terhubung langsung dengan usus besar.

Oleh karena itu, ketika akan melakukan perawatan dengan cara operasi maka dibutuhkan biaya operasi yang sangat besar. Itu pun bergantung pada jenis operasi yang akan dilakukan.

Dalam dunia kedokteran saat ini, terdapat tiga jenis operasi usus buntu yaitu,Operasi apendektomi simple, Operasi menggunakan metode laparoskopi, serta operasi menggunakan metode laparotomi.

Lalu, seberapa besar biaya yang akan dikeluarkan untuk operasi usus buntu? Sebelumnya kami akan berbagi informasi terlebih dahulu tentang usus buntu.

Hal yang perlu kamu waspadai  terlebih dahulu adalah gejala dari gangguan usus buntu. Beberapa diantaranya adalah terjadinya pembengkakan pada perut, kehilangan nafsu makan, tidak bisa buang gas, mual diikuti muntah, demam, mengalami perih saat buang air kecil dan kram perut.

rp_CekAja-Daftar-Kartu-Kredit-belanja-online-harbolnas- CekAja.com

Bahkan yang paling parah. penyakit usus buntu sering diduga sebagian masyarakat sebagai sebagai penyakit lain seperti keracunan makanan, sindrom iritasi usus yang parah,dan infeksi saluran kemih.

Beberapa penyebab dari usus bantu pun beragam. Meskipun belum ada penelitian ilmiah yang memastikan secara detil tentang alasan terjadinya ini pada bagian tubuh, namun ditinjau dari anatomi fisik manusia, gangguan usus buntuk bisa disebabkan karena kelenjar getah bening yang membengkak dalam dinding usus.

Pembengkakan ini pun sering terjadi karena adanya infeksi saluran pernapasan atas pada setiap manusia. Nah! Penyumbatan yang dimulai dari pembengkakan pernafasan ini yang akan menyebabkan inflamasi sehingga memicu terjadinya pecah usus buntu. Biaya operasi usus buntu tidak murah. Tapi, biaya operasi usus buntu dengan bpjs, akan meringankan bujet.

Berapa biaya operasi usus buntu

Setelah mengetahui penyebab beserta gejala dari usus buntu biasanya masyarakat akan segera memeriksakannya ke dokter. Solusi yang paling tepat dari kejadian ini adalah operasi. Namun, biayanya pun tergolong mahal, mengingat ada tiga jenis operasi  usus buntu yang bisa dilakukan. Berapakah biaya operasi usus buntu dengan laparoskopi? Jawabannya, biaya operasi usus buntu di rs siloam senilai biaya operasi usus buntu surabaya.

Hal ini bisa ditambah dengan biaya sewa kamar, perawatan, hingga obat-obat yang mahal. Tidak jarang masyarakat kesulitan dalam mendapatkan biaya yang pas. Namun, sebenarnya ada dua penyelesaian yang bisa dilakukan jika ingin melakukan operasi usus buntu.

  1. Menggunakan layanan dari BPJS Kesehatan akan membantu seseorang untuk memudahkan biaya operasi usus buntu. Caranya, tentu saja dengan menggunakan sistem berjenjang melalui fasilitas kesehatan pertama yang kemudian memberikan rujukan untuk melakukan operasi di rumah sakit tertentu. Cara ini akan memberikan tanggungan biaya operasi usus buntu bagi pasien peserta BPJS Kesehatan yang sudah memenuhi prosedur.

Jika disetujui bahkan bukan tidak mungkin BPJS kesehatan akan menanggung sebagian dari biaya operasi yang akan dikeluarkan. Sisanya dibayarkan oleh pasien yang tertanggung. Namun, jangan khawatir cara ini tentunya akan membantu mengurangi beban keuangan kamu saat membayarkan sejumlah biaya operasi.

  1. Menggunakan layanan asuransi pun bisa menjadi salah satu cara untuk meringankan beban biaya operasi. Apalagi jika seseorang sudah cukup lama menginvestasikan uangnya melalui asuransi. Tidak jarang pula pihak asuransi akan membayar penuh biaya operasi yang akan dilakukan.

Jadi, tidak salah rasanya mulai dari sekarang untuk mempersiapkan sebagian uang untuk berinvestasi di asuransi untuk kesehatan.

  1. Menggunakan dana pinjaman dari kredit dengan agunan pun bisa menjadi solusi jika memang benar-benar butuh biaya operasi yang sangat mendadak, apalagi ketika terjadinya gangguan usus buntu. Jumlah dana yang besar pun bisa dijadikan sebagai pertimbangan, Karena setelah operasi biasanya akan membutuhkan waktu untuk biaya perawatan dan lain sebagainya.

Tentang Penulis

Penulis yang hobi traveling ke daerah pelosok yang belum terjamah.

×

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami