14 Strategi Instagram Marketing untuk Tingkatkan Penjualan Pada Bisnis

Untuk meningkatkan penjualan produk, sepertinya kamu selaku pebisnis perlu mengetahui, dan melakukan beberapa strategi Instagram marketing. Pasalnya, strategi tersebut dinilai sangat ampuh untuk meningkatkan penjualan pada bisnis.

Seperti yang diketahui, sebagian besar orang pasti tertarik dan memutuskan membeli suatu produk, setelah melihatnya di Instagram.

Hal itulah yang akhirnya membuat Instagram, menjadi salah satu media sosial terbaik, untuk melakukan social media marketing, sebagai penunjang bisnis yang kamu miliki.

Namun dalam hal ini, kamu tidak bisa menggunakan Instagram seperti biasanya, yaitu hanya memposting foto atau gambar dan video saja.

Tetapi, kamu juga perlu melakukan beberapa hal lainnya, yang menjadi bagian dari strategi Instagram marketing.

Nah untuk tahu apa saja hal-hal yang masuk ke dalam strategi Instagram marketing, pada kesempatan kali ini CekAja.com akan mengulasnya secara lengkap, khusus untuk kamu. Yuk, simak bersama-sama!

14 Strategi Instagram Marketing

Bagi pebisnis, menerapkan strategi Instagram marketing sangat penting, untuk membantu memasarkan produk bisnis, dan mengembangkan bisnis itu sendiri.

Hal tersebut dikarenakan, sejak kehadirannya pada 2010, Instagram sudah banyak digunakan oleh setiap orang di dunia, untuk membagikan cerita dan kegiatan sehari-hari.

Dan tidak hanya itu saja, beberapa orang pun sudah mulai memanfaatkan Instagram, sebagai media untuk berjualan.

Melihat fenomena tersebut, sepertinya ini merupakan peluang besar untuk kamu para pebisnis, dalam melakukan pemasaran menggunakan strategi Instagram marketing.

Apalagi di era yang serba digital ini, sudah banyak sekali brand yang membuktikan, kalau strategi Instagram marketing sukses meningkatkan penjualan produk bisnisnya.

Oleh karena itu, strategi Instagram marketing tersebut juga sepertinya harus diketahui dan diterapkan oleh kamu, para pebisnis baru maupun pebisnis lama yang belum mengetahui strategi ini.

Daripada berlama-lama, di bawah ini CekAja.com telah merangkum 14 strategi Instagram marketing, yang bisa meningkatkan penjualan produk bisnis, di antaranya yaitu:

1. Membuat dan Menggunakan Akun Instagram Bisnis

Strategi Instagram marketing pertama, yang perlu kamu lakukan adalah membuat dan menggunakan akun Instagram bisnis.

Ini merupakan hal pertama yang wajib dilakukan, untuk memudahkan calon konsumen mengetahui produk, membeli, menghubungi mu untuk bertanya seputar produk, hingga memberikan kesan terhadap produk bisnis mu secara profesional.

Selain itu, Instagram bisnis pun memiliki beberapa fitur khusus, yang dapat digunakan untuk menunjang pemasaran bisnis, di antaranya yaitu Instagram Ads dan fitur Insights.

Untuk fitur Insights sendiri, ia berguna untuk menganalisis dan memberikan data statistik mengenai akun mu.

Sehingga melalui fitur tersebut, kamu bisa mengetahui berapa banyak orang yang melihat Instagram Stories-mu, berkunjung dan melihat profil Instagram, siapa saja yang menyimpan postingan Instagram dan lain sebagainya.

Kemudian, pastikan juga kalau akun Instagram bisnis mu tidak di private, agar semua pengguna bisa berkunjung, mem-follow dan melihat produk-produk bisnis mu yang sudah diposting dengan mudah.

(Baca Juga: Strategi Mengelola Keuangan Bisnis)

2. Optimasi Profil Instagram Bisnis

Setelah berhasil membuat akun Instagram bisnis, kamu bisa mengoptimasi profil dengan melengkapi beberapa hal yang ada di profil tersebut, seperti foto profil, biografi, situs website bisnis, kontak yang bisa dihubungi dan lain sebagainya.

Semua hal itu penting dilakukan, untuk membuat akun Instagram mu terlihat lebih jelas dan profesional.

Sehingga, nantinya ketika calon konsumen berkunjung ke profil Instagram mu, tidak ada lagi hal-hal yang membuat bingung dan memunculkan pertanyaan, serta keraguan konsumen untuk mengikuti akun Instagram mu, karena semuanya sudah tertera dengan jelas.

