Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Strategi Aman Saat Bertransaksi dengan SMS Banking

by Rafly Aditia on 15 Juli, 2017

Walau sudah ada layanan Internet Banking, para nasabah bank juga masih bisa menggunakan fasilitas SMS Banking yang dianggap mempermudah dan aman.

Seperti yang telah diketahui sebelumnya, dengan SMS Banking maka ada banyak sekali jenis transaksi keuangan yang bisa dilakukan lewat SMS hanya dengan mengetikkan format-format khusus. Salah satu bank yang memiliki layanan SMS Banking adalah Bank BRI.

Misalnya jika anda merupakan nasabah BRI maka berbagai transaksi bisa dilakukan mulai dari isi ulang pulsa, cek saldo, pembelian token listrik hingga transfer uang antar bank BRI ataupun bank lain bisa dilakukan lewat SMS Banking BRI.

Bagaimana sih cara melakukan transaksi menggunakan layanan SMS banking? Sebenarnya sih simpel saja, karena yang diperlukan hanyalah kode tertentu sesuai dengan transaksi yang ingin dilakukan dan mengirimkan pesan tersebut kepada nomor yang telah disediakan dari bank. Selain itu, anda juga bisa menggunakan SMS Toolkit yang telah disediakan lewat menu dari SIM Card masing-masing provider.

Tentunya perlu diingat bahwa menu SMS Banking antar provider yang satu dan yang lainnya berbeda, sehingga sebaiknya cari tahu terlebih dahulu mengenai informasi SMS Toolkit dari provider yang digunakan.

Perlu diingat juga, agar dapat memanfaatkan fitur sms banking maka perlu mendaftarkan diri terlebih dahulu ke bank agar mendapatkan password untuk mengakses layanan SMS Banking. Misalnya, jika anda merupakan nasabah BRI maka datanglah ke kantor cabang terdekat untuk melakukan pendaftaran SMS Banking BRI.

Apabila ada hal-hal yang ingin ditanyakan atau dirasa kurang dimengerti maka anda bisa meminta penjelasan kepada petugas terkait penggunaan SMS Banking BRI untuk bertransaksi.

Secara garis besar, sebenarnya layanan SMS Banking memiliki skema sebagai berikut: Anda mengirimkan pesan SMS Banking ke operator — Operator meneruskan pesan kepada aplikasi mobile banking bank terkait – data nasabah diproses pada server core banking dan memberikan respon serta mengirimkan kepada penyedia layanan sms masal – dan kembali diteruskan kepada anda melalui SMS.

Bagaimana agar transaksi menggunakan SMS Banking aman?

Pastinya, agar penggunaan SMS banking aman dan anda terhindar dari hal-hal merugikan lainnya ada beberapa hal yang dapat dilakukan antara lain:

  1. Tidak memberikan PIN SMS banking kepada siapapun
  2. Segera hapus pesan transaksi yang telah terkirim sebelumnya pada HP anda guna menghindari penyalahgunaan oleh pihak lain.
  3. Sebaiknya tidak menyimpan nomor PIN SMS Banking pada HP anda.
  4. Pastikan bahwa nomor yang didaftarkan untuk layanan SMS Banking merupakan nomor pribadi yang anda gunakan.
  5. Apabila HP anda hilang segera hubungi pihak bank untuk segera memblokir akses SMS Banking, untuk mencegah terjadinya penyalahgunaan.
Kelebihan dan kekurangan SMS Banking

Fitur atau layanan SMS Banking ini memang memiliki banyak sekali manfaat untuk bertransaksi. SMS banking sendiri memiliki kelebihan dibandingkan transaksi menggunakan ATM antara lain:

  1. Membantu anda untuk melakukan transaksi keuangan kapanpun dan dimana pun selama hp anda mendapatkan sinyal.
  2. Bukan hanya itu, untuk urusan kemanan sekalipun dapat lebih mudah terjaga karena transaksi keuangan yang dilakukan dengan menggunakan sms banking dapat dengan mudah dihapus agar tidak diketahui orang lain.
  3. Tidak perlu takut dengan gangguan eksternal seperti mati listrik atau putusnya koneksi internet.

Namun, disamping memiliki banyak kelebihan SMS Banking sendiri juga punya beberapa kekurangan, seperti:

  1. Sedikit lebih mahal karena untuk beberapa jenis transaksi dilakukan pengenaan biaya administrasi tambahan. Biasanya tarif yang dikenakan sekitar Rp 500 per transaksi.
  2. Dapat dibilang kurang fleksibel karena pengelolaan transaksi keuangan yang terbatas sehingga tidak bisa melakukan berbagai transaksi keuangan dalam satu waktu sekaligus.
Antara SMS Banking dan Internet Banking

Setelah mengetahui cara menggunakan SMS Banking serta berbagai kelebihan dan kekurangannya, mungkin terlintas di pikiran anda manakah yang lebih baik antara internet banking atau sms banking?

Apabila dilihat dari sisi keamanan, maka penggunaan SMS banking lebih aman karena dengan mudah anda dapat menghapus pesan terkirim guna menghindari akses dari orang-orang yang berniat untuk menyalahgunakan. Belum lagi tidak perlu takut terkait masalah gagal koneksi karena internet bermasalah, gangguan listrik dan sebagainya.

Namun jika dilihat dari sisi kemudahan penggunaan dan tampilan, sebenarnya Internet Banking bisa menjadi pilihan yang tepat. Selama menggunakannya dengan bijak dan tidak memberikan informasi-informasi penting kepada orang lain seperti misalnya informasi PIN yang digunakan, dari segi tampilan juga lebih mudah digunakan dan lebih enak dipandang maka internet banking lebih baik. Tentunya hal ini berlaku dengan catatan memiliki jaringan internet yang stabil.

Oleh karena itu, sebaiknya manfaatkan kedua layanan ini dengan baik jangan hanya bergantung pada satu layanan SMS Banking atau Internet Banking saja. Gunakan kedua layanan yang sangat bermanfaat ini sesuai dengan situasi dan kondisi. Namun yang terpenting, segala transaksi yang anda lakukan hanya boleh dilakukan lewat henpon atau gadget pribadi saja! Hal ini tidak boleh dilanggar guna meminimalisir risiko pencurian data pribadi yang dimiliki.

Tentang Penulis

Rafly Aditia

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami