Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

4 menit waktu bacaan

Solusi Rumah Tetap Bersih Ketika ART Mudik

by Achmad Fauzi on 6 Juni, 2018

Menjelang Hari Raya Idul Fitri, Anda harus siap ditinggal asisten rumah tangga yang mudik. Pastinya, Anda akan merasa kerepotan untuk merawat dan membersihkan rumah saat ditinggal ART pulang ke kampung halamannya.

renovasi rumah _ asuransi properti - CekAja.com

Namun, Anda tak perlu khawatir akan hal tersebut. Saat ini, banyak perusahaan berbasis online yang menawarkan jasa membersihkan dan merawat rumah.

Anda hanya perlu memesan jasa membersihkan rumah lewat gadget Anda. Kemudian salah satu petugas akan datang dan langsung membersihkan rumah Anda. ‎Dengan begitu, rumah Anda akan tetap terlihat bersih dan terawat.

Nah, perusahaan apa saja yang menawarkan jasa merawat dan membersihkan rumah? Berikut ini perusahaan berbasis online yang akan sangat membantu Anda ketika tak ada ART.

Go-Clean

Go-Clean adalah salah satu layanan yang terdapat di Aplikasi Go-Jek. Anda hanya perlu menginstal aplikasi Go-Jek dan memilih fitur Go-Clean untuk menggunakan layanan Go-Clean. Layanan Go-Clean ini bisa diorder mulai pukul 00.00 sampai 22.00, sedangkan pelayanannya mulai pukul 14.00 sampai 24.00.‎

Layanan yang diberikan Go-Clean diantaranya membersihkan ruang pribadi, membersihkan kamar mandi, menyetrika, mencuci piring, membersihkan lemari, membersihkan peralatan dapur, membersihkan lemari es, membersihkan kompor, sampai membersihkan ruang kerja Anda.

Tarif layanan Go-Clean sangat terjangkau, tapi dibedakan dari tersedianya alat atau tidak. Jika Anda menyediakan alat, Anda hanya cukup membayar Rp35.000 per jam. Sementara jika tidak menyediakan alat, tarifnya sebesar Rp45.000 per jam. Apabila Anda ingin menambahkan layanan yang tidak tersedia di Go-Clean, Anda hanya perlu menambah tarif Rp 29.500 per 30 menit. ‎

Sangat murah bukan? Nah dengan adanya layanan Go-Clean rumah Anda tetap terjaga kebersihannya. Saat ini, Go-Clean tersedia di Jadetabek, Bandung, Surabaya, dan Bali.‎ (Baca juga: Tiket Kereta Mudik Masih Ada! Ini Jurus-jurus Mendapatkannya)

Gomaid

Sejenis Go-Clean, Gomaid juga melayani jasa ART online yang dibutuhkan untuk menyelesaikan masalah kebersihan tempat tinggal Anda. Bukan hanya rumah, Gomaid juga bisa membersihkan kamar kos, kantor, dan apartemen Anda.

Layanan Gomaid mulai dari menyapu, mengepel, membersihkan kamar mandi, mencuci piring, membersihkan sofa, membersihkan dinding rumah, membersihkan karpet, dan menyetrika pakaian.

Sistem tarif Go-Maid hampir sama dengan Go-Clean yakni dengan membedakan tersedianya alat atau tidak. Jika alat yang digunakan dari pihak Gomaid maka Anda harus membayar sebesar Rp90.000 per dua jamnya, sedangkan jika alat sudah tersedia di rumah Anda, maka Anda hanya perlu membayar sebesar Rp75.000 per dua jam. ‎

Sementara untuk membersihkan sofa, tempat tidur, serta karpet, tarif layanannya pun berbeda mulai dari Rp20.000 hingga Rp150.000. Tarif tersebut bisa lebih mahal, tergantung dari ukuran benda yang dibersihkan.

Layanan Gomaid baru hanya tersedia di Jabodetabek. Anda bisa memesan layanan Gomaid dari situs gomaid.co.id atau aplikasi Gomaid yang tersedia di Playstore dan iOS. ‎

Seekmi

Berdasarkan keterangan di situsnya, Seekmi adalah jasa layanan servis rumah tangga dan kantor. Layanan yang ditawarkan mulai dari pembersihan AC, layanan pembersihan rumah, dan kantor, layanan binatu, dan masih masih banyak lagi. Saat ini Seekmi telah tersedia di area Jabodetabek dan Cikarang.

‎Tarif layanan Seekmi berbeda-beda. Untuk layanan membersihkan rumah dipatok sebesar Rp50.000 per jam, sedangkan untuk service AC tarifnya dipatok Rp60.000 per jam. Sementara untuk layanan binatu sebesar Rp10.000 per kg dan gratis biaya antar jemput. ‎

Untuk menggunakan jasa layanan Seekmi, Anda hanya perlu memesan di kanal Seekmi.com atau bisa juga bisa memesan dari aplikasi Seekmi yang tersedia di Playstore dan iOS. (Baca juga: INFOGRAFIS: 7 Ruas Tol Baru untuk Mudik Lebaran 2018)

‎Bersih Rapih

Bersihrapih.com juga menyediakan jasa pembersihan panggilan untuk rumah, apartemen, perkantoran, cafe, rumah ibadah, sampai dengan kampus. Layanan yang diberikan diantaranya pembersihan umum, poles, dan kristalisasi lantai, pembersihan vakum, perbaikan karpet, pencucian sofa dan spring bed, hingga pembersihan bak penampungan air atau toren. ‎

Tarif layanan pembersihan berbeda-beda, mulai dari tarif pembersihan umum yang dipatok sesuai dengan luas ruangan yakni sebesar Rp12.000 per meter. Sementara, ‎untuk jasa pembersihan bak penampung air dipatok mulai Rp200.000 ‎per bak.

Kemudian, jasa pembersihan dan pencucian sofa sebesar Rp50.000 per seat, untuk spring bed Rp150.000 per unit, sedangkan jasa pencucian dan pemeliharaan AC Rp40.000 per unit. Dan untuk jasa pencucian, vakum, dan perbaikan karpet harganya mulai Rp12.000 per meter.

Untuk memesan layanan ini, Anda hanya cukup menghubungi costumer service Bersih Rapih atau kunjungi situs resminya di bersihrapih.com.

Itulah beberapa perusahaan dan aplikasi yang bisa Anda manfaatkan memesan layanan pembersih rumah. Dengan begitu Anda tidak perlu repot lagi untuk membersihkan rumah sendiri. Anda bisa santai sambil menonton TV atau melakukan aktivitas lainnya. (Baca juga: Fintech Dinilai Tak Akan 'Ganggu' Perbankan, Cek Faktanya!)

Anda butuh dana ekstra untuk berbagai keperluan? Kunjungi e-commerce finansial nomor satu di Indonesia CekAja.com untuk menemukan pinjaman online dari lembaga keuangan terpercaya.

Tentang Penulis

Jurnalis yang hampir menjadi pemain bola internasional.