3. Tingkatkan Followers

Berikutnya apabila profil Instagram bisnis sudah dioptimasi dengan baik, kamu bisa langsung mengikuti (follow) beberapa akun, yang berkaitan dengan produk dan bidang bisnis mu.

Tidak hanya itu, kamu pun harus menambah jumlah pengikut (followers) di Instagram.

Karena jika tidak memiliki banyak followers, kamu harus berjuang keras untuk membuat postingan mu dilihat banyak orang.

Maka dari itu, kamu bisa meminta bantuan keluarga, teman-teman, rekan kerja dan lain sebagainya untuk mengikuti akun Instagram bisnis mu.

Kecuali, kamu sudah memiliki akun Instagram bisnis cukup lama, dan sudah memiliki sejumlah followers, maka kamu bisa langsung mengembangkan basis followers saja.

4. Rutin Posting Konten

Strategi Instagram marketing yang satu ini, masih berkaitan dengan strategi sebelumnya, yaitu meningkatkan followers.

Di mana, untuk bisa meningkatkan jumlah followers dibutuhkan konten-konten yang unik dan menari, agar calon konsumen nantinya tertarik untuk mengikuti akun Instagram bisnismu.

Konten tersebut pun, tidak bisa diposting sembarangan dan semaunya. Untuk mendapatkan followers yang signifikan, kamu perlu posting konten secara teratur, agar akun terlihat aktif dan profesional.

Namun perlu diketahui, kalau teratur bukan berarti terlalu sering. Tetapi kamu perlu membuat jadwal posting konten yang tepat, yang sekiranya sesuai dengan kebutuhan.

Seperti misalnya, kamu menjadwalkan posting konten di feeds Instagram tiga kali seminggu.

Dan sisanya, kamu bisa membuat konten di Instagram Stories, untuk menaikkan kesadaran pengikut terhadap produk bisnis mu.

Waktu untuk posting konten pun tidak bisa sembarangan. Kamu perlu menganalisis, kapan waktu terbaik untuk orang-orang mengakses Instagram.

Misalnya saja waktu terbaik adalah di jam 08.00 – 09.00 pagi, 12.00 -13.00 siang dan 17.00 – 19.00 malam.

Waktu tersebut dinilai merupakan waktu terbaik, karena orang-orang sedang aktif memainkan Instagram, sehingga dapat meningkatkan eksposur untuk Instagram bisnis mu.

5. Konten yang Diposting Tidak Monoton

Berbicara tentang konten Instagram yang akan diposting, sebenarnya agar strategi Instagram marketing sukses, konten yang diposting harus kreatif, menarik dan tidak monoton.

Dengan kata lain, meskipun tujuanmu adalah berjualan dan memasarkan produk bisnis, tetapi konten yang diberikan pun tidak selalu tentang promosi produk.

Sebab jika promosi dilakukan terlalu sering, itu akan mengganggu pengikutmu, yang akhirnya justu akan membuat mereka berhenti mengikutimu.

Oleh karena itu untuk mengatasinya, kamu bisa mencampur konten promosi dengan konten lainnya yang menarik.

Seperti misalnya, informasi seputar produk yang dikemas dengan unik dan lucu, foto-foto team, dan lain sebagainya yang masih berkaitan dengan bisnis, serta tentunya mampu meningkatkan engagement.

6. Manfaatkan Fitur Instagram Live

Di urutan keenam ada memanfaatkan fitur Instagram Live. Strategi Instagram marketing yang satu ini, dipercaya mampu meningkatkan kesadaran pengikutmu, karena kamu melakukan interaksi langsung dengan mereka.

Dalam hal ini, kamu bisa memanfaatkan fitur Instagram Live untuk mempromosikan produk secara langsung. Dengan begitu, pengikutmu pun dapat mengetahui produk lebih jelas, dan bisa berkomentar.

Ketika fitur ini digunakan, pastikan kamu merespon sema komentar tersebut dengan baik. Kamu pun bisa memilih segmen Q&A, maupun bekerja sama dengan orang berpengaruh lainnya dalam fitur ini, untuk semakin memperluas jangkauan pemasaran bisnismu.

7. Manfaat Fitur IGTV

Seperti yang diketahui, fitur Instagram yang bisa dimanfaatkan ada banyak. Selain Instagram Live, kamu juga bisa menggunakan fitur IGTV, sebagai salah satu strategi Instagram marketing yang bisa dilakukan.

