Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

2 menit waktu bacaan

Strategi Atur Uang Supaya Bisa Kaya Meski Masih Kuliah

by Rafly Aditia on 20 Maret, 2016

bisnis online - CekAja.com

Mengerti cara mengatur uang adalah salah satu syarat bila ingin merdeka secara finansial. Oleh karenanya, dengan mengetahui perencanaan keuangan yang baik seorang mahasiswa sekalipun bisa kaya.

Tidak sedikit nama enterpreneur muda sukses yang bisa menjadi contoh. Nah, buat kamu mahasiswa yang ingin memiliki masa depan finansial yang cerah, wajib hukumnya mempelajari perencanaan keuangan. Bagaimana sih caranya,  yuk simak strategi atur uang berikut ini:

Cobalah cari pekerjaan sampingan

Apabila saat ini jadwal kuliahmu belum begitu padat, kenapa tidak coba mengambil pekerjaan sampingan. Carilah pekerjaan yang bisa menambah penghasilanmu. Saat ini banyak sekali pekerjaan part-time mulai dari menjadi barista, penulis, desain grafis yang menawarkan gaji lebih dari Rp 2 juta per bulan.

(Baca juga: 7 Pertanyaan Wawancara Kerja yang Bisa Menilai Kecerdasan Emosional)

Berani ambil risiko? Coba berbisnis

Dengan asumsi kamu mahasiswa yang bekerja, penghasilan kamu bisa mencapai Rp 3,5 juta per bulan yang diperoleh dari gaji Rp 2 juta dan uang saku senilai Rp 1,5 juta. Kalau kamu berani ambil risiko, sebenarnya terbuka kemungkinan untuk mendapatkan pendapatan lebih besar lagi dengan berbisnis.

Ada banyak ide yang bisa kamu cobamulai dari menjadi reseller atau berjualan online. Cobalah sisihkan setidaknya Rp 500 ribu per bulan untuk modal bisnis itu. agar kamu bisa mengembangkan uang lebih banyak lagi.

Investasi reksadana bisa jadi pilihan

Kamu masih belum siap untuk berbisnis? Tenang saja, masih ada cara lain untuk mengembangkan jumlah uang yang kamu miliki. Caranya bisa dengan berinvestasi. Ada banyak pilihan investasi di antara investasi reksa dana. Reksa dana merupakan instrumen investasi yang dilakuakn manajer investasi dengan menempatkan uang pada pasar modal. Coba sisihkan paling tidak Rp 1 juta untuk berinvestasi reksadana setiap bulannya.

Bikin tabungan darurat

Ini wajib hukumnya bagi siapapun termasuk kamu yang masih mahasiswa. Dana darurat akan berguna suatu saat nanti apabila ada kebutuhan penting yang membutuhkan uang banyak. Dengan memiliki dana darurat, kamu sebenarnya sudah meminimalisir kemungkinan kesulitan finansial di masa depan.

(Baca juga: Warga Asing Bisa Beli Properti di Indonesia dengan Cara Ini)

Punya kartu kredit? gunakan dengan bijak!

Memang saat ini tidak sedikit mahasiswa yang memiliki kartu kredit, entah itu atas nama dirinya sendiri atau nama orang tua. Kartu kredit memang memudahkan orang dalam bertransaksi, namun sebaiknya, batasilah konsumsi melalui kartu kredit.

Untuk kebutuhan sehari-hari, sebaiknya simpan kartu saktimu itu dan pilihlah pembelian secara tunai. Selain itu, lunasi tagihan kartu kredit yang sudah jatuh tempo.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.