Startup Terkaya di Dunia 2021 Ini Bermarkas Di China dan Kalahkan Alibaba

Startup berkembang di masa pandemi. Seolah menemukan celah dan peluang di waktu yang sulit. Dinobatkan sebagai startup terkaya di dunia 2021, membuktikan bahwa tak semua usaha terpuruk karena pandemi.

Istilah startup semakin familiar saat ini, bahkan ada drama Korea yang berjudul Startup dan mengusung tema sebuah perusahaan rintisan berbasis teknologi digital yang saat ini memang sedang trend di kalangan pebisnis muda.

Istilah startup mengacu pada perusahaan yang baru. Pengusaha biasanya akan mendirikan satu perusahaan rintisan dengan niat untuk mengembangkan produk atau layanan berbasis teknologi.

Perusahaan-perusahaan ini umumnya memulai dengan biaya tinggi dan pendapatan terbatas, itulah sebabnya mereka mencari modal dari berbagai sumber seperti modal ventura. Startup mulai dikenal belakangan ini karena semakin berkembangnya teknologi.

Ada banyak contoh startup yang berhasil dan menjadi startup terkaya di dunia 2021. Di Indonesia bisnis startup juga mulai menggeliat.

Nah kali ini kita akan membahas mengenai apa itu startup dan siapa sih startup terkaya di dunia 2021 ini? Simak terus tulisan ini ya!

(Baca Juga: Memulai Bisnis Sendiri atau Franchise?)

Startup Terkaya Di Dunia 2021

Startup Terkaya di Dunia 2021

Startup adalah perusahaan atau usaha yang memiliki fokus satu produk atau layanan yang nantinya akan dikembangkan sebagai perusahaan rintisan berbasis teknologi digital.

Perusahaan-perusahaan ini biasanya tidak memiliki model bisnis yang berkembang sepenuhnya dan, yang lebih penting, kekurangan modal yang memadai untuk pindah ke fase bisnis berikutnya. Sebagian besar perusahaan ini awalnya didanai oleh pendirinya.

Banyak startup beralih ke sumber modal lain untuk mendapatkan lebih banyak dana, misalnya saja keluarga, teman, dan modal ventura. Silicon Valley dikenal sebagai komunitas modal ventura yang kuat dan merupakan tujuan populer bagi para pemula.

Perusahaan startup bisa menginvestasi untuk riset dan usaha pengembangkan produk atau layanan mereka. Riset pasar membantu menentukan permintaan akan produk atau layanan, sementara rencana bisnis yang komprehensif menguraikan pernyataan misi, visi dan tujuan perusahaan, serta strategi manajemen dan pemasaran.

Jika strategi perusahaan berhasil, ini bisa menghasilkan banyak uang. Dan kesempatan menjadi startup terkaya di dunia 2021 terbuka lebar.

Pinduoduo Startup Terkaya Di Dunia

Pinduoduo - Startup Terkaya di Dunia 2021

Ada banyak startup di dunia ini dalam berbagai bidang tentunya. Contohnya Epic Games yaitu pengembang di balik beberapa game paling populer di dunia termasuk Gears of War, Fortnite, dan Infinity Blade, SpaceX milik Elon Musk atau Bytedance dengan TikToknya.

Dan ternyata startup terkaya di dunia 2021 dipegang oleh Pinduoduo yaitu startup e-commerce yang berbasis di China. Bahkan kekayaannya langsung bisa menggeser Jack Ma, pendiri Alibaba.

Lalu apa sebenarnya Pinduoduo ini sampai bisa menjadi startup terkaya di dunia 2021 ini? Yuk simak penjelasannya.

Pinduoduo, Inc. beroperasi sebagai perusahaan induk, yang bergerak dalam pengembangan dan pengelolaan platform e-commerce. Aplikasi seluler Pinduoduo menawarkan pilihan barang dagangan untuk akuisisi dan keterlibatan pembeli.

Startup Terkaya di Dunia Bermarkas di China

Bermarkas di China - Startup Terkaya di Dunia 2021

Perusahaan ini didirikan oleh Hua Lin Cai dan Zheng Huang pada tanggal 20 April 2015 dan berkantor pusat di Shanghai, China. Pinduoduo menjadi terkenal karena sering memasang harga miring untuk barang-barangnya. 

Pinduoduo menjadi startup terkaya di dunia 2021 karena pertumbuhannya yang melesat. Tak sama dengan rivalnya, Pinduoduo lebih fokus ke daerah dan tempat-tempat terpencil di China.

Mungkin itulah mengapa startup ini melesat tajam. Dalam kurun waktu tiga tahun, Pinduoduo tercatat IPO di bursa saham di New York.