Jika dilihat secara sekilas, fitur ini mirip dengan YouTube. Di mana, kamu bisa mengunggah video lebih dari satu menit, yang bisa ditonton oleh para pengikutmu kapan saja.

Untuk konten videonya sendiri, kamu bisa sesuaikan dengan kebutuhan bisnis. Yang pasti, konten tersebut menarik, jelas dan mampu membuat pengikut bertahan menonton hingga habis, bahkan tak sabar untuk menunggu konten-konten mu selanjutnya.

8. Manfaatkan Fitur Instagram Stories

Instagram Stories nyatanya juga menjadi salah satu fitur, yang bisa digunakan sebagai strategi Instagram marketing.

Meskipun hanya bertahan selama 24 jam, namun Instagram Stories mampu meningkatkan kesadaran pengikut akan eksistensi akun mu.

Melalui Instagram Stories, kamu bisa membagikan hal-hal menarik terkait produk bisnis di sana.

Dan tidak hanya itu, kamu juga bisa melakukan promosi secara soft selling, serta berinteraksi melalui game dan konten menarik lainnya dengan para pengikut, untuk meningkatkan engagement.

Di fitur ini juga, tersedia filter maupun sticker yang dapat membuat stories mu menjadi lebih unik dan berwarna.

Apalagi, kamu juga bisa tag akun seseorang yang mungkin berkaitan dengan promosi produk di Instagram Stories, baik itu tag akun brand maupun influencer yang tengah bekerja sama.

Fitur ini sendiri tidak memiliki limit. Dalam arti, kamu bisa membuat stories sebanyak apapun, dan kapanpun itu dibutuhkan.

9. Manfaatkan Fitur Swipe Up

Fitur lain Instagram, yang juga bisa dimanfaatkan untuk strategi Instagram marketing, yaitu Swipe Up.

Siapa di sini yang belum tahu fitur ini? Sepertinya tidak ada, mengingat fitur Swipe Up sudah sangat populer, khususnya dikalangan influencer dan orang berpengaruh lainnya.

Swipe Up sendiri pada dasarnya merupakan gamechanger untuk bisnis, yang dinilai menjadi salah satu strategi Instagram marketing paling efektif.

Bagaimana tidak, pasalnya fitur ini memungkinkan pengguna Instagram, untuk menavigasi ke situs atau web dari tautan tertentu.

Dan ini merupakan cara yang bagus, khususnya untuk kamu para pebisnis dalam mempromosikan produk bisnis, sekaligus mengembangkan situs bisnis agar semakin lebih diketahui banyak orang.

Dengan adanya fitur Swipe Up, nantinya pengguna bisa dapat dengan mudah mengakses sebuah tautan, tanpa perlu berkunjung ke profil akun mu, untuk kemudian mengklik tautan yang tertera di bio.

10. Memakai Fitur Posting di Feeds yang Bisa Dibeli

Memakai fitur posting di feeds yang bisa dibeli, juga menjadi satu strategi Instagram marketing yang bisa dilakukan.

Umumnya, fitur ini digunakan untuk mereka yang sudah menjual produk bisnisnya di ecommerce. Namun, itu bukan berarti kamu tidak bisa menggunakannya.

Untuk kamu yang belum menjual produk di ecommerce, bisa juga menggunakan fitur ini. Bahkan bisa dibilang sangat bagus, karena mampu meningkatkan kemungkinan mendapat pelanggan.

Sebab, pelanggan bisa dengan mudah tahu informasi produk tersebut, buat dari harga, bahan yang digunakan, dan informasi produk lainnya, termasuk membelinya langsung di sana, karena akan terhubung langsung dengan situs penjualan.

11. Melakukan Campaign dan Giveaway

Siapa sangka, kalau ternyata melakukan campaign dan giveaway juga menjadi strategi Instagram marketing yang tidak boleh terlewatkan.

Sebab, ini menjadi cara untuk meningkatkan keterlibatan antara kamu selaku pemilik bisnis, dengan pengikut di media sosial.

Tidak hanya itu, dengan menjalankan giveaway yang menguntungkan, kamu juga dapat meningkatkan kesadaran pengikut, menambah followers, hingga menghasilkan lebih banyak penjualan.

Apabila akun Instagram mu sudah cukup dikenal banyak orang, maka kamu bisa bekerja sama dengan brand lain untuk mensponsori hadiah giveaway.

Namun jika belum, seperti tidak ada salahnya jika kamu menggunakan modal sendiri, untuk melakukan hal ini.

