Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

Strategi Generasi 90-an yang Mau Beli Apartemen Sendiri

by Rafly Aditia on 16 Desember, 2015

Memiliki tempat tinggal sendiri pasti merupakan salah satu impian yang ada di benak kamu yang merasakan betapa indahnya tahun 1990-an. Tidak harus tunai, sebab pilihan kredit pemilikan apartemen dengan bunga murah saat ini banyak ditawarkan.

Ya, bagi kamu yang merupakan generasi tahun 90-an tentu memiliki tempat tinggal serta menjalani kehidupan secara mandiri adalah sebuah keharusan.

Tempat tinggal bukan berarti hanya rumah saja, tetapi bisa juga apartemen. Mengingat pada zaman modern ini banyak sekali apartemen yang telah di bangun terutama di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, dan Surabaya tentu sudah menjadi hal yang patut kamu pertimbangkan untuk membeli apartemen.

Mengapa apartemen? Karena biasanya harga apartemen lebih murah dari harga rumah tapak. Selain itu, lokasi apartemen biasanya lebih strategis karena dekat dengan pusat bisnis atau wilayah perkantoran yang dapat mendukung aktifitas pekerjaan. Nah, untuk itu lakukan strategi ini untuk beli apartemen sendiri;

Miliki pekerjaan tetap

Berhubung membeli sebuah tempat tinggal seperti apartemen perlu mengeluarkan uang banyak maka kamu harus mengumpulkan uang terlebih dahulu. Salah satu caranya adalah dengan cara memiliki pekerjaan tetap, mengapa harus pekerjaan tetap?.

Alasannya simpel, dalam membeli apartemen memerlukan uang ratusan juta rupiah sementara bila kamu tidak memiliki uang yang cukup maka kamu harus mengajukan KPR. Nah, saat mengajukan KPR kamu sudah harus memiliki slip gaji dari pekerjaan tetap kamu agar permohonan kredit kamu diterima. Jadi, carilah pekerjaan tetap dengan gaji yang mencukupi bila kamu belum mendapatkannya saat ini.

Sedang cari kredit mobil yang tepat? Pilihannya ada di sini.
Menabung sebesar 30 persen

Apabila kamu sudah memiliki pendapatan tetap misalnya 5 juta rupiah per bulan, maka kamu harus menyisihkan sebesar 30 persen dari pendapatan bulanan kamu yaitu 1,5 juta rupiah. Selama 2 tahun kamu harus mengumpulkan uang ini agar kamu bisa memiliki uang yang cukup untuk tanda jadi atau DP.

Dalam dua tahun kamu akan memiliki uang sebesar 36 juta rupiah, sementara harga apartemen subsidi atau rusunami baru atau yang dalam tahap proses pengembangan berkisar 150-200 juta rupiah. Uang yang kamu miliki tersebut cukup untuk dijadikan DP sebesar 20 persen dari harga apartemen.

(Baca juga: Ingin Beli Apartemen dalam Waktu 5 Tahun? Ikuti 4 Tips Berikut)

Jangan lupakan cicilan

Walau kamu sudah berhasil memiliki apartemen dengan uang DP yang kamu kumpulkan tersebut, kamu juga harus membayar cicilan KPR yang telah kamu sepakati sebelumnya.

(Baca juga: Strategi Bebas Jeratan Utang Saat Kredit Rumah)

Kamu tetap harus menyisihkan haji bulanan kamu sebesar 30 persen setiap bulan agar kamu bisa membayar cicilan apartemen sampai jangka waktu yang telah kamu tentukan dan sepakati bersama pihak bank. Jangan sampai kamu lupa membayar cicilan, karena akan berisiko terhadap catatan kredit kamu di masa depan nanti.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.