Perjalanan Panjang Menjadi Startup Terkaya

Perjalanan Panjang - Startup Terkaya di Dunia 2021

Startup terkaya di dunia 2021 ini bahkan mendapatkan suntikan modal senilai 1,6 miliar dollar AS yang berasal dari IPO. Saham Pinduoduo juga meningkat tajam sekitar 7,77% sehingga bisa meningkatkan kapitalisasi pasar senilai 220 miliar dollar AS.

Perjalanan menjadi startup terkaya di dunia 2021 bukanlah hal yang mudah. Di tengah ramainya suntikan modal besar itu, Pinduoduo dianggap menjual barang-barang imitasi.

Tapi itu tidak membuat Pinduoduo terpuruk, malah semakin pesat pertumbuhannya. Menjadi pendiri Pinduoduo membuat Huang menduduki orang terkaya di China urutan kedua. Nilai kekayaannya tercatat 62,6 miliar dollar AS.

Huang, yang dikabarkan telah mengundurkan diri sebagai chief executive officer pada Juli, melepaskan peran sebagai CEO startup terkaya di dunia 2021 setelah membangun Pinduoduo menjadi raksasa e-commerce yang menyaingi Alibaba Group Holding Ltd.

Perusahaan yang berbasis di Shanghai tersebut melaporkan pengguna aktif tahunan sebesar 788 juta melebihi yang di Perusahaan Jack Ma dengan pendapatan untuk kuartal Desember lebih dari dua kali lipat menjadi 26,5 miliar yuan ($ 4,1 miliar) menjadikan Pinduoduo sebagai startup terkaya di dunia 2021.

Daya Tarik Pinduoduo Dibandingkan Startup Lain

Daya Tarik Pinduoduo - Startup Terkaya di Dunia 2021

Sebagian besar daya tarik Pinduoduo adalah fungsi pembelian kelompok. Jadi pengguna bisa ikut membeli barang dalam kelompok-kelompok.

Makin banyak orang yang bergabung, semakin murah harga barang tersebut. Ini mendorong pembeli untuk membagikan tautan ke barang yang mereka beli dengan teman dan keluarga atau melalui media sosial.

Untuk setiap barang ada jumlah minimum orang yang akan membeli dalam kelompok itu. Jika jumlah minimal tersebut tidak terpenuhi dalam waktu 24 jam, maka pembelian grup dibatalkan dan mereka yang telah membayar uang akan dikembalikan.

Ada pilihan untuk hanya membeli barang secara langsung, tetapi harga produk itu lebih tinggi daripada membeli secara berkelompok. Pinduoduo juga berfokus untuk membuat rekomendasi pribadi dalam aplikasinya.

Nah itu dia ulasan mengenai Pinduoduo sebagai startup terkaya di dunia 2021 yang mungkin perlu kita ketahui mengenai bisnis startup yang meskipun resiko tinggi tapi bisa menghasilkan uang banyak.

(Baca Juga: Apa Sih Modal Ventura Itu?)

Memiliki bisnis dan perusahaan memang menjadi impian mereka yang memiliki jiwa enterpreneur. Namun tidak semua orang mampu memilikinya, karena berbagai hal dibutuhkan untuk mewujudkan impian itu.

Misalnya saja karena keterbatasan pengetahuan, keterbatasan koneksi, bahkan keterbatasan modal yang biasanya menjadi masalah umum. Karena tak semua orang terlahir dari keluarga sultan yang ingin sesuatu tinggal bilang saja.

Masalah modal atau finansial memang sangat sakral. Namun ada banyak cara untuk memperoleh modal untuk memulai bisnis atau mendirikan perusahaan semacam startup.

Sebut saja keluarga, mereka bisa menjadi investor pertama, jika keluarga tak mampu, maka ada teman, rekan, sahabat karib. Dan jika masih tak bisa juga, kita masih ada bank yang akan menggelontorkan dana sebagai modal.

Hanya saja, dana dari bank harus dikembalikan. Ya, kini banyak bank menawarkan pinjaman dana tanpa jaminan atau dikenal dengan istilah KTA (Kredit Tanpa Agunan).

Jumlah pinjaman KTA pun bervariasi, bisa hingga puluhan juta. Dan jelas bisa menjadi infusan dana segar yang akan membantumu membuat perusahaan.

Pengajuan KTA dapat dilakukan melalui kantor bank tujuanmu langsung, atau melalui CekAja.com. Pengajuan KTA CekAja lebih mudah dan cepat, karena dilakukan secara online.

Tak perlu khawatir soal keamanannya, karena CekAja.com merupakan partner resmi yang diawasi oleh BI dan OJK. Jadi, pastikan semua berkas pengajuan pinjamanmu lengkap, dan mulai deh ajukan pinjaman KTA melalui CekAja.com.