Agar kegiatan campaign dan giveaway berjalan baik, kamu perlu memberikan beberapa persyaratan yang harus dipenuhi pengikut, untuk bisa memenangkan giveaway, seperti misalnya like postingan tersebut, mention lima teman dan lain sebagainya.

12. Menggunakan UGC

Siapa di antara kamu yang pernah mendengar usergenerated content (UGC)? Mungkin terdengar asing, namun ini sejatinya adalah konten yang dibuat pengguna.

Di mana, pengguna atau pengikutmu menggunakan produk mu, lalu di foto atau video, untuk kemudian diunggah di postingan akun Instagram pribadi mereka.

Hal yang dilakukan tersebut, tentunya akan membuat produk mu tersebar lebih luar, khususnya ke semua pengikut yang berteman dengan pengguna tersebut.

Dengan begitu, maka akun Instagram bisnis mu akan semakin banyak dikunjungi, dan kemungkinan besar akan menambah jumlah followers dan angka penjualan.

13. Bekerja sama dengan Influencer

Kamu membutuhkan strategi Instagram marketing yang efisien? Bekerja sama dengan influencer adalah salah satu pilihan yang tepat.

Karena realitasnya, 94 persen pebisnis mengatakan, kalau strategi tersebut sangat efektif dan berpengaruh pada bisnis mereka.

Hal tersebut dikarenakan, para influencer memiliki pengikut setia yang sangat mempercayainya.

Sehingga, jika kamu menggunakan strategi ini, maka dijamin kalau jumlah followers semakin bertambah, begitu pula dengan angka penjualan.

Tetapi ketahui juga, kalau kamu harus mengeluarkan sejumlah uang yang tentunya tidak sedikit, untuk bisa bekerja sama dengan influencer.

14. Gunakan Hashtag di Caption Postingan Instagram

Strategi Instagram marketing yang terakhir, yaitu dengan menggunakan hashtag di caption postingan Instagram.

Meski terkesan ribet, namun ini merupakan cara yang juga perlu dilakukan. Untuk permulaan, kamu bisa menggunakan hashtag yang sudah tersedia.

Tetapi jika ingin yang lebih spesifik dan mengarah pada identitas produk, maka kamu bisa membuatnya sendiri.

Tentunya hashtag yang dibuat tersebut, sebisa mungkin singkat, padat, jelas, unik dan mudah diingat oleh siapapun yang melihatnya.

Kesalahan yang Harus Dihindari dari Strategi Instagram Marketing

Jika di pembahasan sebelumnya kamu sudah mengetahui 14 strategi Instagram marketing, maka kali ini kamu akan mengetahui apa saja kesalahan yang harus dihindari, dalam melakukan strategi tersebut.

Adapun beberapa kesalahan yang harus dihindari, di antaranya yaitu:

  • Membeli followers
  • Gagal memaksimalkan followers yang dimiliki, karena jarang melakukan interaksi
  • Melakukan promosi secara berlebihan, yang dapat menurunkan jumlah followers
  • Kualitas konten yang kurang fokus dan tidak diperhatikan
  • Tidak mengoptimalkan fitur-fitur Instagram yang tersedia, seperti Instagram Stories, IGTV dan lain sebagainya.

(Baca Juga: Cara Pinjaman Dapat Meningkatkan Bisnis)

Itulah 14 strategi Instagram marketing, yang sudah kamu ketahui secara lengkap di pembahasan sebelumnya.

Tidak hanya itu, kamu pun sudah tahu apa saja kesalahan dalam melakukan strategi yang harus dihindari.

Dari semua informasi tersebut, kamu bisa mulai menelaah dan mengaplikasikannya, jika memang hingga saat ini bisnis mu belum menggunakan strategi Instagram marketing.

Namun apabila kamu ternyata baru menyusun sebuah bisnis, dan sedang mencari strategi terbaik untuk mengembangkan bisnis tersebut, maka ini bisa kamu coba aplikasikan.

Tentunya, hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengumpulkan modal, agar bisnis bisa mulai berjalan.

Tetapi apabila saat ini kendalanya terletak di modal, jangan khawatir! Kamu bisa mengajukan pinjaman secara online melalui CekAja.com, untuk memenuhi modal yang dibutuhkan.

Cara yang perlu dilakukan pun sangat mudah. Terlebih prosesnya pun cepat dan aman, karena CekAja.com sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jadi, kalau begitu tunggu apalagi? Yuk, ajukan sekarang juga!