Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Strategi Atur Keuangan Ketika Usia Sudah “Kepala 4”

by Rafly Aditia on 11 November, 2015

tips atur uang _ investasi - CekAja.com

Bagi kamu yang hampir memasuki usia 40 tahun, beberapa tantangan keuangan pasti sudah terlintas di pikiran. Mulai dari dana masa depan anak, pendidikannya, kesehatan keluarga, dan dana sehari-hari. Semuanya perlu sudah memiliki rencana. Namun, apakah tepat jika baru memulai memikirkannya ketika usia mencapai “kepala 4”. Ternyata tidak.

Mengutip pernyataan CEO sekaligus Founder dari LearnVest.com di New York, mengatakan bahwa semua orang di usia berapapun harus memiliki perencanaan keuangan seperti tabungan masa depan, termasuk saat memasuki usia 40 tahun.

“Tidak memiliki perencanaan keuangan adalah suatu kesalahan yang sangat buruk. Setiap perencanaan keuangan sangatlah spesifik dan penting bagi seseorang, tetapi harus melihat terlebih dahulu pendapatan dan prioritasmu untuk membayar biaya dan utang serta menabung untuk kebutuhan lainnya,”. ujar Alexa Von Tobel seperti dilansir dari situs keuangan bankrate.

Berikut adalah 5 tips keuangan terbaik bagi kamu yang memasuki usia 40an;

Buatlah dana cadangan

Saat kamu memasuki usia 40 tahun, langkah pertama yang mesti dipersiapkan adalah tersedianya dana atau kas cadangan untuk kebutuhan-kebutuhan tidak terduga.

Kamu harus memiliki sejumlah uang di rekening bankmu untuk biaya-biaya yang tidak pernah terduga. Sehingga ketika ada masalah keuangan yang tidak sesuai dengan perkiraan dapat menyelesaikannya dengan dana cadanganmu.

Siapkan dana pensiun!

Taruhlah usia pensiun kamu adalah 60 tahun. Artinya, masih ada waktu 20 tahun lagi jika saat ini kamu berusia 40 tahun. Namun bagaimana jika usia pensiun yang kamu miliki malah lebih singkat, misal 55 tahun. Maka jangka waktu unutk mempersiapkannya pun lebih singkat.

Saat mulai memasuki usia 40 tahun, hal wajib lainnya yang mesti dipersiapkan adalah memiliki perencanaan dana pensiunmu secara matang. Misalnya kami bisa memanfaatkan keuntungan-keuntungan yang bisa didapatkan dari kontrak kerja dengan perusahaanmu.

(Baca juga: Bila Dana BPJS Ketenagakerjaan Cair di Usia 56, Coba Pilih Alternatif Ini)

Bayar segera utang

Jika memiliki utang kartu kredit, seperti dana pinjaman pendidikan, tagihan rumah sakit, dan yang lainnya, lakukan pelunasan utang tersebut dengan segera. Setidaknya berusaha untuk mengurangi utang itu.

Hal ini penting kamu lakukan karena ada bunga yang harus kamu bayar, maka dari itu untuk beberapa kasus kamu dapat melakukan pertimbangan terlebih dahulu ketika ingin berhutang, perhatikanlah tingkat suku bunga yang dikenakan atas pinjaman yang kamu ajukan.

Lagi-lagi investasi

Kami tidak akan pernah bosan untuk mengingatkanmu bahwa berinvestasi itu penting. Kamu harus segera berinvestasi guna menyelamatkan situasi keuanganmu dari kehancuran.

Saat kamu berinvestasi, kamu dapat meraih keuntungan selama kamu berinvestasi dengan penuh perhitungan, analisa, dan keputusan yang bijak didasarkan dengan pengetahuan-pengetahuan yang kamu miliki tentang pilihan investasimu.

(Baca juga: Cara Maksimalkan Gaji untuk Investasi)

Sisihkan dana pendidikan

Di usia 40an biasanya seseorang sudah memiliki anak dengan usia remaja dan memasuki masa sekolah menengah, untuk itu kamu harus segera mempersiapkan dana kuliah untuk anak-anakmu agar mereka mendapatkan pendidikan yang terbaik untuk masa depannya.

(Baca Juga: Berapa Uang Tabungan yang Perlu Dipersiapkan untuk Biaya Masuk Kuliah Anak di Masa Depan?)

Apabila kamu anakmu ingin dan berkesempatan untuk kuliah di luar negeri, maka siapkan dana ekstra untuk biaya pendidikannya. Namun, coba juga lakukan dukungan untuk mendapatkan beasiswa karena hal ini selain berdampak positif bagi dirinya juga berdampak positif bagi situasi keuangan.

Tentang Penulis

Rafly Aditia

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami